Jumat, Maret 20, 2015

Tempat Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta merupakan tempat wisata yang berada di jantung kota Jogja, yaitu di kawasan Benteng Vredeburg, Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. Taman Pintar Yogyakarta merupakan wahana rekreasi yang dikemas dengan konsep wisata edukasi, sehingga selain menyediakan wahana dan fasilitas bermain, juga menawarkan wahana belajar, terutama bagi anak-anak. Diberi nama Taman Pintar, karena memang diharapkan tempat ini menjadi wahana rekreasi sekaligus fasilitas untuk memperdalam pemahaman materi pendidikan yang diterima di sekolah, terutama berkaitan dengan perkembangan teknologi.






Tempat wisata ini sangat cocok untuk memanjakan putra-putri Anda selama berlibur di kota Yogyakarta. Salah satu nilai lebih Taman Pintar Yogyakarta adalah terdapat akses langsung ke pusat buku, sehingga semakin menguatkan nuansa edukasi. Saat ini, Taman Pintar menjadi tempat wisata favorit, baik bagi masyarakat Yogyakarta maupun wisatawan dari luar kota. Pengunjung bisa mencoba fasilitas pendidikan dengan teknologi interaktif digital sehingga dapat meningkatkan minat anak-anak terhadap dunia teknologi. Taman Pintar Yogyakarta menyediakan sebanyak 3.500 alat peraga pendidikan dan permainan edukatif, serta memiliki 35 zona bermain.

Sejarah Berdirinya Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta didirikan atas inisiatif dan ide Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tahun 1990-an, terutama di bidang teknologi informasi. Memang, perkembangan teknologi informasi di satu sisi berperan besar dalam menghantarkan manusia menuju era baru, sebuah era tanpa batas. Tentunya perkembangan tersebut patut disikapi secara positif, sehingga generasi mendatang bisa memetik manfaatnya, terutama berkaitan dengan perbaikan kualitas hidup dan kemudahan-kemudahan dalam banyak hal.

Pemerintah Kota Yogyakarta mencoba untuk menyambut fenomena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mendirikan Taman Pintar, yang berfungsi sebagai tempat rekreasi sekaligus wahana belajar, terutama bagi anak-anak usia pra-sekolah dan siswa sekolah. Target pembangunan tempat wisata ini adalah untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan kepada anak-anak sejak dini, sehingga bisa merangrang kreativitas dan imaginasi anak-anak.

Taman Pintar Yogyakarta

Peta Lokasi Taman Pintar Yogyakarta


Gedung Taman Pintar Yogyakarta merupakan bangunan eks kawasan Shopping Center. Pemilihan lokasi tersebut bertujuan untuk menjaga keterkaitan antara Taman Pintar dengan wahana wisata edukasi lain di kawasan tersebut, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung.






Relokasi area Shopping Center dilaksanakan pada tahun 2004, dan pembangunannya dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu:
  • Pembangunan Tahap I
    Pembangunan area Playground serta gedung PAUD Barat dan Timur yang diresmikan dalam soft opening pada tanggal 20 Mei 2006 oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Bambang Soedibyo.
  • Pembangunan Tahap II
    Pda tahap ini, dibangun Gedung Oval lantai I dan II, serta Gedung Kotak lantai I. Peresmian dilaksanakan dengan Soft Opening II, pada tanggal 9 Juni 2007, oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, yang dihadiri oleh Menteri Riset dan Taknologi Republik Indonesia, Kusmayanto Kadiman, dan Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Pembangunan Tahap III
    Merupakan pembangunan tahap akhir, dengan menyelesaikan Gedung Kotak lantai II dan III, serta pembangunan Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia. Peresmian dilakukan dengan Grand Opening oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada tanggal 16 Desember 2008.

Area Taman Pintar

Taman Pintar memiliki beberapa area utama, yang meliputi Area Playground, Gedung PAUD Barat dan Timur, Gedung Oval dan Gedung Kotak, Gedung Memorabilia, dan Planetarium. Area Playground menyediakan berbagai macam wahana bermain yang menyenangkan, dan dapat diakses secara gratis oleh pengunjung. Anda bisa memanjakan anak-anak di area ini. Sedangkan Gedung PAUD Barat dan Timur menyediakan alat peraga edukasi, terutama bagi anak-anak pra-TK hingga TK. Untuk pengunjung Dewasa, bisa langsung menuju ke Gedung Oval dan Gedung Kotak, yang menyediakan berbagai macam alat peraga berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai sejarah nasional secara umum serta sejarah Kasultanan dan Palu Alaman Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi Gedung Memorabilia. Di gedung tersebut juga terdapat sejarah singkat beberapa tokoh nasional, termasuk tokoh-tokoh yang berperan dalam pendidikan. Gedung Planetarium merupakan wahana petunjukan film tentang antariksa dan tata surya.






Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Pintar_Yogyakarta

http://www.tamanpintar.com

2 komentar:

  1. taman pintar memang menjadi tempat wisata yang baik bagi anda yang sedang berwisata bersama buah hati anda. selain berwisata di taman pintar buah hati anda belajar tentang berbagai macam ilmu pengetahuan yang bisa mengasah atau merangsang otak mereka supaya lebih peka dan mengerti hal hal atau situasi disaat kelak mereka tumbuh. hotel murah di jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taman Pintar Yogyakarta memang menjadi tempat wisata yang sangat ideal untuk memanjakan putra-putri Anda. Tak hanya memberikan kegembiraan bagi anak-anak, tetapi juga memberikan tambahan pengetahuan dalam segala bidang.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.