Minggu, Oktober 26, 2014

Wisata Pulau Peucang Ujung Kulon

Pulau Peucang berada di sebelah timur kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandegelang, Provinsi Banten. Karena masuk dalam kawasan Taman Nasional, pulau ini kerap menjadi salah satu destinasi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon. Salah satu daya tarik Pulau Peucang adalah pantai berpasir putih yang memiliki pemandangan cukup mengagumkan. Pulau ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UESCO, bersama dengan dua pulau lain di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, yaitu Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum.

Untuk menuju ke pulau ini dapat ditempuh dengan perjalanan penyeberangan melalui Desa Sumberjaya, yang berjarak kurang lebih 200 kilometer dari Jakarta, dapat ditempuh menggunakan mobil dalam waktu sekitar 6 jam dengan arus lalu-lintas normal. Dari Serang, Ibukota Provinsi Banten, hanya berjarak sekitar 100 kilometer, dan dapat ditempuh dalam waktu empat jam.

Perjalanan penyeberangan dari Desa Sumberjaya ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam menggunakan kapal motor. Untuk berwisata ke kawasan ini, sebaiknya dilakukan secara beramai-ramai atau rombongan, pasalnya tarif sewa kapal dengan daya angkut sekitar 30 orang ini cukup mahal, kira-kira Rp 3,5 juta selama dua hari. Memang, wisatawan harus menyewa kapal sendiri jika ingin berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon.

Potensi Wisata Pulau Peucang

Pulau seluas 500 hektar ini memiliki potensi wisata luar biasa, dan memang dikembangkan sebagai destinasi wisata alam. Sebagai bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, di pulau ini dapat dijumpai berbagai satwa langka, seperti Rusa (Cervus timorensis), Banteng Jawa (Bos sundaicus), Merak Hijau (Pavo muticus), Lutung (Trachypithecus auratus auratus), Kijang, Babi Hutan (Sus verrucosus) dan Biawak.

Hutan Pulau Peucang merupakan salah satu ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Flora di kawasan ini antara lain merbau (Intsia bijuga), palahlar (Dipterocarpus haseltii), bungur (Lagerstroemia speciosa), cerlang (Pterospermum diversifolium), dan ki hujan (Engelhardia serrata). Selain itu juga ada pohon Ficus atau ara pencekik, tumbuhan parasit yang melilit pohon lain untuk hidup. Biasanya pohon inangnya akan mati jika pohon ara pencekik ini menjadi dewasa.

Pesona pemandangan alam Pulau Peucang memang begitu memukau, didukung dengan keanekaragaman hayati, baik flora, fauna, maupun wilayah pantainya dengan hamparan pasir putih bersih di sepanjang bibir pantai dan perairan laut sebening kaca, sehingga tampak ikan-ikan hias laut berenang dan berkejaran satu sama lain. Tentu saja merupakan perpaduan panorama yang begitu elok, serta benar-benar mampu memberikan kesegaran dalam perjalanan liburan Anda. Jernihnya air laut berwarna biru kehijauan ini mulai dapat dinikmati begitu wisatawan melakukan penyeberangan dari Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandegelang.

Wisata Pulau Peucang Ujung Kulon

Pesona Alam Pulau Peucang


Berenang di air laut yang sangat jernih dengan ombak begitu tenang, merupakan kegiatan yang banyak dilakukan wisatawan. Ya, Anda bisa berenang sepuasnya di sepanjan pantai pulau Peucang. Jika ingin menikmati pesona surga laut, Anda bisa menyeberang ke Cihandarusa untuk melihat gugusan terumbu karang yang begitu indah indah. Penyeberangan sejauh 2 kilometer dari Pulau Peucang ini memakan waktu kurang lebih selama 20 menit menggunakan kapal motor.




Tempat wisata menarik lain di sekitar Pulau Peucang adalah padang rumput Cidaon. Untuk mencapai area padang rumput tersebut, wisatawan harus menyeberang sejauh kurang lebih 2 kilometer dari Pulau Peucang dengan waktu perjalanan sekitar 20 menit. Hamparan padang rumput ini memang sangat memukau, dan merupakan memandangan yang tidak mudah dijumpai di daerah tropis, seperti Indonesia. Di padang rumput ini, wisatawan dapat memikmati pemandangan sekawanan banteng di tengah-tengah padang rumput. Ya, sebuah sajian yang benar-benar unik. Sesekali burung merak akan muncul untuk meramaikan suasana padang rumput.

Objek wisata lain yang juga cukup populer di kawasan Peucang adalah air terjun Citerjun. Sebuah pemandangan air terjun sangat elok dan mempesona, di atas bebatuan yang seolah tersusun seperti teras. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, dapat wisatawan juga harus menyeberangi pulau sejauh 1 kilometer. Perjalan menggunakan perahu motor dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

Satu lagi objek wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Peucang, yaitu Karangcopong, atau batu karang yang ditengah-tengahnya copong/berlubang. Dari Karangcopong ini, wisatawan dapat menikmati pesona matahari tenggelam yang luar biasa. Lokasi ini berada di sebelah utara pulau, dan harus ditempuh dengan perjalanan menjelajahi hutan sejauh kurang lebih 3 kilometer, dengan berjalan kaki dapat ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.