Senin, Maret 09, 2015

Tempat Wisata Kerta Gosa Klungkung Bali

Objek wisata Kerta Gosa Klungkung adalah salah satu penginggalan sejarah di Bali, yaitu peninggalan kerajaan Klungkung, dibangun pada tahun 1686. Kerta Gosa merupakan tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi saat Anda berlibur ke Pulau Dewata. Akses menuju Kerta Gosa cukup mudah, karena objek wisata ini berada di jantung kota Kabupaten Klungkung, Bali, tepat di depat Kantor Bupati.






Dari ibukota Bali, Denpasar, hanya berjarak kurang lebih 40 kilometer melalui Jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra. Peninggalan sejarah ini dibangun pada masa pemerintahan Ida I Dewa Agung Jambe, yaitu seorang penguasa pertama di Kerajaan Klungkung. Pembangunan Kerta Gosa bertujuan untuk menyediakan tempat diskusi atau rembung kerajaan, terutama menenai masalah keadilan dan keamanan wilayah kerajaan tersebut, atau pada waktu itu dikenal sebagai tempat pengadilan.

Di Kerta Gosa, pengunjung akan menjumpai dua buah bangunan peninggalan sejarah, yaitu Bale Kambang yang berdiri di atas kolam Taman Gili dan Bale Kerta Gosa. Kedua bangunan tersebut memiliki keunikan tersendiri dibanding bangunan-bangunan peninggalan sejarah lain di wilayah Bali, yaitu pada atap bangunan atau pada bagian langit-langit, yang terdapat lukisan wayang sebagai gambaran mengenai kasus yang disidangkan dan hukuman bagi orang yang diadili.






Lukisan wayang tersebut juga menggambarkan hukum karma yang akan terjadi jika seseorang melakukan kesalahan atau perbuatan dosa. Selain menelisik proses sejarah dibalik dua bangunan tersebut, wisatawan juga dapat mengunjungi museum yang menyimpan benda-benda peninggalan kerajaan Klungkung, termasuk benda-benda yang digunakan dalam proses pengadilan adat di Bali pada masa itu. Di museum tersebut, wisatawan bisa melihat lebih jauh mengenai kejayaan Kerajaan Klungkung.

Kerta Gosa Klungkung Bali

Foto Kerta Gosa Klungkung Bali


Ada aturan tersendiri untuk memasuki Kerta Gosa Klungkung, pengunjung harus mengenakan sarung dan selendang khusus sebagai pakaian adat. Namun Anda tidak perlu bingung untuk mencari sarung dan selendang, semua sudah disediakan oleh pengelola, dan biaya sewa sudah termasuk biaya pembelian tiket masuk. Selain dijadikan sebagai objek wisata sejarah, Kerta Gosa juga sering dijadikan sebagai tempat pengambilan foto pre-wedding maupun pengambilan foto seni oleh para photographer.






Untuk pembelian cindera mata bertema Kerta Gosa, wisatawan dapat menemukannya di dekat areal parkir, dimana banyak terdapat pertokoan dan pasar seni. Anda bisa memilih berbagai jenis cindera mata sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Berbagai barang kerajinan yang banyak ditawarkan di sekitar tempat wisata Kerta Gosa antara lain kain tenun, lukisan wayang, perhiasan dari emas maupun perak, hingga anyam-anyam dengan bahan bahan bervariasi. Saat ini, Kerta Gosa Klungkung merupakan salah satu objek wisata di Bali yang cukup populer, baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara, terlebih lagi pada saat liburan sekolah, sudah pasti tempat wisata ini dipenuhi oleh pengunjung.

Lihat juga Daftar Tempat Wisata Di Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.