Jumat, Oktober 17, 2014

Wisata Pulau Weh (Pulau We), Sabang

Pulau Weh atau We adalah sebuah pulau vulkanik berukuran kecil, berada di barat laut Pulau Sumatera, tepatnya di Laut Andaman. Kota terbesar pulau ini adalah Kota Sabang, yang berada di ujung barat Negara Kesatuan Indonesia. Konon, Pulau Weh pernah menyatu dengan Pulau Sumatera, namun karena letusan gunung berapi pada zaman Pleistosen, pulau ini kemudian terpisah oleh laut. Pulau ini ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai cagar alam. Terumbu karang di sekitar pulau termasuk dalam kategori sehat, dan menjadi habitat beberapa spesies ikan. Bahkan ikan hiu bermulut besar juga dapat ditemukan di sekitar pantai.

Potensi Wisata Pulau Weh

Pulau Weh merupakan pintu masuk Selat Malaka, dan kawasan ini ditetapkan sebagai jalur perdagangan bebas oleh Pemerintah Indonesia, sehingga aktivitas perekonomian di wilayah ini bisa dikatakan cukup baik. Selain perdagangan dan pertanian, salah satu pendorong perkembangan ekonomi masyarakat setempat adalah sektor pariwisata. Ya, Pulau Weh dikenal sebagai ekotourisme, terutama dengan keanekaragaman ekosistem dan ditetapkannya kawasan ini sebagai suaka alam.

Terumbu karang di sekitar pantai merupakan daya tarik potensial bagi wisatawan. Meskipun keanekaragaman terumbu karang di sekitar pantai relatif sedikit (tidak begitu beranekaragam) tetapi keanekaragaman spesies ikan yang menghuni ekosistemnya sangat bervariasi. Hal tersebut sesuai dengan hasil survey yang dilakukan oleh Conservation International pada tahun 1997-1999. Sebuah desa kecil bernama Iboih, merupakan tempat berenang bawah laut untuk menikmati keindahan ekosistem terumbu karangnya. Selain desa Iboih, juga ada sebuah desa lagi yang bernama Rubiah, cukup populer dengan keindahan panorama bawah lautnya yang begitu eksotis.

Salah satu hal yang menarik adalah ditemukannya spesies langka hiu bermulut besar. Spesies ini bisa dikatakan sangat langka, mengingat hingga tahun 2006, hanya ditemukan sebanyak 36 ekor hiu mulut besar di wilayah perairan Samudra Pasifik, Hindia, dan Atlantik.

Pulau Weh merupakan satu-satunya habitat spesies katak yang terancam punah, yaitu Bufo valhallae. Namun, terjadinya insiden penggundulan hutan menjadikan spesies katak ini semakin sulit ditemukan. Sebagai kawasan ekotourisme, Pulau Weh juga menjadi incaran para petualang untuk mendaki gunung berapi. Pendakian memang merupakan salah satu kegiatan wisata yang cukup populer. Selain itu, terdapat beberapa resor pantai yang bisa menjadi pilihan dalam destinasi liburan Anda.




Sayang, ekosistem yang dikenal sebagai daya tarik bagi wisatawan sempat rusak parah pasca gempa dan tsunami pada tahun 2004 lalu yang memporakporandakan Aceh. Salah satu hutan bakau di desa Iboih rusak parah diterpa gelombang dan puing-puing dari daratan. Tak hanya hutan bakau, beberapa terumbu karang juga mengalami kerusakan berat akibat tertumpuk puing-puing tersebut. Setahun kemudian, yaitu pada tahun 2005, pemerintah melakukan penanaman kembali bibit bakau sebanyak 14.400 batang, untuk mengembalikan ekosistem yang sempat rusak di pulau yang terbentang sepanjang 15 kilometer ini.

1 komentar:

  1. mari ke pulau weh sabang pulau diujung barat indonesia
    ke titik NOl Km Indonesia bersama kami
    2D RENTAL MOBIL SABANG MURAH 082164148615
    supir ramah, mobil Inova,Avanza, Odeysse,APV
    Kepuasan dan kenyamanan Anda kebanggaan kami

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.