Kamis, April 16, 2015

Daftar Tempat Wisata Di Malang Dan Batu

Malang dan Batu merupakan dua kawasan wisata Andalan Provinsi Jawa Timur. Baik Kabupaten/Kota Malang dan Kota Batu memiliki potensi wisata cukup besar, mulai dari wisata alam, hiburan, hingga wisata kuliner. Memang, untuk mengulas satu per satu seluruh tempat wisata di Malang dan Batu tidaklah cukup hanya dituangkan dalam satu artikel saja. Oleh karena itu, kami hanya akan mengulas beberapa tempat wisata di kedua kota tersebut yang sudah cukup populer, baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, dengan pusat pemerintahan di Kota Kepanjen sebagai ibukota Kabupaten Malang. Wilayah ini memiliki banyak potensi wisata, mulai dari wisata air, wisata gunung, wisata pantai, hingga wisata agro. Sedangkan Kota Malang adalah sebuah kota administratif di Provinsi Jawa Timur yang juga memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi, baik tempat wisata berupa museum, Taman Kota & Ruang Terbuka Hijau, Taman Rekreasi & Pasar Wisata, hingga tempat wisata kuliner. Adapun Kota Batu adalah kota wisata paling populer di Provinsi Jawa Timur. Kota ini berada di dataran tinggi, dengan suasana dan udara menyegarkan. Kota Batu juga kaya akan tempat wisata menarik, baik wisata hiburan dan atraksi, wisata agro, pemandian, air terjun, dan sejumlah tempat wisata alam lain.

Tempat Wisata Di Malang Dan Batu

Ilustrasi Tempat Wisata Di Malang Dan Batu


Merencanakan liburan ke Malang dan Batu memang sangat penting untuk menentukan destinasi wisata mana saja yang akan dikunjungi, mengingat kedua wilayah tersebut memiliki potensi wisata sangat besar, sehingga tidak mungkin untuk mengunjungi semua tempat wisata jika waktu liburan Anda terbatas. Oleh karena itu, untuk memberikan referensi mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi saat berlibur di kedua kota tersebut, berikut kami sajikan DAFTAR TEMPAT WISATA DI MALANG DAN BATU.

Jatim Park 1 Batu

Jatim Park 1 merupakan tempat rekreasi sekaligus sebagai taman belajar, sehingga menjadi destinasi yang tepat untuk kegiatan wisata edukasi. Tempat wisata yang pernah mendapatkan anugerah sebagai tempat wisata buatan terbaik di Indonesia ini berada di lereng Gunung Panderman, di area seluas kurang lebih 11 hektare, beralamat di Jalan Kartika No. 2 Kota Batu, Jawa Timur. Sebagai salah satu tempat wisata edukasi, Jatim Park 1 dilengkapi dengan berbagai wahana belajar, salah satunya adalah Science Stadium yang mampu menampung hingga 300 orang. Dengan berbagai kelengkapan alat peraga pendidikan, diharapkan Jatim Park 1 dapat berperan sebagai tempat penyebaran informasi tentang ilmu pengetahuan, baik matematika, fisika, biologi, dan berbagi pengetahuan lain. Setidaknya tempat wisata ini menyediakan sebanyak 56 wahana bermain dan belajar, sehingga dipastikan pengunjung tidak akan kehabisan aktivitas begitu tiba di lokasi. Lihat ulasan selengkapnya pada artikel Jelajah Objek Wisata Jawa Timur Park 1.






Jatim Park 2 Batu

Jatim Park 2 hadir sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur yang menekankan pada konsep wisata edukasi, terutama dalam bidang ilmu alam, biologi dan satwa. Jatim Park 2 berada dalam satu kota dengan Jatim Park 1, beralamat di Jl. Oro-oro Ombo No.9, Batu, Jawa Timur 65315, sehingga kunjunga Anda ke tempat wisata ini bisa dipadukan satu paket dengan Jatim Park 1 dan Batu Night Spectacular (BNS). Jatim Park 2 terbagai dalam tiga area utama, yaitu Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Pohon Inn Hotel. Museum Satwa dan Batu Secret Zoo merupakan dua wahana edukasi yang menjadi nilai jual utama objek wisata ini. Sementara itu Pohon Inn Hotel disediakan untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung dan wisatawan lain di Kota Wisata Batu akan tempat penginapan nyaman, dengan suasana harmonis dan pelayanan istimewa. Pohon Inn Hotel berada diantara Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Untuk ulasan lebih lengkap, silahkan kunjungi artikel kami Jelajah Objek Wisata Jatim Park 2.

