Senin, Maret 02, 2015

Daftar Tempat Wisata di Bandung Untuk Liburan

Bandung sebagai ibukota Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu kota yang memiliki potensi wisata sangat besar. Nama Bandung sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama dikalangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Besarnya potensi wisata yang dimiliki Bandung memang menempatkan kota yang mendapatkan julukan Paris Van Java ini dalam jajaran kota wisata terkemuka di Indonesia. Berikut uraian singkat sejumlah TEMPAT WISATA DI BANDUNG yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk liburan Anda bersama keluarga.

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan Indoor Theme Park terbesar di dunia yang dirancang dengan konsep hiburan dan atraksi spektakuler. Tempat wisata buatan ini menawarkan 20 wahana permainan dan hiburan yang benar-benar memuaskan pengunjung. Terbagi dalam tiga kawasan, dimana masing-masing kawasan memiliki tema unik, yiatu Studio Central, Lost City, dan Magic Corner. Lihat selengkapnya tentang pada artikel Trans Studio Bandung.






Tempat Wisata Belanja Cihampelas Walk

Cihampelas Walk merupakan tempat wisata belanja termegah di Bandung. Dirancang dengan konsep unik dan spesifik, memadukan dua aspek wisata, yaitu shopping dan wisata alam. Tempat wisata yang dikenal dengan Green Shopping ini berada di jantung kota Bandung, tepatnya beralamat di Jl. Cihampelas 160 Bandung 40131 Jawa Barat. Dikemas sebagai shopping center serta memiliki konsep belanja berbeda dengan mall pada umumnya, Cihampelas Walk menjadi salah satu destinasi yang sangat populer di kota Bandung. Lihat informasi selengkapnya di Cihampelas Walk Bandung.

Gedung Landmark Braga (Bandung Tempo Doeloe)

Gedung Landmark Braga dikenal juga dengan nama Bandung Tempoe Doeloe, merupakan salah satu gedung bersejarah di kota Bandung. Gedung ini merupakan ekspresi kota Bandung jaman dulu, sekaligus merupakan simbol sejarah yang memiliki ikatan dari aspek historis dan budaya kota bandung. Dari gedung tua inilah pengunjung bisa mengenal lebih dekat, merefleksikan diri melalui dokumentasi-dokumentasi tentang masa lalu kota Bandung. Gedung Landmark Braga ini beralamat di Jalan Braga No 129, Bandung. Untuk melihat informasi lebih lengkap, silahkan baca pada artikel Gedung Landmark Braga Bandung (Bandung Tempo Doeloe).
Bandung Tempo Doeloe

Gedung Bandung Tempo Doeloe, Tempat Wisata Sejarah Di Bandung


Tempat Wisata Belanja Di Cibaduyut

Inilah salah satu pusat perbelanjaan paling populer di Kota Bandung. Sepatu merupakan produk unggulan yang banyak dipasarkan di tempat perbelanjaan ini. Berada di selatan kota Bandung, Cibaduyut menjadi ikon wisata belanja di Bandung. Bisa dikatakan bahwa lokasi tersebut merupakan pusat industri sepatu terbesar, bukan hanya di kota Bandung, tetapi juga di seluruh Indonesia. Di sepanjang Jalan Cibaduyut, Anda akan menjumpai ratusan kios yang menjual sepatu, tas, hingga dompet. Namun, secara umum, sepatu merupakan produk yang paling banyak dipasarkan. Lokasi produksi sepatu biasanya barada di belakang gang-gang di sepanjang Jalan Cibaduyut. Sepatu hasil produksi lokal ini tidak kalah kualitasnya jika dibanding dengan sepatu-sepatu bermerk. Hanya berjarak kurang lebih 300 meter dari terminal bus Leuwih Panjang, membuat lokasi pusat perbelanjaan sepatu ini mudah ditemukan. Baca ulasan selengkapnya di Wisata Belanja Di Cibaduyut, Bandung.






Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Nama tersebut sering kita dengar dari cerita legenda Sangkuriang, yang merupakan salah satu cerita rakyat Jawa Barat. Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi aktif yang selalu dalam pengawasan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Gunung berapi stratovulcano ini memiliki pusat erupsi yang berpindah-pindah dengan arah timur-barat, sehingga seolah-olah berbentu seperti perahu terbalik. Objek wisata paling favorit adalah kawah-kawah yang berada di puncak gunung. Terdapat beberapa kawah yang sering menjadi pusat kunjungan wisatawan, diantaranya adalah kawah Ratu dan kawah Upas. Lihat ulasan selengkapnya pada artikel Gunung Tangkuban Perahu Bandung.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey merupakan tempat wisata alam yang menawarkan pesona pemandangan sangat eksotis. Objek wisata ini berupa telaga yang berwarna putih kehijauan, dan disekelilingnya terdapat pasir berwarna putih. Perpaduan antara telaga dan pasir putih tersebut menghasilkan sebuah view yang benar-benar menakjubkan, dan dipastikan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini akan berdecak terkagum-kagum. Keindahan panorama alam di sekitar lokasi telaga merupakan nilai jual utama destinasi wisata ini. Tak mengherankan, jika popularitas Kawah Putih Ciwidey cukup melambung di jajaran tempat wisata alam di Bandung. Hal tersebut bisa dilihat dari antusiasme wisatawan yang berkunjung semakin meningkat setiap tahunnya. Untuk melihat informasi lebih lengkap, silahkan baca pada artikel Kawah Putih Ciwidey Bandung.
Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey, salah satu tempat wisata alam di Bandung


Museum Konferensi Asia Afrika

Merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang ada di kota Bandung. Museum ini didirikan untuk mengenang peristiwa paling historis sepanjang sejarah perjuangan bangsa-bangsa terjajah di Asia dan Afrika, yaitu Konferensi Asia Afrika (KAA), yang diselenggarakan pada tanggal 18-24 April 1955. Museum bersejarah ini beralamat di Jl. Asia Afrika No.65, Bandung, Jawa Barat, diresmikan oleh Presiden Suharto pada tanggal 24 April 1980. Museum tersebut memiliki beberapa ruang, antara lain Ruang Pameran Tetap, Ruang Audio Visual, Perpustakaan, serta Ruang Riset. Baca ulasan selengkapnya di Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung.

Tempat Wisata Budaya Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata budaya yang mempertunjukkan kesenian tradisional Sunda. Tempat wisata ini didirikan pada tahun 1966 oleh pasangan suami-istri bernama Udjo Ngalagena dan Uum Sumiati. Pendirian tempat pertunjukan seni tradisional ini bertujuan untuk memelihara dan melestarikan kesenian dan budaya Sunda, agar tetap eksis dan tidak lekang oleh perkembangan jaman. Saung Angklung Udjo beralamat di Jalan Padasuka 118, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Lihat informasi selengkapnya di Saung Angklung Udjo Bandung.
Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo, tempat wisata budaya di Bandung


Museum Geologi Bandung

Museum Geologi merupakan salah satu museum peninggalan kolonial Belanda, didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Pembangunan museum ini bertujuan untuk menyediakan tempat penyimpanan materi-materi geologi hasil penyelidikan dari lembaga penelitian geologi dan sumber daya mineral di seluruh Nusantara pada masa penjajahan Belanda. Saat ini, selain sebagai tempat penelitian, Museum Geologi Bandung juga berfungsi sebagai tempat wisata pendidikan, yaitu dengan menyediakan fasilitas dan sarana pendidikan yang berkaitan dengan berbagai materi bumi beserta seluruh sumberdaya yang ada, dan sosialisasi kepada pengunjung mengenai upaya-upaya untuk melestarikannya. Baca informasi selengkapnya di Museum Geologi Bandung.






Gedung Sate Bandung

Merupakan salah satu bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota Bandung. Gedung ini memiliki sebuah menara central di bagian atasnya berbentuk pagoda yang menyerupai tusuk sate. Saat ini, Gedung Sate Bandung berfungsi sebagai pusat penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda, pada tahun 1920, dahulu dikenal dengan nama Gouvernements Bedrijven. Berdiri di atas area seluas 2,8 hektar, gedung ini juga menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kota Bandung. Gaya arsitetur bangunannya memang sangat megah, tak mengherankan jika yang menyatakan kekagumannya terhadap gedung tua ini. Lihat ulasan lebih lengkap di Gedung Sate Bandung.
Potensi Wisata Bandung

Gedung Sate Bandung, Ikon Kota Bandung


Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater merupakan objek wisata alam yang berada di perbatasan antara Kabupaten Subang dan Bandung. Objek wisata ini berupa tempat pemandian yang memiliki suhu hari antara 43-46 derajat celcius, sehingga terasa cukup nyaman untuk menghangatkan tubuh. Berendam di pemandian ini memang menjadi tujuan utama para wisatawan. Selain itu, Pemandian Air Panas Ciater juga menyediakan berbagai macam wahana bermain untuk putra-putri Anda, dan fasilitas untuk wisata outbound. Untuk informasi lengkapnya, silahkan baca pada artikel Pemandian Air Panas Ciater, Bandung.

