Kamis, Maret 26, 2015

Daftar Tempat Wisata Di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu provinsi terkecil kedua dan menjadi salah satu andalan wisata Indonesia setelah Provinsi Bali. Wilayah yang memiliki luas kurang lebih 3.185,80 kilometer persegi ini memiliki banyak potensi wisata, seperti objek wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah dan budaya, penginapan dan perhotelan, sarana transportasi dan telekomunikasi, serta infrastruktur pendukung yang sudah memadai.

Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan penggabungan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Paku Alaman. Salah satu wilayah di Yogyakarta, yaitu Kota Gede, pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Mataram pada tahun 1575-1640. Yogyakarta memiliki beberapa landmark yang sudah cukup populer di masyarakat Indonesia, seperti Malioboro sebagai pusat perbelanjaan, Tugu Pal Putih sebagai landmark tertua Yogyakarta, dan penanda garis imajiner yang menghubungkan Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, dan Laut Selatan. Membahas tentang potensi wisata di Yogyaarta memang tidak pernah ada habisnya, pasalnya daerah yang lebih populer disebut dengan nama Jogja ini memiliki segudang potensi wisata menarik.






Sejumlah tempat wisata di Jogja memang sudah begitu populer, baik dikalangan wisatawan domestik maupun wisatawan dari berbagai negara. Sebut saja Keraton Yogyakarta, yang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah sekaligus wisata budaya. Malioboro, yang merupakan pusat kegiatan dan aktivitas bisnis masyarakat Jogja sekaligus sebagai tempat wisata sejarah yang namanya sudah begitu melambung. Pantai Indrayanti, sebagai pendatang baru dalam dunia pariwisata, dan baru beberapa tahun dikelola sebagai tempat wisata, namun sudah memiliki popularitas yang luar biasa. Memang, tidak akan pernah cukup waktu untuk membahas satu persatu tempat wisata di Jogja, karena memang wilayah ini memiliki segudang destinasi wisata unggulan.

Fasilitas Transportasi Di Jogja

Sebagai kawasan yang menjadi andalan pariwisata Indonesia, Yogyakarta telah memiliki berbagai fasilitas dan sarana pendukung yang cukup memadai. Pembangunan infrastruktur di Yogyakarta memang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Setidaknya wilayah yang dikenal dengan Gudeg Jogja ini memiliki Jalan berkelas Nasional sepanjang 168.81 kilometer, Jalan Provinsi 690.25 kilometer, dan Jalan Kabupaten 3.968,88 kilometer. Sarana transportasi di wilayah Jogja juga sangat memadai, tercatat wilayah tersebut memiliki dua stasiun kereta api, yaitu Stasiun Tugu yang melayani penumpang kelas eksekutif dan bisnis, serta Stasiun Lempuyangan yang melayani penumpang kelas ekonomi dan angkutan barang.






Pemerintah setempat juga mengembangkan layanan Bus Trans Jogja, yang merupakan fasilitas angkutan massal dengan konsep modern, seperti Trans Jakarta di Ibukota. Tak hanya itu, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga mengembangkan sarana Tempat Pendaratan Kapal (TPK) untuk melayani kapal penangkap ikan sekaligus sebagai tempat wisata. Di sektor transportasi udara, terdapat Bandara Adisucipto, yang statusnya telah menjadi Bandara Internasional semenjak tahun 2004.

Daftar Tempat Wisata Di Jogja

Keberadaan Bandara Internasional Adisucipto ini memberikan kemudahan dan akses bagi wisatawan dari berbagai daerah dan berbagai negara untuk mengunjungi Jogja dan sekitarnya. Peran Bandara Adisucipto memang sangat penting bagi pengembangan industri pariwisata di Yogyakarta, terutama semenjak ditetapkan sebagai Bandara Internasional, sehingga menjadi pintu gerbang yang menghubungkan provinsi tersebut dengan kota-kota lain, baik nasional maupun internasional.






Daftar Tempat Wisata Di Jogja

Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Tak mengherankan jika industri pariwisata di kota ini berkembang sangat pesat. Berbagai macam potensi wisata yang bisa dijadikan pilihan sebagai tempat rekreasi memang menjadi modal dasar pariwisata Jogja. Wisatawan memiliki banyak pilihan objek wisata menarik di wilayah ini, baik wisata alam, pendidikan, sejarah, budaya, maupun wisata pantai. Mungkin waktu liburan satu minggu tidak akan cukup untuk menjelajahi tempat wisata di Jogja, disamping jumlahnya yang sangat banyak, tentu saja keasyikan dan kepuasan berada di satu tempat akan menyita waktu Anda. Sebagai tambahan informasi, berikut ini kami sajikan beberapa ulasan tentang tempat wisat di Jogja yang menarik untuk dikunjugi.

Daftar Hotel Di Jogja

Industri perhotelan juga menjadi salah satu sektor yang tak terpisahkan terhadap pengembangan industri pariwisata. Perhotelan dan penginapan merupakan sarana pendukung yang mutral dibutuhkan agar industri pariwisata di suatu daerah semakin berkembang. Sebagai kota wisata terkemuka di Indonesia, Yogyakarta menawarkan banyak pilihan hotel dan penginapan dengan beragam fasilitas dan pilihan harga. Berikut kami sajikan ulasan tentang hotel di Jogja sebagai tambahan informasi bagi pembaca sekalian.

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata dengan sejumlah wisata yang menarik. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Pariwisata Indonesia. Terima kasih atas apresiasinya, saya juga telah membaca sejumlah artikel di blog Anda. Ulasan yang bagus, sangat bermanfaat untuk referensi bagi para wisatawan.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.