Selasa, Februari 17, 2015

Pilihan Tempat Wisata Alam Di Bandung

Pilihan Tempat Wisata Alam Di Bandung - Berlokasi di daerah pegunungan, Bandung memiliki potensi wisata alam sangat besar. Banyak tempat wisata alam yang ada di kota kembang ini, beberapa diantaranya sudah sangat populer di kalangan wisatawan, seperti Gungung Tangkuban Perahu, Kawah Putih Ciwidey, Danau Situ Patenggang, Tebing Keraton, dan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda. Berikut ulasan singkat sejumlah objek wisata alam yang wajib dikunjungi saat Anda berlibur di Bandung.

Gunung Tangkuban Perahu

Tempat wisata ini paling populer diantara tempat wisata lain di Bandung. Nama Gunung Tangkuban Perahu sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Sebagian masyarakat Indonesia telah mendengar kisah legenda Sangkuriang yang menceritakan asal mula Gungung Tangkuban Perahu. Berada 20 kilometer sebelah utara kota Bandung, dan berstatus sebagai gunung berapi aktif.

Oleh karena itu, Gunung Tangkuban Perahu selalu diawasi oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Selain menikmati keindahan pemandangan alam, Anda juga bisa mengunjungi sejumlah objek wisata menarik di Gunung Tangkuban Perahu, antara lain Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas dan Kawah Jurig.

Tebing Keraton

Tebing Keraton merupakan tempat wisata yang masih berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, yaitu di di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung. Lokasi tebing ini berada tepat di atas Taman Hutan Raya Juanda, dengan sudut pandang yang sangat baik, sehingga wisatawan bisa menyaksikan pemandangan spektakuler hijaunya Taman Hutan Raya Juanda. Terlebih lagi jika Anda menyaksikan keindahan panorama alam tersebut sebelum jam 06.00 pagi, saat wilayah kota Bandung dan sekitarnya masih diselimuti kabut tebal. Sebuah pemandangan yang eksotis, dengan kilau emas sinar matahari terbit yang menyemburat menghiasi lagit.

Trans Studio Bandung

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey yang dikenal juga dengan sebutan Kawah Putih Bandung, merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang cukup populer. Objek wisata di Kawah Putih Ciwidey berupa sebuah danau yang terbentuk dari sisa letusan Gunung Patuha. Memang, kawah ini berada di kawasan Gunung Patuha, diketinggian 2090 meter diatas permukaan laut.

Daya tarik dan keistimewaan Kawah Putih Ciwidey adalah tanahnya yang berwarna putih, dan air danau berwarna putih kehijauan. Dengan kondisi alam seperti itu, Kawah Putih Ciwidey menyuguhkan pemandangan yang benar-benar eksotis, sangat berbeda dengan suana tempat wisata alam lain.




Danau Situ Patenggang

Tempat wisata ini juga cukup ramai dikunjugi wisatawan, karena lokasinya yang berada di dekat Kawah Putih Ciwidey. Berada di ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut, dengan luas danau sekitar 45.000 hektare. Hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari Kawah Putih Ciwidey, membuat tempat wisata ini menjadi pilihan setelah berkunjung ke Kawah Putih. Menurut legenda masyarakat setempat, Danau Situ Patenggang merupakan tempat yang mengisahkan percintaan ki Santang dan Dewi Rengganis. Tempat wisata alam ini sudah dikelola dengan baik, dengan akomodasi yang cukup memadai, seperti tempat parkir, mushola, toilet, penginapan, dan gazebo.

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda merupakan Taman Hutan Raya pertama di Indonesia, sebagai hutan konservasi yang membentang di area seluas 590 hektare, dengan ketinggian antara 770-1330 meter diatas permukaan laut. Di tempat wisata ini, terdapat kurang lebih 2500 jenis tanaman dari 40 family dan 112 spesies. Diresmikan pada tahun 1922 oleh pemerintah Hindia Belanda dengan nama Hutan Lindung Gunung Pulosari. Pada tahun 1945, status kawasan hutan lindung ini menjadi milik pemerintah Republik Indonesia dibawah pengelolaan Djawatan Kehutanan. Perubahan status hutan lindung menjadi Taman Hutan Raya dilakukan melalui Keputusan Presiden No. 3 Tahun 1985, tanggal 12 Januari 1985, dan diresmikan oleh Presiden Suharto pada tanggal 14 Januari 1985, bertepatan dengan hari kelahiran Ir. H. Juanda. Selain keindahan alam dan suasana hutan yang menyegarkan, Taman Hutan Raya ini memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah Monumen Ir. H. Djuanda, Gua Jepang dan Gua Belanda, Kolam Pakar, Air terjun Curug Omas, Air terjun Curug Lalay, Air terjun Curug Dago, Museum Ir. H. Djuanda, Artefak kebudayaan purba yang pernah ditemukan di kawasan Dago Pakar, Prasasti Raja Thailand, dan taman bermain.

Baca artikel lain tentang Tempat Wisata Di Bandung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.