Monumen Bandung Lautan Api

Objek wisata ini merupakan tempat untuk memperingati peristiwa bersejarah paling heroik di kota Bandung pada tanggal 23 Maret 1946, yang dikenal dengan peristiwa Bandung Lautan Api. Di monumen tersebut, wisatawan dapat mengenang fakta sejarah, yang melibatkan seluruh warga Bandung, dalam upaya melawan tentara sekutu. Peristiwa tersebut telah membuka mata dunia, bagaimana kehebatan, semangat, dan daya juang rakyat Bandung dalam menghadapi penjajah. Tak tanggung-tanggung, dalam peristiwa paling heroik ini warga Bandung membumihanguskan seluruh kota dengan membakar rumah-rumah penduduk, agar potensi yang ada di Bandung tidak dimanfaatkan sebagai markas militer tentara Sekutu dan Belanda. Istilah Bandung Lautan Api pertama kali muncul pada harian Suara Merdeka, yaitu tulisan Atje Bastaman yang berjudul Bandoeng Djadi Laoetan Api.Lihat selengkapnya pada artikel Monumen Bandung Lautan Api.

Museum Pos Indonesia

Di museum ini, terdapat koleksi benda-benda yang berhubungan dengan pos. Berada di sebelah Kantor Pusat PT. Pos Indonesia, yaitu di Jalan Cilaki No. 73 Bandung, Jawa Barat. Gedung museum dibangun pada masa kolonial Belanda, pada tanggal 27 Juli 1920, dan secara resmi dibuka pada tahun 1931. Museum ini sempat tidak terawat, yakni pada masa perang duna kedua. Banyak koleksi benda-benda pos yang terlantar pada masa itu. Keadaan museum baru dibenahi pada tahun 1980, setelah dibentuk Panitia Persiapan Pendirian Museum Pos dan Giro. Saat ini, Museum Pos Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kota Bandung. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh para wisatawan, seperti berkeliling museum untuk melihat koleksi benda-benda pos sekaligus mendapatkan informasi edukatif. Baca ulasan selengkapnya di Museum Pos Indonesia, Bandung.

Pasar Baru Trade Center

Pasar Baru Trade Center merupakan salah satu tempat wisata belanja yang sangat populer di Kota Bandung. Pusat perbelanjaan ini dibangun pada tahun 1906, dan menjadi pusat penjualan busana terbesar di Paris Van Java. Sebagai pusat perbelanjaan tertua, Pasar Baru Trade Center memiliki ikatan historis yang cukup erat dengan kota Bandung. Berada di lokasi strategis, yaitu di Jl. Otista No.70, Bandung, Pasar Baru menjadi salah satu tujuan wisata belanja yang sangat ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Berbagai jenis produk busana dapat ditemukan di Pasar Baru Bandung, seperti busana muslim, busana untuk pesta, jeans, batik, busana casual, sepatu, hingga tas dan berbagai aksesoris. Lihat ulasan lebih lengkap di Pasar Baru Trade Center Bandung.

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan tempat peneropongan dan pengamatan bintang, serta pusat penelitian dan pengembangan ilmu astronomi di Indonesia. Bukan hanya berstatus sebagai observatorium tertua, tetapi juga terbesar di Indonesia. Nama Observatorium Bosscha diambil dari seorang penyandang dana pembangunan observatorium tersebut yang bernama Karel Albert Rudolf Bosscha, sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan bantuan yang diberikan. Pembangunan observatorium ini dimulai pada tahun 1923 dan selesai tahun 1928, oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging. Pusat penelitian dan pengamatan bintang ini diberi nama Bosscha Sterrenwacht. Selain berfungsi sebagai pusat penelitian dan pengembangan ilmu astronomi, Observatorium Bosscha juga menjadi salah satu tempat wisata pendidikan. Pengunjung bisa mendapatkan berbagai informasi edukatif mengenai ilmu perbintangan. Lihat ulasan selengkapnya pada artikel Observatorium Bosscha, Bandung.

