Kamis, Maret 05, 2015

Tempat Wisata Observatorium Bosscha, Bandung

Observatorium Bosscha adalah tempat penelitian dan pengamatan bintang di Indonesia yang dibangun untuk memajukan astromoni. Merupakan satu-satunya obsevatorium di Indonesia, dan hingga saat ini masih berfungsi sebagaimana mestinya, terus melakukan pengamatan dan penelitian perbintangan. Bisa dikatakan, bahwa tempat penelitian dan pengamatan bintang ini memiliki sejarah yang cukup panjang semenjak pendiriannya.

Observatorium Bosscha merupakan lembaga yang memiliki program khusus, terutama untuk memajukan ilmu pengetahuan di bidang astronomi, berada di bawah pengelolaan Fakultas MIPA Institut Teknologi Bandung. Untuk melaksanakan program-program yang telah direncanakan, observatorium ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, untuk memberikan layanan pendidikan, terutama bagi program sarjana dan pascasarjana ITB.

Observatorium Bosscha mengemban tugas pengabdian kepada masyarakat, mendukung program pendidikan, dan melakukan penelitan serta pengembangan ilmu astronomi di Indonesia. Lembaga penelitian dan pengamatan astronomi ini memberikan layanan dalam bentuk diskusi, ceramah, dan melayani kunjungan masyarakat yang ingin melihat teropong benda-benda langit. Masyarakat akan diperkenalkan terhadap benda-benda langit beserta deskripsi ilmiahnya. Selain menjalankan tugas dan fungsinya, keberadaan Observatorium Bosscha juga berperan sebagai penegak ilmu astronomi di indonesia. Disamping memiliki peran besar dalam ilmu astronomi, Observatorium Bosscha juga termasuk dalam kategori Benda Cagar Budaya, sehingga pada tahun 2008 pemerintah menetapkannya sebagai Objek Vital Nasional.

Sejarah Observatorium Bosscha

Didirikan pada tahun 1923 oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) dengan nama Bosscha Sterrenwacht. Nama tersebut diambil dari seorang tuan tanah di perkebunan teh, bernama Karel Albert Rudolf Bosscha. Ia berjasa dalam pembangunan obesrvatorium tersebut sebagai penyandang dana. Sehingga NISV memberikan nama Bosscha sebagai bentuk penghargaan atas jasa yang diberikan. Pembangunan selesai dalam waktu lima tahun, dan baru dipublikasikan pada tahun 1933. Operasi sempat dihentikan akibat Perang Dunia II, dan terjadi kerusakan yang cukup parah. Renovasi baru dilakukan setelah Perang Dunia II selesai.

Observatorium Bosscha

Foto Gedung Observatorium Bosscha


Pengelolaan Bosscha baru diberikan kepada pemerintah Republik Indonesia baru diserahkan oleh NISV pada tanggal 17 Oktober 1951, dan selanjutnya menjadi bagian ITB pada tahun 1959. Semenjak berada dibawah pengelolaan ITB, Bosscha difungsikan sebagai lembaga penelitan dan pendidikan astronomi di Indonesia.




Beberapa topik yang sering dijadikan sebagai bahan kajian antara lain Kosmologi, Struktur Galaksi, Bintang Ganda Visual, Bintang Ganda Dekat, Bintang Variabel, Evolusi Bintang Spektroskopi Bintang dan Planet, Dinamika dan Pembentukan Tata Surya, dan Matahari.

Referensi :

http://bosscha.itb.ac.id/


Baca artikel lain tentang Tempat Wisata Di Bandung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.