Sabtu, Maret 21, 2015

Tempat Wisata Goa Selarong Jogja

Nama Gua Selarong sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, pasalnya tempat ini merupakan salah satu saksi sejarah perjuangan Pangeran Dipenegoro dalam melawan penjajah Belanda. Sebagian besar masyarakat Indonesia telah mengenal nama Gua Selarong melalui pelajaran sejarah di sekolah.

Ya, benar sekali, gua ini memiliki ikatan historis terutama bagi masyarakat Yogyakarta dan Indonesia pada umumnya. Gua Selarong berlokasi di Dusun Kembang Putihan, Desa Guwosari Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Berada di sebuah perbukitan batu padas, dan menjadi markas besar Pangeran Diponegoro dalam perang melawan Belanda yang dikenal dengan istilah Perang Jawa (1825-1830).

Tempat ini dijadikan sebagai markas setelah rumah Pangeran Diponegoro di Tegalrojo dibakar oleh Belanda dibawah pimpinan asisten Residen Chevallier pada tanggal 21 Juli 1825. Dalam tragedi tersebut, Pangeran Diponegoro berhasil meloloskan diri, kemudian membangun sebuah markas di sekitar Selarong yang memang telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Setelah berita pembakaran rumah Pangeran Diponegoro sampai keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, banyak para bangsawan istana yang notabenenya merupakan keturunan Sultan Hamengkubuwono I, meninggalkan istana dan bergabung dengan Pangeran Diponegoro untuk melawan Belanda. Tidak tanggung-tanggung, kurang lebih sebanyak 77 orang bangsawan beserta pengikutnya bergabung ke Gua Selarong.

Diantara bangsawan-bangsawan yang bergabung dengan Diponegoro dan namanya sudah tidak asing lagi dalam sejarah nasional adalah Pangeran Mangkubumi, Pangeran Adinegoro, Pangeran Panular, Adiwinoto Suryodipuro, Blitar, Kyai Mojo, Pangeran Ronggo, Ngabei Mangunharjo, dan Pangeran Surenglogo. Mereka menjadi panglima yang memimpin pasukan selama Perang Jawa berlangsung.

Selarong merupakan kawasan strategis yang berada di kaki bukit kapur, hanya berjarak kurang lebih 9 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Gua Selarong menjadi pusat pembentukan batalyon serta penyusunan taktik dan strategi selama Perang Jawa berlangsung. Setidaknya lima orang bangsawan istana memimpin langsung markas Gua Selarong, mereka adalah Pangeran Mangkubumi, Pangeran Angabei Jayakusuma, Alibasah Sentot Prawirodirjo, Kyai Maja, dan Pangeran Diponegoro sendiri sebagai pimpinan markas.

Wisata Goa Selarong Jogja

Belanda telah melakukan berbagai upaya untuk menangkap Diponegoro, dan telah menghabiskan biaya yang sangat besar untuk mengatasi taktik gerilya pasukan Diponegoro. Gua Selarong sebagai markas besar Perang Jawa telah tiga kali diserang oleh Belanda, tetapi selalu gagal menangkap Pangeran Diponegoro.




Wisata Gua Selarong

Saat ini Gua Selarong menjadi salah satu objek wisata populer di Jogja yang menawarkan pesona pemandangan alam dengan rimbunya pepohonan tropis yang tumbuh di daerah berbukit kapur. Selain menikmati keindahan alam di daerah perbukitan kapur, wisatawan juga bisa merefleksikan diri jauh ke masa lampau saat Gua Selarong dijadikan sebagai markas besar Perang Jawa. Banyak juga pengunjung yang bertujuan untuk melakukan meditasi atau ritual-ritual lainnya, sehingga tak mengherankan jika Gua Selarong juga dikenal sebagai objek wisata religi. Saat ini, Gua Selarong juga sedang dikaji untuk dikembangkan sebagai objek agrowisata, dengan tanaman klengkeng sebagai daya tarik dan nilai jual utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.