Tempat Wisata Keluarga Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland merupakan taman bermain yang berada di Bandung Barat, tepatnya beralamat di Jl. Sersan bajuri KM 3.8, Lembang, Bandung, Jawa Barat 40559, Indonesia. Tempat wisata ini menyediakan berbagai fasilitas atraksi menarik, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Disini pengunjung bisa menemukan kegembiraan dan pengalaman liburan yang sangat spektakuler. Dilengkapi dengan berbagai atraksi menarik, penuh tantangan, dan benar-benar memberikan kepuasan. Manjakan putra-putri Anda dengan atraksi-atraksi yang tersedia, seperti Horse Riding, Sespan, Tubby, Mini Buggy, Children Playground, Kiddy Pool, Big Tornado, Octopus Racer, Buggy Adventure, dan masih banyak lagi yang lain. Temukan kebahagiaan bersama keluarga dan teman-teman hanya di Kampung Gajah Wonderland Bandung. Baca informasi lebih lengkap di Kampung Gajah Wonderland Bandung.

Tempat Wisata Keluarga De'Ranch Lembang

De'Ranch pada awalnya merupakan tempat pemeliharaan kuda yang berada di dataran tinggi, yaitu di ketinggian 1.242 mdpl. Tempat wisata ini memadukan wisata alam dengan konsep cowboy, dikembangkan oleh sebuah kelompok bernama The Big Price Cut. Memang, tempat wisata seluas kurang lebih 5 hektare ini memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Sembari memanjakan putra-putri Anda dengan berbagai wahana permainan, juga bisa menikmati keindahan panorama alam dan suasana segar di daerah pegunungan. Baca informasi lebih lengkap pada artikel De'Ranch Bandung.

Tebing Keraton

Tebing Keraton, merupakan destinasi wisata alam yang memiliki pemandangan spektakuler, terlebih pada pagi hari, menjelang matahari terbit. Di lokasi wisata ini, pengunjung bisa menyaksikan keindahan sunrise yang menyiratkan kemilau sinar keemasan, menghiasi kabut tebal yang menyelimuti kota Bandung. Saat embun pagi hilang, terpampang panorama alam sangat menakjubkan, pemandangan hijau Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda tampak dari atas tebing ini. Lihat informasi selengkapnya di Tebing Keraton Bandung.

Danau Situ Patenggang

Lokasi objek wisata ini tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey, sehingga menjadi destinasi alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Kawah Putih. Nama Situ Patenggang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Barat. Situ merupakan bahasa Sunda yang berarti danau, sedangkan Pantenggang diambil dari nama desa dimana danau tersebut berada, yaitu Desa Patengan. Situ Patenggang juga terkait erat dengan cerita rakyat setempat, yang mengisahkan tentang Legenda Situ Patenggang. Tempat wisata ini sudah dikelola dengan baik, selain memiliki pemandangan alam yang mengagumkan, dengan suasana khas pegunungan yang menyegarkan, objek wisata Situ Patenggang juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti penginapan, gazebo, musholla, dll. Baca ulasan lebih lengkap di Danau Situ Patenggang.

Curug Dago

Curug Dago merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, berupa air terjun. Meskipun kurang sepopuler Trans Studio Bandung, namun Curug Dago mampu menyuguhkan suasana alam yang benar-benar menyegarkan. Di bawah rerimbunan pohon-pohon tropis Taman Hutan Raya Juanda, dengan hembusan angin yang melalui sela-sela pepohonan dan membelai seluruh tubuh, merupakan nuansa khas di sekitar objek wisata ini. Terdapat dua buah prasasti batu tulis peninggalan tahun 1818 M, yang menunjukkan bahwa Curug Dago telah dikenal oleh masyarakat semenjak ribuan tahun silam. Lihat ulasan lebih lengkap di Curug Dago Bandung.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung merupakan destinasi wisata yang berada di dalam kota Bandung, berdekatan dengan Taman Ganesha dan kampus ITB. Berekreasi ke kebun binatang memang sangat ideal untuk memanjakan putra-putri Anda, pasalnya, selain bisa memperkenalkan berbagai jenis binatang kepada anak-anak, juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana bermain. Kebun Binatang Bandung memiliki keunikan tersendiri, yaitu dibangun pada area dengan topografi bergelombang, sehingga memberikan suasana berbeda dan tidak membosankan. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung di tempat wisata ini, seperti lesehan di taman sambil bersantai dan menikmati suasana segar di bawah rindangnya pepohonan di area kebun binatang, bermain bersama anak-anak di taman bermain anak, bermain balon air, berfoto bersama keluarga, dan masih banyak lagi. Lihat informasi lengkapnya pada artikel Kebun Binatang Bandung.

