Senin, April 13, 2015

Alun-Alun Kota Batu

Kota Batu adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Timur dan merupakan kota wisata yang cukup populer, baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kota Batu berada tidak jauh dari Kota Malang yang juga merupakan destinasi wisata unggulan Jawa Timur, hanya berjarak kurang lebih 15 kilometer di sebelah barat, dan berada di jalur Malang-Kediri dan Malang Jombang. Memang, Kota Batu yang berada di ketinggian 680-1.200 meter di atas permukaan laut ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang. Sebagai daerah dataran tinggi, Kota Batu memiliki udara sejuk, dengan suhu udara rata-rata 15-19 derajat celcius. Oleh karena itulah Kota Batu sering dijadikan sebagai tempat liburan, terutama bagi warga masyarakat perkotaan yang menginginkan daerah sejuk, tenang, jauh dari hiruk-pikuk kegiatan sehari-hari.






Tumbuh sebagai kota wisata, Kota Batu tentu banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kalangan. Tak mengherankan jika pemerintah setempat mencoba untuk mengoptimalkan daerah-daerah strategis sebagai destinasi menarik, salah satunya adalah Alun-alun Kota Batu. Untuk meningkatkan daya tarik bagi masyarakat, Pemerintah Kota Batu telah merenovasi kawasan alun-alun yang saat ini menjadi salah satu ikon wisata baru di Kota Batu. Semenjak direnovasi, Alun-alun Kota Batu dibuka kembali untuk umum dan berkembang menjadi destinasi wisata yang cukup populer, baik oleh masyarakat setempat maupun wisatawan dari berbagai daerah. Saat ini Alun-alun Kota Batu menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang dilengkapi dengan wahana Ferris Wheel atau lebih dikenal dengan nama Bianglala. Tentu saja destinasi wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, seperti mini playground untuk anak-anak, toilet berbentuk buah apel raksasa, hingga no smoking area.

Alun-Alun Kota Batu

Suasana di Alun-alun Kota Batu


Tepat di tengah-tengah alun-alun, pemerintah setempat meletakkan patung apel sebagai simbol lain Kota Batu, selain sebagai kota wisata. Tak hanya itu, di salah satu sudutnya juga terdapat air mancur yang sering dijadikan sebagai tempat atraksi tersendiri, banyak anak-anak yang bermain basah-basahan di area air mancur ini. Untuk memudahkan leyanan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung, telah disediakan fasilitas ruang informasi berbentuk buah strawberry sangat besar. Pengunjung juga bisa duduk-duduk di tengah alun-alun sambil menikmati air mancur untuk melepas lelah setelah berkeliling Kota Batu.






Daya tarik lain Alun-alun Kota Batu adalah terdapatnya fasilitas pusat perbelanjaan. Ya, tepat di depan alun-alun terdapat pusat perbelanjaan populer, Plaza Batu. Wisatawan bisa berkeliling melihat-lihat dan berbelanja aneka barang di Plaza Batu, kemudian melepas lelah sembari bersantai di Alun-alun Kota Batu.

Menikmati suasana malam di Alun-alun Kota Batu sembari berkhayal ditemani taman lampion sangat indah memang merupakan sensasi tersendiri. Tak sekedar menyediakan fasilitas-fasilitas menarik bagi wisatawan, di Alun-alaun Kota Batu juga sering diselenggarakan acara pentas seni, seperti pertunjukan musik live. Artis-artis papan atas yang pernah menggelar konser di Alun-alun Kota Batu antara lain d''Masiv, Ahmad Dhani, Mulan Jameela, dan masih banyak lagi. Selain itu, musisi Yogyakarta yang tergabung dalam Saunine Orchestra juga sering mengadakan pertunjukan di tempat wisata ini.






Dengan segudang fasilitas dan daya tariknya, Alun-alun Kota Batu menjadi tempat wisata gratis, murah meriah, namun tetap diminati oleh pengunjung. Tak jarang, wisatawan yang bermalam di Kota Batu selalu menyempatkan diri untuk menikmati malam di alun-alaun.

Baca artikel lain tentang Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.