Batu Night Spectacular (BNS)

Merupakan taman hiburan dan rekreasi malam yang sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan wisatawan akan tempat hiburan di malam hari, mengingat reputasi Kota Batu sebagai kota wisata andalan Jawa Timur. Batu Night Spectacular menjadi destinasi ideal untuk mengisi waktu menjelang istirahat malam Anda selama berlibur ke Malang dan Batu. Tempat wisata ini cocok untuk berekreasi bersama keluarga. Berbagai wahana spektakuler ada di taman rekreasi keluarga ini, sehingga menjadi pilihan paling tepat untuk mendapatkan sensasi dan kepuasan dalam agenda liburan Anda. Wisatawan dapat menikmati beraneka wahana yang benar-benar berbeda dan memberikan pengalaman tak terlupakan, seperti Night Market, Food Court, Spectacular show, Lampion Garden, Panggung Hiburan, Bioskop 4 Dimensi, dan masih banyak lagi yang lain. Tempat wisata ini cukup mudah dijangkau, berada di lokasi strategis, tidak jauh dari kawasan Jatim Park 2, tepatnya beralamat di Jl. Raya Oro-oro Ombo 200 Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Untuk melihat ulasan lebih detil, silahkan kunjungi artikel lain, Batu Night Spectacular (BNS).

Eco Green Park Batu

Eco Green Park merupakan tempat wisata yang juga berada di kawasan lereng Gunung Panderman, berada tidak jauh dari tiga objek wisata di atas, Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan BNS. Eco Green Park mengedepankan nuansa hijau dan ramah lingkungan, jauh dari pencemaran, dan selain menjadi tempat rekreasi favorit, juga berfungsi sebagai wahana wisata edukasi. Wisatawan bisa melihat dan memahami banyak hal, terutama berkaitan dengan lingkungan, sehingga diharapkan melalui peran Eco Green Park ini, akan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan lingkungan hidup. Eco Green Park beralamat di Jl. Oro-oro Ombo No. 9A Kota Wisata Batu, Jawa Timur, dilengkapi dengan koleksi berbagai macam jenis unggas, insektarium, rumah jamur, pengolahan sampah, hingga fasilitas jungle adventure. Selain mendapatkan kepuasan dan kesegaran pikiran, wisatawan juga bisa belajar banyak hal tentang pengelolaan lingkungan hidup, dan lingkungan tanpa pencemaran. Ingin melihat ulasan lebih lanjut? Kunjungi Jelajah Objek Wisata Eco Green Park Batu.






Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi. Tak hanya menampilkan keindahan lautnya, Pantai Balekambang juga menyimpan potensi wisata lain, yakni wisata religi, yakni tempat ziarah di makam Syaikh Abdul Jalil dan tempat peribadatan umat Hindu, yaitu Pura ura Amarta Jati. Semenjak tahun 1983 Pantai Balekambang menjadi salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Malang, oleh karena itulah pemerintah setempat terus berupaya membenahi infrastruktur penunjang kegiatan pariwisata di pantai ini. Tak mengherankan jika saat ini akses jalan menuju tempat wisata pantai ini sudah cukup baik, sehingga memudahkan wisatawan yang akan berkunjung. Secara administratif Pantai Balekambang masuk dalam wilayah Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tak hanya infrastruktur jalan, di sekitar bibir pantai juga terdapat dua tempat penginapan dengan fasilitas dan kualitas layanan sangat baik. Oleh karena itulah banyak wisatawan yang ingin menikmati suasana malam di Pantai Balekambang, karena memang sudah tersedia fasilitas untuk itu. Penasaran dengan Pantai Balekambang? Baca lebih lanjut di Pantai Balekambang Malang.

