Jumat, Oktober 31, 2014

Wisata Pulau Natuna

Pulau Natuna merupakan sebuah pulau wisata yang berada paling utara diantara pulau-pulau di selat Karimata. Secara administratif pulau ini merupakan sebuah kabupaten, yaitu Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Berbatasan dengan wilayah perairan Vietnam dan Kamboja di bagian utara, perairan Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi di bagian Selatan, serta perairan Singapura dan Malaysia di bagian barat. Sedangkan bagian timur pulau ini berbatasan dengan perairan Malaysia Timur dan Provinsi Kalimantan Barat. Selain sebagai daerah wisata, Pulau Natuna juga dikenal sebagai penghasi minyak dan gas bumi. Memiliki posisi geografis sangat strategis, berada di jalur pelayaran Internasional, Hongkong, Jepang, Korea dan Taiwan. Pulau natuna juga memiliki satwa khas yang cukup langka, masyarakat setempat menyebut hewan tersebut dengan nama Kekah.

Kabupaten Natuna merupakan pemekaran dari Kabupaten Kepulauan Riau, yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 53 Tahun 1999, dengan bupati pertama adalah Drs. H. Andi Rivai Siregar yang dilantik oleh Menteri Dalam Negeri ad interm Jenderal TNI Faisal Tanjung di Jakarta. Pada waktu itu Kabupaten Natuna memiliki 6 Kecamatan, yaitu Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Barat, Jemaja, Siantan, Midai dan Serasan dan satu Kecamatan Pembantu Tebang Ladan. Seiring dengan perkembangan wilayah, pada tahun 2004 dilakukan pemekaran wilayah, sehingga Kabupaten Natuna memiliki 10 kecamatan, dan pada tahun 2007 kembali dilakukan pemekaran wilayah menjadi 16 Kecamatan.

Potensi Pariwisata Di Pulau Natuna

Pulau Natuna memiliki topografi kawasan yang berpotensi dikembangkan sebagai sumber daya pariwisata. Terdiri dari perbukitan, bergunung batu, serta daerah landai dan dataran rendah terutama dipinggir pantai, menjadikan panorama alam sangat menarik untuk dinikmati. Apalagi pulau ini memiliki potensi sumber daya alam yang sangat lengkap, baik di kawasan perairan maupun daratan, seperti perikanan laut, pertanian, pertambangan, dan pariwisata.

Khusus untuk sektor pariwisata, Pulau Natuna memiliki berbagai macam sumber daya yang sangat potensial, baik berbasis wisata bahari, gunung, air terjun, gua, dan budaya. Keindahannya tidak diragukan lagi, sangat elok dan begitu memikat. Terdapat sejumlah pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan, antara lain Pantai Tanjung, Pantai Sebagul, Pantai Teluk Selahang, Pantai Setengar, dan sebagainya. Di sejumlah tempat juga memiliki pemandangan bawah laut begitu mempesona, sehingga menjadi spot menarik untuk wisatawan yang hobi snorkeling dan scuba diving. Bahkan para pengamat penyu juga sering melakukan penelitian di perairan Pulau Natuna, karena memang terdapat sejumlah tempat yang menjadi habitat penyu.




Perairan lautnya memang memiliki kekayaan alam luar biasa, baik ikan-ikan konsumsi maupun ikan hias laut, ekosistem terumbu karang, dan biota laut lainnya. Apalagi didukung dengan keelokan pantai yang sangat menawan, sehingga benar-benar menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Tak mengherankan jika industri pariwisata di kawasan Pulau Natuna berkembang cukup pesat.

1 komentar:

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.