Sabtu, Oktober 25, 2014

Wisata Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau yang berada di Kawasan Kepulauan Nusa Tenggara, secra administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provini Nusa Tenggara Timur. Pulau ini masuk dalam Taman Nasional Komodo bersama dengan beberapa pulau lain di wilayah Nusa Tenggara Barat. Memang, letak Pulau Komodo berada di ujung barat Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat, di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Nama Pulau Komodo diberikan lantaran di kawasan ini berkembang satwa langka, Komodo, dimana pada tahun 2009, dipulau ini terdapat kurang lebih 1.300 ekor komodo. Jumlah tersebut belum termasuk populasi komodo di pulau-pulau lain yang termasuk dalam kawasan Taman Nasiona Komodo, yakni Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Gili Motang. Pada tahun 1910 seorang militer Belanda, Letnan Steyn van Hens Broek, mencoba untuk membuktikan laporan pasukan Belanda mengenai keberadaan Komodo di pulau tersebut. Ia membunuh seekor komodo untuk dokumentasi, dan membawanya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti. Dan semenjak itulah pulau tersebut dikenal sebagai Pulau Komodo.

Potensi Wisata Pulau Komodo

Selain keberadaan satwa langka, dipulau ini juga terdapat beberapa spesies satwa lain yang dilindungi. Sebagai bagian dari kawasan Taman Nasional Komodo, terdapat beberapa jenis flora yang cukup unik dan eksotis, salah satunya dalah kayu sepang, oleh warga setempat sering digunakan sebagai bahan obat-obatan dan pewarna pakaian.

Disamping keberadaan satwa-satwa langka dan sejumlah flora unik, Pulau Komodo juga memiliki beraneka macam spesies terumbu karang. Apalagi dengan perariran laut yang sangat jernih dan ikan-ikan laut di habitat terumbu karang tersebut, sungguh merupakan pesona pemandangan bawah laut yang luar biasa. Bagaikan menikmati sajian akuarium alam berukuran sangat besar, tentu memberikan pesona keindahan begitu mengagumkan. Tak mengherankan jika kawasan perairan di pulau ini kerap menjadi incara wisatawan penggemar kegiatan scuba diving dan snorkeling.

Wisata Pulau Komodo

Pesona Pemandangan Pulau Komodo


Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo menyimpan berjuta potensi wisata alam, terdiri atas tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan beberapa pulau kecil yang oleh masyarakat setempat disebut gili. Taman Nasional Komodo berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, dengan luas keseluruhan mencapai 173.300 hektare, baik daratan maupun perairan. Didirikan pada tahun 1980, yang bertujuan untuk melindungi satwa langka Komodo dan seluruh habitatnya. Di kawasan ini setidaknya terdapat 25 spesies hewan daran dan burung yang dilindungi. Sebelum ditetapkan sebagai Taman Nasional, kawasan tersebut telah ditetapkan sebagai Cagar Manusia dan Biosfer pada tahun 1977.




Pada tahun 1991, Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dan pada tahun 2009 dinobatkan sebagai menjadi finalis New Seven Wonders of Nature. Pada tanggal 11 November 2011, New 7 Wonders, mengumumkan daftar pemenang sementara finalis tersebut, dan salah satu yang masuk dalam daftar tersebut adalah Taman Nasional Komodo.

Banyak potensi wisata alam yang bisa dikunjungi di kawasan taman nasional ini. Baik keunikan satwa, flora, hingga pemandangan bawah laut yang begitu memukau. Taman laut di kawasan Taman Nasional Komodo memiliki biota sangat beragam, dan diperkirakan memiliki keragaman biota terkaya di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.