Senin, November 03, 2014

Wisata Pulau Tunda Banten

Pulau Tunda atau dikenal juga dengan nama Postpone Island adalah sebuah pulau kecil dengan keindahan alam dan lautan begitu memikat, sehingga para pelancong sering menjadikan tempat wisata ini sebagai destinasi liburan mereka. Secara geografis, terletak di Laut Jawa, tepatnya berada di sebelah utara Teluk Banten. Lokasi pulau ini juga berada tidak jauh dengan gugusan pulau-pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta. Perjalanan penyeberangan ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam menggunakan perahu motor. Luas pulau tidak begitu besar, sekitar 300 hektare dengan jumlah penduduk mencapa 3000 jiwa pada tahun 2007.

Secara administratif, termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten, dan hanya terdapat satu desa, yaitu Desa Wargasara, yang memiliki dua dusun, yaitu Kampung Bara dan Kampung Timur. Penduduk di pulau tersebut sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani palawija. Sebagian kecil penduduknya ada yang berprofesi sebagai pedangan perantara atau pengepul, untuk menyalurkan hasil tangkapan nelayan maupun hasil bumi para petani.

Transportasi Ke Pulau Tunda

Untuk menuju Pulau Tunda, wisatawan dapat melakukan penyeberangan laut melaui dermaga kecil di Kabupaten Serang, yaitu dermaga Karang Hantu. Dari dermaga Karang Hantu, wisatawan dapat menyewa perahu nelayan untuk menuju Pulau Tunda. Penyeberangan menggunakan perahu nelayan biasanya ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Selain menyewa perahu nelayan, wisatawan juga dapat menggunakan alat transportasi umum, yaitu Kapal KMP Tunda. Kapal ini memang melayani transportasi masyarakat di Pulau Tunda menuju dermaga Karang Hantu, Serang. Jadwal penyeberangan Kapal KMP Tunda adalah puluk 13.00 dari dermaga Karang Hantu, dan pukul 07.00 dari Pulau Tunda.

Potensi Wisata Pulau Tunda

Nama Pulau Tunda sebenarnya sudah cukup populer di jajaran tempat-tempat wisata di Banten, terutama oleh para backpacker, pecinta snorkeling dan scuba diving. Tak mengherankan jika pulau ini menjadi destinasi wisata favorit di Provinsi Banten. Keindahan pantai dan laut di Pulau Tunda bisa dikatakan masih perawan, belum banyak mengalami campur tangan dan eksporasi oleh manusia.

Keindahan Pulau Tunda

Keindahan Pulau Tunda Banten


Semenjak kapal meninggalkan dermaga Karang Hantu, wisatawan sudah dapat menikmati suasana keindahan lautnya, terutama dengan perairan yang jernih dan berwarna kebiruan. Beberapa aktivitas wisata bahari yang cukup populer di Pulau Tunda adalah snorkeling, diving, menikmati atraksi alami ikan lumba-lumba, memancing, dan menikmati keindahan sunrise maupun sunset.




Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan trecking untuk menjelajahi wilayah pulau yang memiliki pesona pemandangan begitu alami. Ya, perjalanan ke Pulau Tunda sungguh merupakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

1 komentar:

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Explore Indonesia

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.