Rabu, Maret 25, 2015

Tempat Wisata Kampung Internasional Prawirotaman Yogyakarta

Prawirotaman merupakan salah satu kawasan yang menarik untuk dikunjungi. Menyandang predikat sebagai Kampung Internasional sekaligus sebagai kampung turis. Prawirotaman memiliki peran penting terhadap sejarah Yogyakarta, baik pada masa sebelum kemerdekaan maupun setelah kemerdekaan Republik Indunesia.

Pada masa sebelum kemerdekaan Prawirotaman menjadi pusat konsentrasi dan markas para pejuang, dan setelah kemerdekaan pernah menjadi pusat batik Yogyakarta, terutama industri batik cap. Semenjak tahun 1970-an, kawasan ini berubah menjadi area penginapan, dan mulai dikenal oleh wisatawan dari berbagai negara. Tak mengherankan jika Prawirotaman berubah menjadi kampung berstandar Internasional yang oleh masyarakat Yogyakarta dikenal sebagai Kampung Turis.

Prawirotaman merupakan kawasan yang berada tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, hanya berjarak sekitar lima kilometer. Kawasan ini bisa menjadi alternatif tempat wisata yang layak dikunjungi saat Anda berlibur ke kota Jogja. Terdapat pilihan penginapan yang unik dengan ciri khas sendiri dan harga terjangkau. Selain itu, juga terdapat fasilitas pendukung kegiatan rekreasi, seperti artshop, cafe, pasar tradisional, toko buku, restoran, dan masih banyak lagi yang lain.

Awalnya, tempat wisata ini merupakan sebidang tanah yang dihadiahkan kepada seorang bangsawan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang bernama Prawirotomo. Ia menerima tanah tersebut dari keraton, yang kemudian berkembang menjadi sebuah kampung dengan nama Prawirotaman. Kampung ini pernah menjadi basis konsentrasi para pejuang untuk merebut kemerdekaan dari penjajah Belanda. Seiring waktu, pasca kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu pada era 1960-an, kampung ini menjadi pusat industri batik cap, yang dikembangkan oleh keturunan Prawirotomo. Namun usaha tersebut tidak bertahan lama, dan perlahan mulai meredup.

Pada tahun 1970-an, keluarga Prawirotomo mencoba mengembangkan sektor bisnis lain, yakni di sektor penginapan. Semenjak saat itulah kawasan Prawirotaman mulai dikenal oleh para pelancong dari berbagai daerah, bahkan luar negeri, dan berkembang menjadi kampung turis yang berstatus sebagai Kampung Internasional. Sebagian besar warga Prawirotaman memang bisa berbahasa Inggris, sehingga memudahkan komunikasi masyarakat setempat dengan wisatawan asing. Hingga saat ini, sebagian besar penginapan di Prawirotaman masih dikelola oleh keluarga besar Prawirotomo, diantaranya adalah keluarga besar Werdoyoprawiro, Suroprawiro, dan Mangunprawiro.

Prawirotaman Yogyakarta

Ya, saat memasuki kawasan Prawirotaman, Anda akan disambut dengan nuansa kota ditengah kampung. Lalu-lalang kendaraan di kawasan ini menjukkan betapa aktifnya aktivitas ekonomi setempat. Tak hanya itu, keramahan warga kampung yang umumnya bisa berbahasa Inggris juga siap menyapa setiap orang yang berkunjung.




Anda bisa menemukan banyak pilihan tempat penginapan, mulai dari penginapan tradisional dengan nuansa Jawa klasik hingga hotel berbintang. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap untuk mendukung kegiatan liburan Anda, seperti pasar tradisional, cafe, resto, hingga agen tour and travel. Di sejumlah tempat juga tersedia jasa penyewaan mobil dan motor, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir untuk mencari transportasi selama liburan di Jogja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.