Selasa, Maret 24, 2015

Tempat Wisata Alam Goa Pindul Jogja

Goa Pindul merupakan salah satu tempat wisata alam di Jogja yang saat ini popularitasnya sedang melambung baik dikalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Objek wisata alam ini berupa goa di bukit kapur yang berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter dan memiliki lebar hingga 5 meter. Sepanjang goa tersebut dialiri sungai dengan kedalaman antara 5-12 meter. Jarak dari permukaan air ke atap goa kurang lebih 4 meter. Terdapat satu lubang cahaya yang cukup besar pada bagian atap di dalam goa, sehingga memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam goa. Kondisi ini membuat area di sekitar lobang menjadi terang, dan area remang pada radius yang lebih luas di bawah lubang.

Adanya cahaya yang memasuki ruangan tersebut membuat area di dalam lorong Goa Pindul dibagi tiga zona, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Lubang di atap goa ini memang membuat suasana semakin menakjubkan, warga setempat menyebutnya dengan istilah sumur terbalik. Anggota Tim SAR sering mengadakan latihan dengan memasuki goa melalui lubang atap ini. Zona terang merupakan area yang cukup luas, wisatawan bisa merasakan sensasi berenang di dalam goa.

Cavetubing Goa Pindul

Adanya aliran sungai di sepanjang lorong goa ini membuat para pengunjung yang ingin menyusuri bagian dalam gua harus menggunakan alat bantu, berupa ban dalam mobil. Ya, layaknya arung jeram yang menggunakan perahu karet untuk menyusuri sungai, penuh dengan sensasi dan tantangan. Kegiatan menyusuri aliran sungai di Goa Pindul ini memang sangat populer, wisatawan biasa menyebutnya dengan istilah Cavetubing. Aliran air yang cukup tenang membuat kegiatan Cavetubing ini lebih aman, dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Bahkan anak kecil dan wanita hamil juga ada yang pernah menjajal sensasi Cavetubing Goa Pindul.

Stalaktit Goa Pindul Yang Luar Biasa

Tak hanya sensasi menyusuri goa dengan Cavetubing saja yang menjadi daya tarik Goa Pindul. Di tempat wisata ini pengunjung juga akan terperangah dan terkagum-kagum melihat bagian dalam goa. Terutama pada bagian dinding dan langit-langit goa yang dipenuhi dengan stalaktit, sehingga tampak seperti ornamen yang sangat indah. Di goa ini terdapat stalaktit yang berukuran sangat besar, kurang lebih sebesar lima rentangan tangan orang dewasa. Stalaktit ini sudah menyatu dengan stalakmit, sehingga tampak membentuk sebuah tiang raksasa, masyarakat setempat biasa menyebutnya sebagai Soko Guru. Konon stalaktit besar di Goa Pindul menduduki peringkat nomor empat terbesar di dunia. Keindahan stalaktit di Goa Pindul memang luar biasa, tidak hanya diakui oleh wisatawan lokal, tetapi juga oleh wisatawan dari berbagai negara.

Goa Pindul

Tak hanya stalaktit Soko Guru saja yang menjadi perhatian dan daya tarik pengunjung, ada juga stalaktit puting yang mengeluarkan tetesan air dan konon bisa membuat wsanita awet muda. Bukan hanya untuk kaum hawa saja, para pria juga bisa mengunjungi stalaktit jantan, yang konon bisa membuat Anda semakin perkasa.




Akses Menuju Goa Pindul

Cara terbaik untuk menuju ke objek wisata Goa Pindul adalah menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Dari arah Yogyakarta Anda bisa melalui rute Jalan Wonosari. Ikuti ruas jalan tersebut hingga melewati kawasan hutan Tleseh. Setelah melewati hutan tersebut, Anda akan menemukan pertigaan Gading, pilih arah lurus menuju ke Kota Wonosari. Memasuki wilayah Kota Wonosari, terdapat sebuah gerbang bertuliskan Selamat Datang. Kurang lebih 700 meter dari gerbang tersebut terdapat Bunderan Siyono, ambil ke arah kiri. Melalui ruas jalan ini hingga tiba di sebuah pertigaan, ambil ke arah kanan hingga lampu merah. Dari lampu merah tersebut, ambil arah lurus. Sampai di perempatan, tetap ambil yang arah lurus hingga tiba di pertigaan desa Bejiharjo, kemudian belok ke arah kiri. Dari jalan ini, banyak petunjuk jalan yang akan memandu Anda menuju ke Goa Pindul.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.