Sabtu, Oktober 25, 2014

Wisata Kuliner Wonosobo

Wisata Kuliner Wonosobo - Wonosobo merupakan kota kecil yang berada di lerang Gunung Sindoro. Namun siapa sangka kota ini menyembunyikan potensi wisata alam yang luar biasa. Dataran tinggi Dieng atau dikenal juga dengan istilah Dieng Plateau, adalah salah satu objek wisata yang cukup popular di Kabupaten Wonosobo. Dengan segudang keindahan panorama alamnya, daerah berketinggian lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut ini banyak diburu wisatawan dari berbagai penjuru, baik wisatawan domestic maupun mancanegara. Terlepas dari potensi wisata alam di Wonosobo, kota kecil ini juga menawarkan beragam kuliner unik. Banyak masyarakat yang dating dari luar kota sekedar untuk menikmati kuliner khas daerah pegunungan tersebut, yaitu mie ongklok dan tempe kemul.

Ada beberapa tempat yang menjadi pusat kuliner di Wonosobo, terutama pada malam hari, antara lain kompleks pasar (sisi timur pasar wonosobo), sebelah utara rutan Wonosobo, dan Jalan Veteran. Berbagai menu tersedia di area kuliner tersebut, seperti nasi goreng, menu special burung puyuh, seafood, gudeg Jogja, hingga bakso. Khusus untuk Jalan Veteran, saat ini berkembang menjadi kawasan kuliner, yang terdiri dari jajanan, warung tenda, angkringan, hingga warung-warung makan. Saat memasuki kawasan Jalan Veteran ini, dari arah utara, Anda akan menjumpai Martabak New Alaska, Milk Wae dan Angkringan, warung tenda Seafood dan nasi goreng, warung makan Sambel Cozz, yang menjajakan beragam menu pilihan yang menggugah selera, hingga kios bakso Sopo Nyono.

Gubug Glugu Rest Area

Gubug Glugu Rest Area merupakan tempat wisata kuliner yang layak untuk dikunjungi. Dirancang sebagai tempat peristirahatan, sangat cocok bagi wisatawan maupun para pebisnis dari berbagai kota. Berada di Jalan Banyumas Km 7, Selomerto, Wonosobo, sebuah lokasi yang sangat strategis, mudah dijangkau, dan mmenghadirkan suasana nyaman untuk beristirahat Anda. Berbagai hidangan spesial dengan cita rasa yang menggugah selera dijamin akan memanjakan lidah Anda. Salah satu menu paling populer di Gubug Glugu adalah Rica-Rica Bang Ade.

Mie Ongklok Wonosobo

Inilah menu khas kota Wonosobo, yaitu mie yang dimasak dengan cara tertentu, biasanya dihidangkan bersama tempe kemul dan sate daging sapi. Warung-warung penjual mie ongklok dapat ditemukan di sejumlah tempat. Jika Anda sedang dalam perjalanan pulang dari datarang tinggi Dieng, dapat menemukan beberapa kios penjual mie ongklok, seperti:
  • Mie Ongklok Kedai Suka-suka di depan eks kantor PT. Dieng Jaya, Kalianget
  • Kedai Ongklok Longkrang, di Jalan Longkrang
  • Warung Ongklok Tosari, di Jalan Pasar Tosari
  • Warung Mie Ongklok Pak Muhadi, di Jalan Banyumas km 02

Mie Ongklok Kedai Suka-Suka, Kuliner Khas Wonosobo

Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang kesulitan mencari makanan khas Wonosobo ini. Beberapa tempat tersebut mungkin dapat membantu Anda menemukan warung makan yang menjual Mie Ongklok.




Secara pribadi, penulis lebih memilih Kedai Suka-suka, disamping tempatnya bersih, cita rasanya spesial, juga udaranya yang segar karena sudah berada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Sehingga menikmati mie ongklok di Kedai Suka-suka memang memiliki sensasi tersendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.