Kamis, Maret 19, 2015

Istana Air Taman Sari Jogja

Istana Air Taman Sari yang dikenal juga dengan istilah Perfume Garden atau Fragrant Garden merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang berada di dalam kompleks Keraton Yogyakarta. Istana Taman Sari terdiri dari beberapa bangunan, dan merupakan salah satu situs penginggalan sejarah yang keberadaannya sangat penting bagi Keraton Yogyakarta.

Sebagai tempat rekreasi bagi putri-putri raja dan para selir, di Taman Sari banyak terdapat tanaman bunga yang mengeluarkan bau harum, sehingga menguatkan kesan feminim di area taman tersebut. Tak mengherankan jika para turis mancanegara menyebutnya dengan naman Perfume Garden.

Fungsi Istana Air Taman Sari

Tak hanya menjadi area rekreasi, terutama bagi keluarga kerajaan, baik para selir maupun putri-putri kerajaan, Istana Air Taman Sari juga memiliki fungsi lain, seperti tempat berlatih dan membuat batik keluarga kerajaan, area camouflage bagi musuh-musuh kerajaan, sekaligaus berberan sebagai benteng pertahanan saat terjadi serangan ke jantung istana.

Istana Taman Sari juga siring dijadikan sebagai tempat meditasi Raja, bahkan juga difungsikan sebagai area berlatih bagi prajurit-prajurit kerajaan.

Sejarah Singkat Istana Taman Sari

Pembangunan Taman Sari merupakan ide dari Pangeran Mangkubumi, yaitu pendiri keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang kemudian bergelar sebagai Sri Sultan Hamengku Buwono I setelah menjadi Raja. Untuk Mewujudkan ide tersebut, ia menunjuk seorang arsitek ternama di jaman itu, yaitu Bupati Madiun, yang bernama Raden Ronggo Prawirosentiko.

Istana Air Taman Sari

Foto Istana Air Taman Sari


Pembangunan dilaksanakan pada tahun 1758 dengan melibatkan seorang tenaga ahli struktur bangunan dari Portugis yang kemudian diberi gelar oleh kerajaan sebagai Demang Tegis.




Bangunan Taman Sari memiliki keunikan tersendiri, terutama dilihat dari arsitektur bangunannya yang merupakan perpaduan dari beberapa pengaruh dan gaya, yaitu Hindu, Budha, Islam, Jawa, China, Portugis, dan Eropa. Keunikan tersebut dapat ditemukan di beberapa bagian bangunan saat Anda mengunjungi Istana Taman Sari. Pintu masuk atau gerbang Taman Sari berbentuk gapura yang sangat indah, terdapat di dua tempat, yaitu di bagian barat yang diberi nama Gapura Agung, dan di bagian timur yang diberi nama Gapura Panggung. Gapura ini mengadopsi arsitektur bergaya Jawa dengan stilasi dari sulur tanaman, gambar burung, serta ekor dan sayap garuda.

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Istana_Air_Taman_Sari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.