Senin, Maret 23, 2015

Menyibak Potensi Wisata Bandung

Bandung merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang cukup populer di Indonesia, baik di kalangan wisatawan domesti maupun mancanegara. Semenjak dibukanya Jalan Tol Cipularang, wisatawan yang berkunjung ke kota yang dijuluki Paris Van Java ini semakin meningkat, terutama wisatawan dari daerah Jakarta dan sekitarnya. Potensi wisata Bandung memang cukup besar, terlihat dari banyaknya tempat wisata favorit, mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata budaya, tempat hiburan dan atraksi, museum, hingga wisata sejarah, terutama dengan adanya gedung-gedung tua berarsitektur kolonila Belanda.

Selain potensi wisata tersebut, Bandung juga memiliki sejumlah ruang publik yang digunakan untuk menyelenggarakan berbagai pertunjukan. Di kota ini wisatawan juga bisa mengunjungi gedung yang pernah dijadikan sebagai tempat pidato Ir. Soekarno saat menyampaikan pledoinya yang sangat fenomenal, yaitu Gedung Indonesia Menggugat. Objek wisata lain yang tak kalah menariknya adalah Taman Budaya Jawa Barat atau TBJB, dimana tempat wisata ini menjadi potret kebudayaan Jawa Barat secara umum.






Tempat Wisata Di Bandung

Banyaknya tempat wisata di Bandung dan sekitarnya merupakan potensi dasar pengembangan industri pariwisata di kota kembang ini. Tak mengherankan jika Bandung terus melaju sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Popularitas Bandung sebagai kota wisata tak kalah dengan daerah-daerah wisata lainnya, seperti Yogyakarta, Malang, Lombok, Medan, dll. Memang, potensi wisata kota Bandung belum bisa menyamai Bali yang namanya sudah lebih dulu melambung di dunia Internasional, tetapi harus diakui bahwa kontribusi industri pariwisata Bandung terhadap perekonomian nasional sangat besar. Sebagai tambahan referensi, berikut kami sajikan artikel-artikel menarik tentang wisata Bandung.

Potensi Wisata Bandung

Untuk ulasan lebih lengkap, silahkan lihat pada artikel Daftar Tempat Wisata Di Bandung Untuk Liburan.

Infrastruktur Pendukung Pariwisata Di Bandung

Pembangunan infrastruktur di kota Bandung memang tergolong cukup signifikan, bisa dilihat panjang ruas jalan di kota ini pada tahun 2000 lalu mencapai 4.9 % dari total luas wilayah. Meskipun belum mencapai angka yang ideal, sekitar 15-20%, namun ruas jalan tersebut sudah cukup mendukung perkembangan industri pariwisata di kota Bandung. Pemerintah juga memberikan perhatian yang cukup besar untuk meningkatkan pembangunan jalan baru dan peningkatan kapasitas jalan. Selain itu, penataan kawasan di kota ini juga terus dibenahi, terbukti pada tahun 2005 dibangun Jembatan Pasupati untuk mengurangi tingkat kemacetan dalam kota. Jembatan yang memiliki panjang sekitar 2,8 kilometer ini juga menjadi landmark baru bagi kota Bandung. Dibukanya Ruas Jalan Tol Cipularang juga menjadi sebuah potensi yang sangat penting dalam pengembangan industri pariwisata Bandung. Setidaknya akses jalan bagi masyarakat ibukota dan sekitarnya untuk menuju ke Bandung semakin mudah.






Infrastruktur pendukung lainnya adalah Bandar Udara Husein Sastranegara, yang saat ini berstatus sebagai Bandara Internasional. Keberadaan bandara ini semakin membuka kemudahan akses bagi wisatawan di berbagai daerah, bahkan wisatawan mancanegera. Sejumlah kota yang melayani penerbangan ke Bandung antara lain Jakarta, Surabaya, Denpasar, Menado, Yogyakarta, Batam, Mataram, Makassar, Palembang, Pangkalpinang, Semarang, dan Medan. Selain itu, Bandara Internasional Husein Sastranegara juga melayani sejumlah rute penerbangan luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam.

Fasilitas transportasi lain yang menghubungkan kota Bandung dengan beberapa kota di Indonesia adalah stasiun kereta api. Stasiun Kereta Api Bandung setiap hari melayani kelas bisnis dan eksekutif untuk rute perjalanan ke beberapa kota besar di Pulau Jawa, yaitu Jakarta, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Sedangkan Stasiun Kiaracondong melayani kelas ekonomi untuk rute perjalanan Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.






Hotel Di Bandung

Seiring dengan perkembangan industri pariwisata di Bandung, juga berkembang industri perhotelan yang merupakan segmen bisnis pendukung kegiatan wisata. Pertumbuhan hotel di Bandung juga cukup signifikan, hal ini tentu menjadikan alternatif tempat penginapan di Paris Van Java semakin banyak. Tentu saja hal ini memberikan keuntungan bagi wisatawan, bisa memiliki kualitas layanan dan fasilitas terbaik, dengan harga yang bersaing. Berikut ini kami sajikan ulasan beberapa Hotel Di Bandung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.