Kamis, Oktober 16, 2014

Wisata Pulau Pramuka

Pulau Pramuka, merupakan sebuah nama yang cukup populer di dunia pariwisata Indonesia, bahkan mungkin popularitas pulau ini sudah menjangkau di beberapa belahan dunia. Pulau Pramuka adalah sebuah pulau kecil yang berada di gugusan pulau-pulau di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka berperan sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu, sehingga pembangunan sarana dan fasilitas publik bisa dikatakan cukup memadai. Dilihat dari segi demografi, masyarakat yang mendiami wilayah ini sebagian besar adalah etnis Betawi, Bugis, Banten, dan Madura. Selain berperan sebagai pusat pemerintahan, Pulau Pramuka juga menyimpan sumber daya pariwisata yang sangat potensial, terutama dengan keindahan alamnya yang dikenal sangat memukau.






Memang, beberapa tahun yang lalu Pulau Pramuka tidak begitu terkenal di kalangan wisatawan, dan terkesan sebagai daerah pedalaman yang minim berbagai fasilitas. Namun, semenjak pemerintah setempat berupaya memperbaiki dan mengembangkan sejumlah fasilitas umum, tempat ini mulai dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup menarik. Banyak warga DKI Jakarta yang berkunjung untuk sekedar melepas lelah di akhir pekan.

Beberapa sarana dan prasarana publik di Pulau Pramuka antara lain sekolah dari SD hingga SMA, masjid, rumah sakit, dermaga, TPI, fasilitas telekomunikasi, hingga penginapan untuk wisatawan. Sejumlah fasilitas transportasi air juga tersedia dengan sistem sewa atau ojek perahu, sehingga wisatawan yang ingin mengunjungi pulau-pulau lain di kawasan Kepulauan Seribu tidak mengalami kesulitan.






Untuk mengunjungi Pulau Pramuka, dapat ditempuh dengan perjalanan penyeberangan melalui pelabuhan Muara Angke maupun Marina Ancol, Jakarta Utara. Dari Muara Angke tersedia fasilitas transportasi umum ke Kepulauan Seribu menggunakan perahu motor tradisional, sedangkan dari Pelabuhan Marina, Ancol, dapat menggunakan perahu motor cepat atau speedboat, tentu saja dengan tarif lebih mahal.

Potensi Wisata Di Pulau Pramuka

Bukan tanpa alasan Pulau Pramuka berkembang menjadi sebuah darah pariwisata favorit bagi kebanyakan warga DKI Jakarta. Beragam sumber daya pariwisata dapat dijumpai di daerah ini, meskipun baru saja dikenal oleh para wisatawan. Pemerintah bersama-sama dengan warga setempat dan didukung oleh kalangan swasta, telah memoles Pulau Pramuka menjadi destinasi wisata yang layak diperhitungkan.

Wisata Pulau Pramuka

Keindahan Pulau Pramuka


Salah satu destinasi yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan adalah pesona pemandangan pantai dengan pasir putihnya dan keelokan pemandangan sunset maupun sunrise dari bibir pantai. Karena letak dan posisinya cukup strategis, wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis matahari terbit dan tenggelam hanya dari satu tempat. Fenomena ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Ada beberapa pantai yang menyuguhkan pemandangan menarik ini, Anda bisa secara bergantian mengunjungi pantai-pantai tersebut sembari menjelajahi Pulau Pramuka.






Salah satu pantai yang cukup menarik dan memiliki pemandangan sedikit unik dibanding pantai-pantai lain di Pulau Pramuka adalah pantai yang terletak di sebelah timur. Di pantai ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan bakau di tengah laut yang menjadi ekosistem berbagai ikan-ikan laut dan beberapa spesies burung. Tentu menyuguhkan sebuah pemandangan indah dan cukup unik. Hutan bakau ini juga berperan sebagai area pertahanan pantai.

Tempat menarik lain di Pulau Pramuka adalah lokasi penangkaran satwa-satwa laut langka, seperti hiu dan penyu sisik ( Eretmochelys imbricata), dimana populasi hewan-hewan laut ini sudah mulai berkurang. Anda bisa belajar bagaimana penangkaran penyu laut sisik, mulai dari penetasan hingga perawatan sampai dengan umur tertentu, sebelum akhirnya dilepas kembali ke habitat aslinya. Demikian juga dengan penangkaran ikan hiu yang populasinya sudah jauh berkurang, karena para nelayan memang memburu binatang ini untuk diambil siripnya. Memang, sirip ikan hiu cukup terkenal dijadikan sebagai menu makanan, sup sirip ikan hiu. Di penangkaran hiu ini, pengunjung dapat melihat dari dekat bahkan menyentuh ikan-ikan hiu kecil ini. Tentu saja merupakan perjalanan wisata yang sangat menarik. Selain berlibur, sekaligus belajar untuk sedikit mengenal satwa laut langka ini.

Setelah lelah menjelajahi seluruh pulau kini saatnya wisatawan melihat pesona pemandangan di Taman Nasional Bawah Laut. Wisatawan dapat melakukan aktivitas baik diving maupun snorkeling untuk menikmati ekosistem terumbu karang yang masih sangat sehat, belum banyak mengalami campur tangan manusia, sehingga benar-benar menyuguhkan pesona cukup memukau. Peralatan diving dan snorkeling dapat disewa dari warga setempat, dan biasanya sudah termasuk dalam paket wisata ke Pulau Pramuka yang diselenggarakan oleh biro-biro perjalanan. Menyempatkan waktu antara dua hingga tiga hari untuk berlibur ke pulau ini tentu akan memberikan sebuah kepuasan tiada tara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.