Sabtu, Februari 28, 2015

Potensi Wisata Taman Nasional Komodo

Potensi Wisata Taman Nasional Komodo memang luar biasa, mengingat Taman Nasional ini memiliki daya tarik wisata alam yang sangat mengagumkan, baik di wilayah daratan maupun perairannya. Daya tarik utama kawasan ini adalah keberadaan binatang reptil raksasa purba yang dikenal dengan nama Varanus komodoensis. Binatang tersebut memang tidak akan pernah dapat ditemukan di muka bumi selain di Taman Nasional Komodo, itupun hanya terdapat di empat pulau, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Montang dan Nusa Kode. Karena itulah Taman Nasional Komodo yang merupakan habitat asli Varanus komodoensis sangat dijaga kelestariannya. Di beberapa zona, bahkan tidak diperbolehkan adanya aktivitas manusia dalam bentuk apapun, kecuali untuk kepentingan penelitian dan ilmu pengetahuan.

Potensi Wisata Taman Nasional Komodo

Selain keberadaan biawak komodo, Taman Nasional ini juga memiliki potensi alam yang luar biasa untuk mendukung kegiatan pariwisata, baik di daratan maupun di wilayah perairan. Lebatnya hutan tropis di perbukitan, atau hutan mangrove di sepanjang daerah basah, tentu merupakan daya tarik tersendiri, terutama bagi wisatawan yang menggemari kegiatan wisata alam. Belum lagi hamparan padang savana yang tampak menghijau, ditumbuhi berbagai jenis rerumputan, dan diselingi pohon lontar yang merupakan tumbuhan khas kawasan tersebut, sungguh merupakan pemandangan yang sangat eksotis. Panorama alam di Taman Nasional Komodo memang benar-benar memanjakan mata memandang. Di sana, wisatawan dapat melakukan berbagai jenis kegiatan, seperti pengamatan satwa, hiking, dan camping

Selain di wilayah daratan, potensi wisata tersebut juga ada di wilayah perairan. Gugusan terumbu karang di perairan Taman Nasional Komodo merupakan surga laut terindah di dunia. Berbagai jenis hewan karang membentuk gugusan terumbu karang dengan bentuk dan warna yang beraneka ragam, sehingga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat eksotis. Belum lagi keberadaan lebih dari 100 jenis ikan laut yang menjadikan terumbu karang sebagai habitatnya, tentu membuat suasana di bawah laut ini semakin memukau. Wisatawan akan menjumpai berbagai jenis biota laut, seperti gorgonians, sea fan, sea pens, anemon, clown fish, Bintang Laut, dan christmas tree worms. Kegiatan wisata bahari yang boleh dilakukan di kawasan wisata Taman Nasional Komodo antara lain memancing, snorkeling, diving, kano, dan bersampan.

Objek Wisata Di Taman Nasional Komodo

Beberapa objek wisata yang menarik di kawasan Taman Nasional Komodo antara lain:

Taman Nasional Komodo

Gambar Komodo di Taman Nasional Komodo


1. Loh Liang di Pulau Komodo
Loh Liang berada di Pulau Komodo, merupakan pintu masuk daerah wisata utama. Kawasan ini menawarkan potensi wisata daratan dan bahari. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan antara lain mendaki Gunung Ara; penjelajahan hutan (Loh Liang-Loh Sabita); pengamatan satwa, seperti komodo, rusa, babi hutan, burung, dll; photo hunting dan video shooting.




2. Pantai Merah (Pink Beach)
Pantai merah merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi, memiliki pemandangan bawah laut sangat menawan. Beberapa aktivitas yang biasa dilakukan antara lain diving, snorkeling, berenang di pantai, dan berjemur di sekitar garis pantai. Lokasi Pantai Merah tidak jauh dari Loh Liang, sehingga wisatawan yang mengunjungi pantai ini harus melewati gerbang utama wisata di Loh Liang.

3. Loh Sebita
Loh Sabita merupakan daerah mangrove yang menawarkan aktivitas cukup menarik dan menantang, diantaranya yang sering dilakukan oleh wisatawan adalah pengamatan burung dan treking.

4. Loh Buaya
Loh Buaya berada di Pulau Rinca, merupakan pusat kunjungan para wisatawan di pulau tersebut. Berbagai fasilitas pendukung pariwisata yang tersedia antara lain pondok wisata, cafetaria, shelter dan jalan setapak. Loh Buaya menawarkan pemandangan eksotis, yang terdiri dari hutan bakau, padang sawana, serta keberadaan beberapa jenis satwa liar, seperti komodo, kerbau liar, rusa timor, monyet ekor panjang, dan berbagai jenis burung. Selain pengamatan satwa liar, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan lain, diantaranya adalah photo hunting, video shooting, dan penjelajahan, mulai dari Loh Buaya ke Wae Waso atau Loh Buaya Golo Kode. Di puncak bukit Golo Kode, wisatawan bisa menikmati panorama yang luar biasa, terpampang bentang alam yang sangat spektakuler, berbagai ekosistem dapat disaksikan dari tempat ini. Tak hanya itu, di Loh Buaya, ada satu tempat yang bernama Pulau Kalong, merupakan habitat kelelawar. Di sini pengunjung bisa melakukan pengamatan terhadap koloni kelelawar yang jumlahnya sangat besar. Waktu yang paling tepat untuk melakukan pengamatan pada sore hari, saat kelelawar keluar untuk mencari makan.

Pulau Padar
Padar merupakan salah satu pulau kecil di Taman Nasional Komodo, terletak di antara dua pulau utama, Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau kecil ini memiliki pantai yang sangat fantastis, dengan pemandangan bawah laut sangat spektakuler. Kegiatan yang banyak dilakukan oleh wisatawan pada umumnya adalah snorkeling dan diving.

Sumber :

www.komodo-park.com/

id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Komodo

1 komentar:

  1. Keren banget Pulau Komodo,,, jadi pengen kesna. Makasih ya gan infonnya tempat wisata indonesia

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.