Selasa, Oktober 14, 2014

Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu, Malang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di selatan Pulau Jawa. Secara administratif pulau tersebut masuk dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sejak tahun 1928, Pulau Sempu telah tetapkan sebagai kawasan cagar alam oleh pemerintah Hindia Belanda. Saat ini, Pulau Sempu berada dibawah pengelolaan bersama antara Departeman Kehutanan Indonesia dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA).

Letak Pulau Sempu

Secara geografis, berada di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur serta berbatasan langsung dengan Pantai Sendang Biru, Malang di sisi utara dan dikelilingi Samudera Hindia di sisi barat, timur, dan selatan, dengan luas daratan mencapai 877 hektare. Dari Kota Malang, hanya berjarak sekitar 80 kilometer. Secara astronomis pulau cagar alam ini terletak di antara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan.

Potensi Wisata Pulau Sempu

Sebagai kawasan konservasi, Pulau Sempu memiliki pemandangan begitu alami, sangat memukau dan memanjakan mata, terutama keberadaan pohon-pohon tropis yang tampak menghijau. Sungguh menyuguhkan pesona alam sangat memukau. Terlebih lagi pulau ini menyembunyikan sebuah laguna seluas 4 hektare yang sangat menawan. Dengai air tenang, jernih dan berwarna kebiruan, serta dihiasi hamparan pasir putih dibagian tepinya, membuat laguna di Pulau Sempu menjadi destinasi wisata yang sangat memukau, jauh dari kebisingan, nyaman, dan memberikan suasana lebih privat. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Laguna Segara Anakan.

Kendati demikian, perjalanan ke Laguna Segara Anakan tidaklah mudah, namun tetap menjadi petualangan menarik bagi pecinta keindahan alam. Terlebih dahulu pengunjung harus menyeberang dari Pantai Sendang Biru, Malang menuju ke Teluk Semut di Pulau Sempu. Wisatawan dapat mencari pemandu di sekitar Pantai Sendang Biru.

Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu Tampak Mempesona


Perjalanan dilanjutkan melalui hutan lebat, serta harus menyusuri jalan cukup curam, terjal, dan terkadang licin. Sebuah perjalanan trekking cukup menantang, namun benar-benar memberikan sebuah sensasi kepuasan tiada tara begitu wisatawan tiba di lokasi. Perjalanan yang sangat melelahkan tentu akan terbayar dengan suguhan panorama Laguna Segara Anakan yang benar-benar akan membuat setiap orang takjub.




Cagar Alam Pulau Sempu

Memiliki berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah, membuat Pulau Sempu ditetapkan sebagai kawasan cagar alam. Wisatawan dapat menemukan berbagai jenis tumbuhan dan satwa-satwa liar yang menghuni ekosistem tersebut.

Tumbuhan yang ditemukan di Pulau Sempu diantaranya adalah bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), pandan (Pandanus tectorius), Mangrove (Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata), dan banyak lagi. Menariknya, nama Sempu dikatakan diambil dari nama salah satu jenis pohon yang ditemukan di pulau itu, namun pohon tersebut hampir sulit ditemukan saat ini.

Sedangkan beberapa jenis satwa antara lain monyet jawa (Tracypithecus auratus), monyet hitam (Presbitis cristata Pyrrha), Kera abu-abu (Macaca fascicularis), babi hutan (Sus sp), kijang (Muntiacus muntjak), kancil (Tragulus javanicus), udang (Alcedo Athis), ikan belodok (Periopthalmus sp), kepiting (Ocypoda stimsoni), dan masih banyak lagi. Selain itu, juga terdapat beberapa jenis burung dan reptil, termasuk kadal raksasa.

Baca artikel lain tentang Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.