Senin, Oktober 13, 2014

Wisata Pulau Pari

Pulau Pari merupakan salah satu pulau di gugusan pulau-pulau kecil kawasan Kepulauan Seribu. Dewasa ini, Pulau Pari menjadi destinasi wisata yang cukup popular di kalangan wisatawan, terutama dari DKI Jakarta dan sekitarnya. Setiap akhir pekan atau pada hari-hari libur, pulau ini ramai dikunjungi wisatawan, dan setiap bulannya mencapai ribuan wisatawan yang berkunjung. Kebetulan lokasi Pulau Pari terletak tidak jauh dari Pulau Tidung, salah satu pulau yang juga cukup popular sebagai objek wisata. Secara administratif, kawasan wisata ini termasuk dalam wilayah Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Termasuk salah satu pulau yang masih perawan, dengan kebersihan cukup terawat dan keindahan pantai yang masih alami.

Letak Geografis

Pulau Pari merupakan pulau sangat kecil yang berada di Laut Jawa, sebelah utara Provinsi DKI Jakarta. Berada di kawasan Kepulauan Seribut, dengan ratusan pulau-pulau kecil di dekatnya, seperti Pulau Pulau Tidung, Rambut, Pulau Pramuka, dan PulaLancang. Pulau ini menjadi titik singgah beberapa kapal cepat angkutan umum dari Jakarta ke Kepulauan Seribu.

Kawasan ini dapat dijangkau dari Dermaga Marina, Ancol, Jakarta Utara atau Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara. Transportasi ke pulau tersebut dapat menggunakan kapal cepat dengan waktu perjalanan sekitar 1-1,5 jam. Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang melayani rute penyebrangan dari Muara Angke ke Kepulauan Seribu, dengan frekuensi penyebrangan sebanyak dua kali sehari.

Potensi Wisata Pulau Pari

Berada di perairan Laut Jawa, membuat pantai-pantai di Pulau Pari memiliki gelombang ombak cukup tenang, tidak seperti pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang biasanya memiliki gelombang ombak sangat besar dan berbahaya. Hamparan pasir putih bersih di sepanjang bibir pantai kepulauan ini menyuguhkan pemandangan begitu mempesona, apalagi berpadu dengan hamparan air laut sangat jernih berwarna hijau kebiruan, tentu menyuguhkan panorama alam yang benar-benar memanjakan mata dan membuat takjub setiap orang yang melihatnya.

Wisata Pulau Pari

Pesona Pantai Perawan Pulau Pari


Setelah puas dengan pemandangan pantai berpasir putih dan berairan jernihnya, wisatawan dapat menikmati suguhan pemandangan bawah laut yang begitu eksotis. Pengunjung dapat melakukan kegiatan wisata bahari, seperti snorkeling dan scuba diving. Peralatan untuk kegiatan tersebut bisa diperoleh dengan sewa dari penduduk setempat. Selain itu, juga tersedia jasa penyewaan sepeda untuk berkeliling di area pulau. Jika masih ingin menikmati pemandangan lain, pengunjung dapat menyewa kapal cepat atau sampat dari masyarakat setempat untuk berkeliling menjelajah perairan tepi pantai.




Kegiatan wisata di Pulau Pari hingga saat ini masih dikelola oleh penduduk setempat, mulai dari pemandu wisata, penyewaan peralatan snorkeling dan scuba diving, penyediaan tempat penginapan, penyewaan perahu, hingga pemesanan tiket penyeberangan. Tiga objek wisata di Pulau Pari yang cukup populer dikunjungi wisatawan adalah Perawan, Dermaga Bukit Matahari, dan Pantai Pasir Kresek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.