Senin, Maret 16, 2015

Tempat Wisata Alas Kedaton Bali

Alas Kedaton merupakan tempat wisata yang sangat populer di Bali, berupa hutan kecil dengan luas kurang lebih 12 hektare yang dikenal juga dengan nama Alas Kedaton Monkey Forest. Disebut monkey forest atau hutan kera karena memang Alas Kedaton menjadi populasi ratusan kera. Diperkirakan lebih dari 400 ekor kera hidup di kawasan Taman Wisata Alam Alas Kedaton. Selain itu, Alas Kedaton juga menjadi tempat hidup kelelawar besar atau kalong, yang benyak terlihat bergelantungan di pohon-pohon besar.

Ratusan monyet ini akan menyambut kedatangan wisatawan saat memasuki area hutan. Meskipun hidup di alam liar, namun karena sering berinteraksi dengan manusia, maka kera-kera ini sudah jinak, beberapa kera bahkan berani mendekati pengunjung. Namun, Anda tetap harus hati-hati, terkadang kera di Alas Kedaton akan merebut makanan yang dibawa pengunjung. Tak hanya itu, mereka juga tertarik dengan benda-benda mengkilap, seperti kamera, jam tangan, perhiasan, dsb. Sebaiknya Anda menyembunyikan benda-benda tersebut agar tidak terlihat.

Pura Suci Alas Kedaton

Di tengah-tengah hutan, terdapat sebuah pura bersejarah peninggalan Hindu kuno yang diberi nama Pura Dalem Kahyangan Kedaton. Pura tersebut dibangun oleh Mpu Kuturan atau Mpu Rajakertha pada masa pemerintahan Raja Masula Masuli Cri. Posisi Pura Alas Kedaton menghadap ke Barat, memiliki empat buah gerbang sebagai pintu keluar/masuk. Struktur bangunannya cukup unik, posisi halaman dalam yang disebut Jeroan atau Mandala Utama lebih rendah dari halaman tengah yang disebut Mandala Madya. Struktur bangunan tersebut tidak seperti bangunan pura pada umumnya di Bali, yang memiliki bangunan utama lebih tinggi dari halaman tengah.


Bangunan Suci dan Patung di Pura Alas Kedaton

Pura Dalem Kahyangan memiliki bangunan suci (pelinggih), lingga (Phallus), dan beberapa buah patung, yaitu patung Durgha Mahisacura Mardhani yang memiliki 8 buah tangan dan berdiri di atas patung banteng, serta patung Ganesha yang memiliki satu buah gading (ekadanta), duduk di atas teratai dan dua naga.

Wisata Alas Kedaton Bali

Pura Alas Kedaton Bali (Pura Dalem Kahyangan)


Upacara atau piodalan di Pura Alas Kedaton dilaksanakan setiap hari Selasa (Anggara Kasih), yaitu dua puluh hari setelah Hari Raya Galungan. Upacara dilaksanakan pada siang hari dan selesai sebelum matahari terbenam, karena tidak diijinkan menggunakan lampu. Penyelenggaraan upacara di Pura Dalem Kahyangan memang agak berbeda dengan penyelenggaraan upacara di pura-pura pada umumnya. Di pura ini tidak menggunakan dupa dan kwangen selama proses ritual. Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan penyelenggaraan tradisi Ngerebeg.




Pariwisata Alas Kedaton

Alas Kedaton merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal di Bali, khususnya di wilayah Tabanan. Tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional, terutama pada hari libur. Pengunjung biasanya akan dikawal oleh pemandu lokal yang memahami daerah sekitar hutan, untuk melihat-lihat pura dan kawasan hutan sekitarnya. Tidak jauh dari tempat wisata ini terdapat banyak kios yang menjual souvenir, serta fasilitas taman bermain untuk anak-anak, dan fasilitas lainnya. Alas Kedaton merupakan tempat wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga.

Baca : Daftar Tempat Wisata Di Bali.

2 komentar:

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.