Sabtu, Oktober 25, 2014

Wisata Pulau Onrust

Pulau Onrust berada di wilayah administrasi Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Letak pulau ini berdekatan dengan gugusan pulau-pulau kecil lain di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Bidadari, Pulau Cipir, dan Pulau Kelor.

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Pulau Onrust dikenal dengan nama Pulau Kapal, karena memang pulau ini sering dijadikan sebagai tempat berlabuh kapal-kapal Belanda sebelum memasuki wilayah pelabuhan Batavia. Di pulau ini banyak terdapat peninggalan sejarah pada masa-masa kolonial Belanda, termasuk salah satu bangunan rumah yang masih utuh. Rumah tersebut saat ini dijadikan sebagai Museum Pulau Onrust, dan menjad salah satu objek wisata yang sering dikunjungi.

Sejarah Pulau Onrust

Bangunan dan fasilitas di pulau ini pernah hancur takala armada Britania Raya menyerang pulau tersebut pada tahun 1800-an. Namun, pemerintah Hindia Belanda kemudian membangun kembali pulau ini, termasuk pembangunan Asrama Haji sebagai tempat menampung calon jemaah haji sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.

Nama Onrust diambil dari bahasa Belanda, yang berarti tidak pernah istirahat. Memang sebelum VOC membangun pelabuhan di Tanjung Priok, Jakarta Utara, tempat ini merupakan pelabuhan perang sekaligus markas tentara VOC. Karena berfungsi sebagai pelabuhan, praktis aktivitas di pulau tersebut tidak pernah berhenti, sehingga Belanda menyebutnya Onrust. Belanda juga membangun benteng pertahanan untuk mengantisipasi serangan musuh yang bermaksud menyerang Batavia. Pelabuhan Pulau Onrust Waktu itu juga berfungsi sebagai tempat bongkar muat logistik perang oleh tentara Belanda.

Potensi Wisata Pulau Onrust

Pulau Onrust memiliki beragam potensi wisata, baik wisata alam maupun sejarah. Selain keindahan pantainya, dengan perairan yang jernih dan pasir putih di sepanjang bibir pantai, juga tampak puing-puing bangunan peninggalan kolonial Belanda yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat berimajinasi jauh ke masa lampau dengan melihat puing-puing kuno tersebut, termasuk bangungan benteng yang sudah hancur. Bekas pelabuhan kuno juga masih dapat dilihat, dan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik.

Wisata Pulau Onrust

Benteng Peninggalan Belanda Di Pulau Onrust


Salah satu destinasi popular di pulau ini adalah Museum Pulau Onrust, yaitu sebuah bangunan rumah peninggalan Belanda yang masih utuh. Di museum tersebut, pengunjung dapat melihat berbagai macam peninggalan jaman kolonial. Terdapat pula makam Kartosoewirjo, seorang pimpinan pemberontak DI/TII.




Transportasi Menuju Pulau Onrust

Untuk menuju tempat wisata ini wisatawan biasanya melalui Pulau Bidadari, pulau yang dulu dikenal dengan nama Pulau Sakit, karena memang belum ada penyeberangan dari dermaga Marina ke Pulau Onrust. Pulau Bidadari memang telah dikelola sebagai resort, yang dapat dicapai melalui dermaga Marina Ancol menggunakan speedboat, maupun Pelabuhan Muara Kamal menggunakan perahu motor yang disewakan oleh nelayan.Alternatif lain untuk mengunjungi pulau ini adalah dengan bergabung dalam paket wisata. Banyak biro perjalanan yang menawarkan paket wisata ke tiga pulau di Kepulauan Seribu, yakni Paket One Day Trip Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.