Selasa, Oktober 14, 2014

Wisata Pulau Harapan

Pulau Harapan merupakan salah satu gugusan pulau diantara ratusan pulau-pulau di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Pulau Harapan memiliki pesona pemandangan bawah laut begitu mengagumkan, dengan ekosistem terumbu karang yang masih sehat. Pulai ini berada tidak jauh dari Pulau Kelapa, dari Jakarta hanya berjarak sekitar 72 mil, sehingga menjadi destinasi wisata yang cukup ideal bagi warga Ibukota. Secara administratif, Pulau Harapan merupakan satu kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Perjalanan penyeberangan dari Jakarta dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam.

Potensi Wisata Di Pulau Harapan

Seperti halnya pulau-pulau lain di gugusan Kepualaun Seribu, yang cukup populer sebagai destinasi wisata bahari, seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Pramuka, Pulau Harapan juga menyimpan sejuta potensi wisata yang sangat memikat. Hampir setiap akhir pekan dan hari libur, pulau wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Begitu tiba di dermaga, wisatawan akan disambut dengan area bermain bernama Taman Terpadu. Berada sekitar 40 meter dari dermaga. Tempat ini merupakan area pertunjukan berbagai atraksi menarik untuk menghibur pengunjung.

Puas menghabiskan waktu di Taman Terpadu, kini saatnya menikmati keindahan laut di sekitar pulau. Salah satu daya tarik bagi wisatawan adalah keindahan ekosistem terumbu karangnya. Pengunjung dapat menikmati pesona bawah lautnya, perairan yang begitu jernih menyuguhkan sebuah pemandangan eksotis, seakan sedang menikmati akuarium raksasa yang begitu besar. Tampak gugusan terumbu karang di dasar perairan dangkal, dihiasi ribuan ikan laut yang berwarna-warni, seakan menari disela-sela terumbu karang, sungguh menyajikan sebuah pesona nan elok. Tak puas menikmati dari atas perairan, wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati pesona bawah laut dengan berenang di permukaan. Tak hanya itu, tersedia juga paket-paket wisata yang menawarkan scuba diving untuk menikmati lebih dalam keindahan bawah laut di Pulau Harapan.

Terumbu Karang Di Pulau Harapan

Keberadaan terumbu karang sangat penting bagi kehidupan manusia. Terumbu karang menjadi tempat pemijahan dan persembunyian ikan-ikan dari predator. Kerusakan terumbu karang akan mengakibatkan berkurangnya populasi ikan laut, sehingga ekosistem laut menjadi tidak seimbang. Selain itu, terumbu karang juga berperan dalam melindungi pulau-pulau kecil dari gerusan ombak yang dapat mengakibatkan abrasi, atau pengikisan. Berkurangnya populasi terumbu karang tentu akan memberikan dampak bagi kehidupan manusia, terutama pasokan ikan sebagai sumber protein yang semakin menurun dan pengikisan pantai semakin tidak terkendali, sehingga menyebabkan berkurangnya wilayah daratan.

Wisata Pulau Harapan

Pesona Bawah Laut Pulau Harapan


Terumbu karang juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang luar biasa, sehingga bisa menjadi tempat rekreasi yang baik, untuk mengurangi tingkat stress masyarakat. Sebagai bagian dari gugusan pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu, keberadaan terumbu karang di Pulau Harapan yang sangat indah, terus mengalami ancaman kerusakan, terutama akibat eksploitasi penangkapan ikan dengan menggunakan bom dan sianida. Selain itu, pasokan sampah yang tak terkendali, terutama dari Jakarta dan Bantu juga menjadi ancaman serius bagi ekosistem terumbu karang. Untuk itu, diperlukan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian ekosistem laut ini.




Seperti halnya pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, terumbu karang di Pulau Harapan juga sedang dalam proses pemulihan dan penumbuhan kembali. Peran serta dan kesadaran masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga kelestarian terumbu karang. Bisa dibayangkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan ekosistem terumbu karang yang rusak, jika setiap 1 cm terumbu karang dibutuhkan waktu satu tahun untuk menumbuhkannya. Jika kerusakan mencapai 5 meter, maka dibutuhkan waktu selama 500 tahun. Itulah pentingnya kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga terumbu karang. Tak mengherankan, jika di Pulau Harapan wisatawan dilarang membuang sampah sembarangan, apalagi di laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.