Minggu, Maret 22, 2015

Museum Affandi Yogyakarta

Museum Affandi merupakan salah satu museum yang mengoleksi karya seni lukis, terutama karya pelukis terkemuka di Indonesia, Affandi. Museum ini berlokasi di Jalan Solo Km. 5, atau Jalan Laksda Adisucipto No. 167, Sleman, Yogyakarta 55281. Affandi adalah seorang pelukis legendaris Indonesia yang dilahirkan pada tahun 1907 di Cirebon, Jawa Barat, dan meninggal di Yogyakarta pada tanggal 23 Mei 1990.

Lukisan hasil karya Affandi tidak hanya diakui oleh Indonesia, tetapi juga seluruh dunia. Saat ini, sebagian karya pelukis legendaris ini disimpan dalam Museum Affandi Yogyakarta, yang dibangun di area seluas 3.500 meter persegi. Jika Anda berencana mengadakan liburan ke Jogja, museum ini bisa menjadi salah satu alternatif sebagai tempat wisata yang akan dikunjungi.

Museum Affandi terdiri atas beberapa bangunan dan galeri, termasuk rumah tempat tinggal Sang Pelukis yang cukup fenomenal, dengan atap berbentuk daun pisang. Rumah tersebut terdiri atas dua lantai, dimana lantai bawah difungsikan sebagai ruang tamu, dan lantai atas sebagai kamar pribadi. Semenjak difungsikan sebagai museum, rumah pribadi tersebut difungsikan sebagai Cafe Loteng, yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Museum ini dibangun secara bertahap, dengan desain dan arsitektur bangunan dirancang oleh Affandi sendiri.

Museum Affandi memiliki koleksi sebanyak 300 buah lukisan Affandi dan beberapa lukisan dari para pelukis ternama lainnya, seperti asuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Muchtar Apin.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat koleksi lukisan hasil karya keluarga Affandi, seperti lukisan karya Maryati Affandi, istri Affandi; Kartika Affandi, putri Affandi; Juki Affandi, putra bungsu Affandi; dan Didit Slenthem, cucu Affandi. Selain menyimpan lukisan sebagai koleksi utama, juga terdapat karya seni lain, yaitu berupa patung karya Amrus Natalsya, dan cukil kayu poles karya keluarga Tjokot.

Museum Affandi Yogyakarta

Museum Affandi dirintis sendiri oleh Sang Pelukis dengan biaya pribadi hasil penjualan lukisan-lukisannya. Pembangunan pertama adalah Galeri I yang diresmikan pada tahun 1974 oleh Direktur Kebudayaan Umum, Prof. Ida Bagus Mantra. Selanjutnya pemerintah Republik Indonesia memberikan fasilitas dan bantuan untuk pembangunan Galeri II, dilaksanakan pada tahun 1987 dan diresmikan tahun 1988 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Fuad Hasan.




Pada tahun 1999, yayasan Affandi menambah Galeri di museum tersebut, yang diberinama Galeri II dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tahun 2000. Dan pembangunan Galeri IV dilaksanakan pada tahun 2002 untuk memamerkan lukisan keluarga-keluarga Affandi.

Referensi :

http://www.affandi.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.