Jumat, Maret 27, 2015

Air Terjun Coban Rondo Malang

Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Malang, bisa dijadikan sebagai alternatif destinasi liburan Anda. Objek wisata ini turut memberikan andil dalam pengembangan industri pariwisata di wilayah Malang dan sekitarnya.

Tempat wisata Air Terjun Coban Rondo secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dapat dijangkau oleh kendaraan umum, sehingga memudahkan akses bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Untuk menuju ke Coban Rondo, Anda bisa melalui jalur Malang-Batu atau Kediri-Pare. Dari Kota Malang berjarak kurang lebih 24 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Sedangkan dari Kota Batu hanya berjarak sekitar 12 kilometer.






Air Terjun Coban Rondo berada di daerah dataran tinggi, dengan ketinggi 1135 meter di atas permukaan laut, dan termasuk dalam kawasan KPH Perum Perhutani Malang Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Pujon. Tinggi air terjun ini mencapai 84 meter, dengan debit air rata-rata 90 liter perdetik pada musim kemarau dan 150 liter per detik pada musim hujan.

Sebagai salah satu destinasi wisata, di sekitar area air terjun sudah terdapat beberapa fasilitas dan akomodasi pendukung bagi wisatawan, seperti musholla, toilet, area parkir, panggung terbuka, bumi perkemahan, hingga warung-warung yang menjajakan aneka makanan. Penginapan terdekat bisa ditemukan di kawasan Songgoriti yang berjarak kurang lebih 6-8 kilometer dari Coban Rondo.






Sebenarnya masih ada dua air terjun lagi di atas aliran Air Terjun Coban Rondo, yaitu air terjun Coban Manten yang merupakan air terjun kembar di bagian paling atas, dan air terjun Coban Dudo yang berada di bawah Coban Manten dan di atas Coban Rondo.

Air Terjun Coban Rondo Malang

Ketiga air terjun tersebut merupakan air terjun bertingkat, dan wisatawan yang menggemari petualangan, bisa mengunjungi dua air terjun yang berada di atas Air Terjun Coban Rondo.






Selain menampilkan keindahan pemandangan air terjun, kawasan Coban Rondo juga menyuguhkan panorama alam yang sangat memukau. Dengan udara sejuk, berada di daerah dataran tinggi, dan hinjaunya pepohonan tropis. Untuk mencapai objek wisata ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 2 kilometer dari lokasi pembelian tiket masuk.

Coban Rondo

Perjalanan ke Coban Rondo


Namun, perjalanan tersebut terasa begitu ringan, rimbunnya pohon-pohon di sepanjang perjalanan seakan menjadi penawar lelah dan tentu saja melindungi para pengunjung dari sengatan sinar matahari. Kesejukan udara pegunungan bisa langsung dirasakan sehingga perjalanan terasa lebih nyaman dan memberikan kesan yang menyenangkan.

Coban Rondo

Suasana di Air Terjun Coban Rondo


Lelah menghabiskan waktu di objek wisata Air Terjun Coban Rondo, kini saatnya melanjutkan perjalanan untuk menjelajahi objek wisata lain di wilayah Malang dan Batu. Baca artikel lain tentang Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu sebagai tambahan informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.