Jumat, April 24, 2015

Daftar Tempat Wisata Di Kediri Untuk Liburan

Kediri merupakan nama kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kota Kediri seluas 63,40 km² merupakan ibukota Karesidenan Kediri dan pusat perdagangan gula maupun rokok. Gudang Garam, salah satu pabrik rokok terbesar di tanah air berada di kota ini. Reputasinya dalam dunia perdagangan tidak diragukan lagi, terbukti pada tahun 2010 Kota Kediri terpilih sebagai peringkat pertama Indonesia Most Recommended City for Investment, dalam survey yang dilakukan oleh SWA.

Sementara itu Kabupaten Kediri dengan luas wilayah sekitar 963,21 km² merupakan salah satu wilayah penting pada masa Kerajaan Kediri, yaitu kerajaan Hindu pada abad ke 11, yang mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Jayabaya. Pada masa puncak kejayaannya, dibawah pimpinan Raja Jayabaya, pengaruh Kerajaan Kediri sampai ke wilayah Ternate. Situs Tondowongso, artefak arkeologi yang ditemukan pada tahun 2007, sekitar 15 kilometer di sebelah timur Kota Kediri, menjadi bukti sejarah bahwa wilayah Kediri saat ini menjadi bagian Kerajaan Kediri, sebagai salah satu kawasan pemukiman penting.






Dalam bidang pariwisata, Kediri memang menjadi salah satu wilayah di Provinsi Jawa Timur yang memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan. Banyak tempat wisata menarik di Kediri yang bisa dijadikan sebagai alternatif liburan atau destinasi perjalanan bisnis Anda. Mulai dari tempat wisata keluarga, wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata kuliner bisa Anda temukan saat berkunjung ke Kediri. Berikut ulasan singkat sejumlah TEMPAT WISATA DI KEDIRI.

Tempat Wisata Di Kediri

Ulasan Singkat Tempat Wisata Di Kediri

Selain menjadi kota perdagangan, Kediri memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan sebagai kota wisata. Beberapa tempat wisata di Kediri yang banyak dikunjungi wisatawan dari barbagai daerah diantaranya adalah:

Kediri Gumul Paradise Island

Merupakan salah satu tempat wisata untuk keluarga, berupa taman wisata air atau water park, beralamat di Jalan Raya Totok Kerot, Kota Kediri, Jawa Timur. Dilengkapi dengan berbagai macam wahana bermain, sehingga menjadi tempat ideal untuk berekreasi bersama putra-putri Anda. Beberapa wahana bermain di Gumul Paradise Island antara lain kolam jamur, fun bumerang, speed slide, flying fox, dll. Manjakan putra-putri Anda dan temukan kegembiraan selama liburan di Gumur Paradise Island, Kediri. Tarif masuk tempat wisata di Kediri ini juga sangat terjangkau, yakni Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.






Kediri Waterpark

Kediri Waterpark merupakan tempat wisata air terbesar di Jawa Timur. Dibuka pada tahun 2014, ikut meramaikan industri pariwisata di Kediri. Kediri Waterpark menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Kediri. Salah satu daya tarik Kediri Waterpark adalah wahana water slide, yang merupakan water slide terpanjang di Asia, mencapai 206 meter. Dengan keunggulan tersebut, Kediri Waterpark menjadi salah satu destinasi wisata paling diburu. Tak hanya itu, tempat wisata ini juga menyediakan wahana Kediri Waterpark Family Adventures, di area seluas kurang lebih 6 hektare, sehingga untuk memudahkan pengunjung berpetualang di wahana tersebut, disediakan fasilitas shuttle bus. Keunggulan lain dari Kediri Waterpark adalah lokasinya berada di lereng Gunung Wilis, sehingga menghadirkan perpaduan sempurna antara taman wisata air dan panorama alam sangat menakjubkan.

