Selasa, April 21, 2015

Daftar Tempat Wisata Di Garut Untuk Liburan

Garut merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, Tasik Malaya, Samudera Hindia, Cianjur, dan Bandung. Kabupaten Garut memiliki posisi strategis, berdekatan dengan Bandung, ibukota Jawa Barat, serta berperan sebagai penyangga dan hinterland bagi pengembangan wilayah Bandung Raya. Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi dan pegunungan, sedangkan sebagian kecil, terutama di bagian selatan, merupakan dataran rendah dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Beberapa gunung di Garut antara lain Gunung Papandayan, Gunung Guntur, serta Gunung Cikuray.






Garut juga dikenal sebagai daerah yang memiliki produk dan makanan khas, sehingga tak mengherankan jika kuliner Garut begitu populer, banyak wisatawan yang selalu memawa jajanan khas Garut sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Beberapa kuliner khas Kabupaten Garut, baik berupa makanan maupun minuman, diantaranya adalah Dodol Garut, Ladu Malangbong, Kerupuk Kulit (Dorokdok Garut), Pindang Ikan, Sambal Cibiuk, dan Es Goyobod. Selain kuliner, Garut juga dikenal sebagai daerah penghasil beberapa produk, seperti Jaket Kulit, Batik Tulis Garutan, Kerupuk Kulit (Dorokdok), Minyak Akar Wangi, Boboko Samarang, serta Batu Akik Hias Bungbulang.

Bagi warga Jakarta, Garut menjadi salah satu alternatif tempat wisata untuk berekreasi dan melepas lelah setelah larut dalam hiruk-pikuk dan kesibukan di ibukota. Kabupaten Garut memang memiliki potensi wisata cukup besar, baik wisata alam, hiburan, hingga wisata pantai. Berikut kami sajikan sejumlah TEMPAT WISATA DI GARUT yang cukup populer dan banyak diminati oleh wisatawan, terutama dari ibukota, Jakarta.






Daftar Tempat Wisata Di Garut


Tempat Wisata Di Garut

Pantai Santolo

Pantai Santolo merupakan pantai terpopuler di Garut, secara administratif masuk dalam wilayah di Kecamatan Cikelet, berada di kawasan Garut Selatan. Dari Garut Kota berjarak sekitar 88 kilometer, dengan waktu perjalanan kurang lebih 3,5 jam. Pantai Santolo termasuk salah satu tempat wisata paling terkenal di Garut dengan daya tarik utama pesona pemandangan laut dan keanekaragaman biota lautnya. Selain menikmati panorama yang benar-benar memanjakan mata, wisatawan juga dapat mencicipi kuliner khas daerah setempat, yaitu makanan laut segar dengan cara penyajian sederhana. Di tempat wisata ini juga terdapat fasilitas untuk penginapan, serta kios-kios penjual cinderamata.

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya juga merupakan destinasi wisata populer di wilayah Garut. Berada di kawasan pesisir selatan Pulau Jawa, sehingga memiliki gelombang ombak sangat besar. Terdapat banyak batu-batu karang di Pantai Rancabuaya, menyuguhkan sebuah pesona pemandangan laut begitu memukau. Keberadaan batu-batu karang di tempat wisata ini memang merupakan daya tarik utama bagi wisatawan. Terlebih lagi adanya tebing batu sangat tinggi, sehingga menyajikan pemandangan yang benar-benar langka. Selain itu, Pantai Rancabuaya juga memiliki air terjun yang langsung menghadap ke laut, dan tentu saja semakin melengkapi keagungan panorama alamnya. Karena merupakan pantai berbatu karang, serta memiliki gelombang ombak sangat besar, tempat wisata ini kurang cocok untuk berenang. Secara administratif Pantai Rancabuaya masuk dalam wilayah Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa barat, Indonesia.






Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha berada di wilayah Garut Selatan, merupakan tempat wisata menarik bagi keluarga. Tempat wisata ini menawarkan keindahan pemandangan laut dan perbukitan. Sebuah perpaduan panorama sangat menawan. Menyuguhkan keindahan panorama alam begitu eksotis, sehingga berlibur di pantai ini benar-benar merasakan suasana romantis, seakan membawa kita untuk bernostalgia saat masa muda. Secara administratif, tempat wisata ini berada di wilayah Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, berada di dekat Pantai Rancabuaya yang juga merupakan tempat wisata andalan Garut. Dari pusat kota Garut, hanya berjarak sekitar 13 kilometer.

Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje merupakan tempat wisata yang menyuguhkan perpaduan antara pesona pemandangan laut dengan gugusan batu karang dan keindahan matahari terbenam atau sunset yang tampak begitu jelas. Oleh karena itu, pantai ini cukup ramai pengunjung, terutama pada sore hari. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan untuk menunggu momentum matahari terbenam, seperti bermain pasir, jalan-jalan dan bersantai sembari manikmati pemandangan di sekitar pantai, atau mengabadikan kunjungan dengan mencari spot-spot menarik untuk berfoto. Selain itu, bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing, juga dapat menyalurkan hobi tersebut di sekitar pantai. Pantai Karang Paranje memang belum begitu dikenal sebagai salah satu tempat wisata, oleh karena itu, kebanyakan wisatawan yang berkunjung adalah wisatawan lokal.

Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah merupakan salah satu pantai yang sudah dikelola secara profesional sebagai tempat wisata oleh Kompepar Yayasan Cijeruk Indah. Secara administratif tempat wisata ini masuk dalam wilayah Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, berbatasan dengan Desa Singaraja, Desa Karyasari , dan Cipatujah. Selain difungsikan sebagai objek wisata, lahan di kawasan Pantai Cijeruk Indah juga digunakan untuk perkebunan dan hutan karet. Akses jalan menuju lokasi wisata cukup baik, dengan pemandangan indah di sepanjang perjalanan. Beberapa kegiatan pariwisata di sekitar pantai antara lain berperahu, memancing, fotografi, berjemur, dan menikmati keindahan panorama laut. Memang, Pantai Cijeruk Indah menjadi tempat wisata andalan Kabupaten Garut, karena potensi keindahan panorama alamnya yang begitu memukau.

Taman Satwa Cikembulan

Taman Satwa Cikembulan merupakan kebun binatang kecil di Garut, namun memiliki koleksi satwa cukup lengkap. Taman satwa ini memang sengaja dirancang sebagai tempat rekreasi, sehingga selain menampilkan berbagai koleksi binatang, juga dilengkapi wahana permainan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa wahana bermain di tempat wisata ini antara lain naik kuda, bebek air, ATV Road dan mobil kecil untuk anak-anak. Taman Satwa Cikembulan menjadi salah satu tempat wisata alternatif untuk keluarga. Selain mudah dijangkau, juga menjadi tempat yang cocok untuk memperkenalkan dunia binatang kepada anak-anak. Taman Satwa Cikembulan berada di Kampung Jati, Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Situ Bagendit

Situ merupakan bahasa Sunda, berarti danau, terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat. Situ Bagendit merupakan sebuah danau yang memiliki pemandangan alam sangat memukau. Tak mengherankan jika tempat wisata ini menjadi begitu populer, baik dikalangan wisatawan lokal maupun dari berbagai daerah. Selain menikmatik keindahan panorama yang mengelilingi danau, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas lain, seperti bersepeda air, mengelilingi danau menggunakan perahu atau rakit, dan bersantai sembari menikmati sejuknya angin yang berhembus di sela-sela pepohonan. Selain fasilitas rekreasi air, juga terdapat kereta api mini dan kolam renang di sekitar tempat wisata. Tata ruang kawasan wisata Situ Bagendit memang sudah dirancang sangat baik oleh Dinas Pariwisata setempat, sehingga mampu menghadirkan suasana sangat nyaman, jauh dari kebisingan. Situ Bagendit, merupakan tempat wisata pilihan bagi keluarga.

Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas merupakan objek wisata alam yang berada di daerah pegunungan, sehingga topografi kawasan tersebut berbukit-bukit dengan kemiringan cukup curam, dan tentu saja menghadirkan pemandangan luar biasa, sangat fantastis. Tempat wisata ini berada di Cipanas, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut. Pemandian air panas ini memiliki suhu berkisar antara 37-46 derajat celcius, sehingga sangat cocok untuk meregangkan otot-otot kaku agar tubuh kembali bugar. Terdapat beberapa kolam air panas di pemandian ini, termasuk kolam kecil untuk anak-anak. Tempat wisata ini memiliki luas area sekitar 9.335 meter persegi, selain kolam-kolam air panas, juga terdapat taman rekreasi sangat indah. Pemandian Air Panas Cipanas menjadi destinasi cukup populer, terutama bagi warga Jakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.