Selasa, November 04, 2014

Wisata Pulau Tengah, Karimunjawa

Saat berlibur ke Karimunjawa, sangat disayangkan jika Anda tidak mengunjungi Pulau Tengah, salah satu pulau yang memiliki keindahan laut begitu memikat. Pulau seluas kurang lebih empat hektare ini dikelola oleh PT. Raja Besi, sudah terdapat beberapa fasilitas pendukung wisata, seperti dermaga dan cottage. Pantai berpasir putih merupakan salah satu objek wisata yang cukup menarik, dan sudah pasti akan mengundang decak kagum wisatawan. Pulau yang terbentuk dari komposisi pasir, terumbu karang, dan batu karang ini banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa dan cemara laut, sehingga menambah kerindangan di sekitar pantai dan menyuguhkan pesona alam yang sangat indah. Pulau Tengah memiliki suhu tertinggi sekitar 30°C dan terendah sekitar 27°C. Perjalanan dari Pulau Karimunjawa kurang lebih 1,5 jam menggunakan perahu motor.

Potensi Wisata Di Pulau Tengah

Meskipun hanya berukuran seluas 4 hektare saja, namun pulau ini menyimpan potensi keindahan luar biasa. Keindahan pulau tengah sudah mulai tampak dari atas perahu ketika sedang dalam perjalanan menuju pulau. Begitu tiba di pantai, wisatawan akan disambut dengan pemandangan yang begitu memukau. Air laut yang sangat jernih, hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai, serta nyiur pohon-pohon kelapa dan cemara laut, merupakan perpaduan panorama alam yang sangat elok, begitu jelita. Berenang di tepian pantai dan bermain pasir putih, adalah aktivitas yang umum dilakukan oleh wisatawan.

Pulau Tengah juga memiliki keindahan bawah laut begitu mempesona. Bahkan keindahan ekosistem terumbu karangnya membuat pulau-pulau di kawasan Kepulauan Karimunjawa di juluki sebagai Paradise Van Java. Benar sekali, panorama bawah laut dengan terumbu karang, berbagai jenis ikan-ikan laut, dan seluruh biota laut lainnya membuat wisatawan berdecak kagum. Tak mengherankan, jika pulau ini menjadi salah satu spot favorit untuk snorkeling dan diving bagi wisatawan di Karimunjawa.

Keindahan bawah laut di Pulau Tengah memang sudah cukup dikenal oleh para wisatawan, terutama mereka yang pernah berkunjung ke Karimunjawa. Kondisi air lautnya begitu jernih, sehingga memungkinkan wisatawan untuk menikmati keindahan terumbu karang dari atas kapal. Terumbu karang bertipe table coral dan brain coral sangat jelas terlihat diantara kedalaman 3-10 meter. Jika ingin menikmati lebih dekat lagi berbagai biota di bawah laut, wisatawan dapat menyelam hingga kedalaman maksimum 20 meter. Yah, tentu merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

Keindahan Pantai Di Pulau Tengah, Karimunjawa

Keindahan Pantai Di Pulau Tengah, Karimunjawa


Beberapa biota laut yang dapat dilihat saat Anda menyelam antara lain fusilier (Caesionidae), ikan snapper, butterfly, cardinal, angel, grouper, damselfish, anthias, batfish, wrasse, parrot, surgeon, trigger, box, puffer, porcupine, flounder, gobies, moray, flathead, blennies, gurita, udang, kepiting, moluska, ular laut, penyu, pari, hiu dan lumba-lumba.




Selain snorkeling dan menyelam, wisatawan juga dapat memancing di tengah laut dan dapat langsung menikmati hasil tangkapannya ditepian pantai. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat area penangkaran ikan hiu. Tentu saja berlibur ke Pulau Tengah merupakan pengalaman yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.