Monumen Simpang Lima Kediri

Dikenal juga dengan naman Monumen Simpang Lima Gumul, merupakan ikon Kota Kediri dengan desain dan bentuk menyerupai Arc de Triomphe di Paris. Pembangunan monumen tersebut dimulai tahun 2003, memakan waktu selama beberapa tahun, sehingga peresmiannya baru dilakukan pada tahun 2008. Monumen Simpang Lima Kediri berada di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Selain berperan sebagai ikon Kota Kediri, Monumen Simpang Lima Gumul juga menjadi salah satu pusat perdagangan baru atau Central Business District di Kediri, sehingga bisa menjadi salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi. Sejumlah fasilitas juga ada di Monumen SLG, seperti convention hall, gedung serbaguna, terminal, bank daerah, pasar temporer, dan taman rekreasi air Gumul Paradise Island.






Taman Wisata Ubalan

Taman Wisata Ubalan merupakan sebuah tempat wisata menarik, menawarkan konsep wana wisata di tengah hutan lindung. Luas Taman Wisata Ubalan mencapai kurang lebih 12 hektare, secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Ubalan, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Menikmati kesejukan dan kesegaran udara di tengah-tengah hutan lindung, di bawah rindangnya pepohonan tropis, sungguh merupakan satu pengalaman sangat berkesan. Terlebih lagi di tempat wisata tersebut terdapat sumber mata air sangat jernih, dimana lokasi mata air tersebut sangat menakjubkan, benar-benar membuat suasana semakin damai. Selain menawarkan wana wisata, Taman Wisata Ubalan juga dilengkapi sejumlah fasilitas rekreasi untuk keluarga, seperti kolam pemancingan, taman bermain anak-anak, kolam renang, kolam untuk berperahu dan sepeda air, restoran, serta panggung hiburan. Dengan demikian, Taman Wisata Ubalan menjadi tempat wisata sangat menarik untuk dikunjungi, cocok untuk memanjakan putra-putri Anda bersama keluarga.

Museum Airlangga

Museum Airlangga Kediri didirikan pada tanggal 30 November 1991 dan diresmikan pada tanggal 6 Pebruari 1992. Tujuan pendirian museum adalah untuk menyimpan benda-benda purbakala penginggalan jaman kerajaan. Berbagai koleksi benda-benda kuno purba di Museum Airlangga antara lain Siva, Jambangan Batu, Siva Nandi, Yoni, Prasasti Batu, Brahma, Parvati, Makara, Ardhanari, dll. Beralamat di Jl.Mastrip No.1 Kota Kediri, selain berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai koleksi benda-benda purbakala, Museum Airlangga juga menjadi tempat wisata edukasi.

Situs Bung Karno

Situs Bung Karno adalah sebuah rumah dimana pernah menjadi tempat tinggal Bung Karno semasa kecil. Rumah tersebut milik RMP. Soemohatmodjo, seorang patih Ingkang Sinuwun Pakubuwana IX. Didirikan sekitar tahun 1850-an, kala itu sering disebut dengan istilah Ndalem Pojok, dijaga ketat oleh para abdi dalem. Kini, Ndalem Pojok berubah menjadi tempat wisata, dimana setiap orang bisa mengunjungi rumah tersebut untuk melihat bagaimana tempat tinggal Bung Karno semasa kecil. Selain itu, di Ndalem Pojok juga diselenggarakan berbagai kegiatan seni, seperti seni tari, mocopatan, pasar rakyat, seni karawitan, seni keroncong, dll. Sempatkan untuk napak tilas Bung Karno saat Anda berkunjung ke Kediri.

Situs Tondowongso

Situs Tondowongso merupakan kompleks percandian, diperkirakan merupakan peninggalan Kerajaan Kediri pada abad ke 11. Situs purbakala ini ditemukan pada tahun 2007 oleh sejumlah perajin batu bata setempat, dan merupakan temuan terbesar semenjak ditemukannya situs percandian Batujaya. Situs Tondowongso berada di Dusun Tondowongso, Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Situs Tondowongso juga menjadi salah satu tempat wisata di Kediri, cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Masjid An-Nur Pare

Dibangun pada tahun 1996, beralamat di Jalan Panglima Sudirman, Kota Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah dan pusat syiar agama Islam di Pare, Kediri, masjid ini juga menjadi tempat wisata menarik. Meskipun bukan merupakan situs bersejarah, namun masjid ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu desain dan artitekturnya yang tampak menonjolkan budaya Jawa.