Museum Sri Baguda

Museum ini didirikan untuk melestarikan budaya tradisional Sunda, yang didirikan pada tahun 1974, dan diresmikan tahun 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Di dalam museum ini, tersimpan berbagai jenis benda hasil dari kebudayaan Sunda. Benda-benda koleksi tersebut dikelompokkan dalam beberapa kategori, yaitu Geologika/Geografika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramologika, Senirupa, dan Teknologika. Lihat ulasan selengkapnya pada artikel Museum Sri Baguda Bandung.

Taman Ganesha

Taman Ganesha merupakan taman kota yang berada di Jl. Ganesha, Bandung, di depan kampus ITB. Taman kota ini dibangun pada tahun 1919 oleh pemerintah Hindia Belanda, yang dikenal dengan nama Ijzermanpark. Pembangunan taman kota ini berfungsi sebagai paru-paru kota, dan tempat rekreasi warga Bandung. Saat ini, Taman Ganesha juga dimanfaatkan untuk menjaga kelestarian beberapa jenis burung langka yang populasinya semakin menurun. Taman yang berada dibawah pengelolaan Dinas Pertamanan Kota Bandung ini menempati area seluas 9.607 m². Lihat ulasan lebih lengkap di Taman Ganesha, Tempat Wisata Di Kota Bandung.

Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani merupakan wahana rekreasi untuk keluarga, dikenal juga sebagai Taman Lalu-lintas. Taman ini memang menyediakan wahana belajar lalu-lintas, sehingga sangat cocok untuk mengenalkan berbagai peraturan lalu-lintas pada anak-anak. Selain mendapatkan pembelajaran lalu-lintas, putra-putri Anda juga bisa mendapatkan kegembiraan dengan berbagai fasilitas permainan yang tersedia. Lihat selengkapnya pada artikel Taman Ade Irma Suryani Bandung.

Semoga informasi singkat ini bisa melengkapi referensi dan pilihan TEMPAT WISATA DI BANDUNG yang akan dikunjungi.

3 komentar:

  1. PAKET WISATA BANDUNG MURAHKamis, Mei 14, 2015

    Halo sobat traveler dimanapun berada, jika Anda ingin berwisata ke Bandung, dan sudah menentukan tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi, kami siap memandu perjalanan Anda, mempersiapkan seluruh akomodasi selama liburan di Bandung, mulai dari:
    1. Informasi penginapan & hotel murah di Bandung
    2. Rental mobil di Bandung
    3. Informasi tempat wisata kuliner di Bandung
    4. Informasi tempat - tempat publik di Bandung
    5. Informasi tempat wisata belanja di Bandung
    6. Informasi angkutan kota di Bandung

    Kami siap melayani perjalanan untuk kelompok maupun perorangan. Tim kami sangat profesional, dijamin tidak akan mengecewakan perjalanan Anda.

    Menemani perjalanan bagi wisatawan adalah kebanggaan kami, terlebih lagi jika kami mampu memberikan kepuasan dan pengalaman perjalanan Anda. Pelayanan terbaik adalah MOTO kami.

    Selain jasa untuk menemani perjalanan liburan di Bandung, kami juga menyediakan paket wisata untuk kelompok minimal 4 orang, terutama untuk paket wisata Lembang dan Kota Bandung. Terima kasih, hubungi kami jika membutuhkan PAKET WISATA BANDUNG, di 08176131152

    BalasHapus
  2. Halo min, mau kasih referensi tambahan untuk info aneka tempat wisata di bandung ya... bisa visit http://sebandung.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas tambahan referensinya sehingga bisa melengkapi artikel Tempat Wisata Di Bandung.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.