Gereja Pohsarang

Merupakan gereja katolik roma, dibangun pada tahun 1936 atas inisiatif seorang pendeta bernama Romo Jan Wolters CM. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah umat katolik, Gereja Pohsarang juga menjadi salah satu tempat wisata di Kediri. Daya tarik utamanya terletak pada desain dan arsitektur bangunannya, dirancang oleh seorang arsitek terkemuka, Ir Maclaine Pont. Gereja Pohsarang berada di kaki Gunung Wilis, secara administratif masuk dalam wilayah desa Pohsarang, Kecamatan Semen, Kediri.

Klenteng Tjio Hwie Kiong

Klenteng Tjio Hwie Kiong merupakan tempat ibadah kepercayaan Tionghoa kuno, milik Yayasan Tri Darma, beralamat di Jl. Yos Sudarso, Kecamatan Pare, Kota Kediri. Selain sebagai tempat ibadah, klenteng ini juga menjadi tempat wisata cukup menarik. Daya tarik utama Klenteng Tjio Hwie Kong adalah desain dan arsitekturnya yang bernilai seni tinggi. Terlebih lagi perpaduan warna mencolok, sehingga menjadikan tempat ibadah ini tampak begitu gagah berani, disamping nuansa sakral yang cukup kental. Cobalah untuk menyempatkan waktu berkunjung ke salah satu tempat wisata religi ini saat Anda berlibur di Kediri.

Agro Wisata Sepawon

Agro Wisata Sepawon merupakan tempat wisata untuk keluarga, berupa perkebunan peninggalan Belanda, yakni perkebunan kopi dan kakao. Area perkebunan tersebut cukup luas, sekitar 3.995 hektare, masuk dalam tiga wilayah kecamatan, yaitu Ngancar, Kepung dan Puncu. Kawasan agro wisata tersebut berada di lereng Gunung Kelud, sehingga menyuguhkan suasana segar, damai, serta udara sejuk khas pegunungan. Di tempat wisata Agro Sepawon, pengunjung bisa melihat proses pengolahan kopi dan kakao menjadi produk siap ekspor. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba serunya berpetualang menggunakan mobil offroad di aliran lahar Gunung Kelud. Tempat rekreasi keluarga ini juga sudah dilengkapi dengan penginapan, berupa villa atau guest house, juga fasilitas untuk pertemuan.

Wisata Alam Gunung Kelud

Gunung Kelud termasuk dalam kategori gunung paling aktif di Indonesia. Setidaknya semenjak tahun 1000 telah meletus sebanyak 30 kali. Letusan pada tahun 2014 lalu tergolong cukup besar, bahkan membuat aktivitas di sebagian kota di Pulau Jawa lumpuh. Gunung Kelud menjadi tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Selain menikmati pemandangan dan kawah, juga tersedia berbagai wahana wisata, seperti flying fox, jalur panjat tebing, dan gardu pandang.

Air Terjun Dolo Kediri

Air terjun Dolo adalah tempat wisata alam di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur. Kurang lebih berada di 25 kilometer sebelah barat Kota Kediri, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Berada di wilayah pegunungan, di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, sehingga menyuguhkan suasana damai di pegunungan dengan udara nan sejuk. Terlebih lagi ketinggian air terjun mencapai 125 meter, sungguh menghadirkan pemandangan alam sangat memukau. Jika Anda berlibur atau sedang dalam perjalanan bisnis ke Kediri, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Kuliner Di Kediri

Seperti halnya daerah-daerah lain di Indonesia, Kediri juga memiliki berbagai kuliner khas menarik, mulai dari masakan, jajan pasar, hingga minuman. Beberapa kuliner khas Kediri memang sudah cukup populer di berbagai daerah di Indonesia, seperti soto Kediri, stik tahu, tahu takwa, sate bekicot, krengsengan bekicot, ayam bakar Doho, nasi goreng arang, carang mas mawar, tahu pong, teh rosela dan es buto ijo. Aneka masakan, jajanan, dan minuman khas tersebut patu untuk dicoba saat Anda berkunjung ke Kediri.

1 komentar:

  1. Temukan berbagai macam informasi tempat wisata yang ada di Indonesia dan juga artikel-artikel tentang pariwisata di WISATAINDONESIARAYA.COM dan like page facebooknya disini >> http://on.fb.me/1GKOq4u

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.