Pantai Ngliyep Malang

Pantai Ngliyep merupakan tempat wisata favorite, baik bagi wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Pantai di pesisir selatan Pulau Jawa ini memiliki udara sejuk karena berada di dekat hutan lindung, dengan semilir angin sepoi-sepoi membelai sekujur tubuh, sehingga terasa enak untuk merebahkan badan. Tak mengherankan jika warga setempat memberi nama Ngliyep, berasal dari kata liyap-liyep, yang berarti membuat ngantuk. Suasana sejuk dan menyegarkan terasa melengkapi pesona keindahan laut nan eksotis, sehingga membuat tempat wisata ini semakin ramai diburu oleh para pengunjung. Secar administratif Pantai Ngliyep termasuk dalam wilayah Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Selain akses jalan dan infrastruktur sangat baik, tempat wisata ini juga telah dilengkapi berbagai sarana penunjang, seperti area parkir luas, pesanggrahan, cottage, penginapan, dll. Oleh karena itulah, banyak wisatawan memasukkan Pantai Ngliyep dalam daftar destinasi liburan di wilayah Malang dan Batu. Ingin membaca lebih lanjut tentang Pantai Ngliyep? Silahkan klik Pantai Ngliyep Malang.

Pantai Sendang Biru Malang

Pantai Sendang Biru merupakan tempat wisata cukup menarik, dimana terdapat fenomena unik di sekitar pantai, yaitu sebuah mata air. Mata air tersebut oleh warga setempat dinamakan dengan istilah sendang, dan kebetulan warna airnya biru, sehingga tempat wisata ini diberi nama Pantai Sendang Biru. Secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Selain keindahan pantai, Sendang Biru juga memiliki destinasi wisata lain, yaitu Pulau Sempu, pulau kecil di sekitar pantai. Pantai Sendang Biru telah memiliki berbagai macam fasilitas pendukung untuk wisatawan, seperti area parkir, persewaan perahu untuk menuju Pulau Sempu, pinginapan, dan guess house. Pulau Sempu memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, keberadaan pulau tersebut juga menjadi penghalang ombak Samudera Hindia, sehingga perairan di Pantai Sendang Biru relatif tenang. Selain berfungsi sebagai tempat wisata, Pantai Sendang Biru juga menjadi pelabuhan bagi para nelayan dan Tempat Pelelangan Ikan. Oleh karena itulah wisatawan bisa berbelanja ikan laut setelah berekreasi di sekitar pantai. Informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi Pantai Sendang Biru Malang.

Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu merupakan salah satu cagar alam di Pulau Jawa, ditetapkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1928. Tempat wisata ini memiliki pesona pemandangan sangat eksotis, dengan ekosistem cukup bervariasi, mulai dari hutan pantai, hutan tropis, hutan bakau, dan dataran rendah. Sebagai kawasan konsevasi, Pulau Sempu memiliki berbagai macam vegetasi dan satwa liar. Oleh karena itulah, Pulau Sempu menjadi tempat wisata sangat menarik, tarutama bagi para pecinta alam maupun penggemar petualangan. Selain keindahan alam dan keragaman satwanya, tempat wisata ini juga memiliki laguna sangat cantik dan menawan, oleh warga setempat disebut dengan istilah Segara Anakan. Laguna tersebut menjadi destinasi paling diburu oleh para wisatawan, karena memang memiliki keindahan dan suasana begitu memukau. Pulau ini berada di sekitar Pantai Sendang Biru, sehingga wisatawan memiliki lebih banyak alternatif kegiatan rekreasi. Ulasan lebih lengkapnya, silahkan baca di Pulau Sempu Malang.






Pantai Kondang Merak Malang

Pantai Kondang Merak merupakan tempat wisata sangat populer, baik dikalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai ini memiliki pesona pemandangan laut sangat menggoda, dengan bukit karang berjajar di sekitar 200 meteri dari garis pantai. Meskipun berada di pesisir selatan, berbatasan dengan Samudera Hindia, namun gelombang ombak di Pantai Kondang Merak relatif tenang, tidak seperti pantai-pantai lain di pesisir selatan. Hal ini disebabkan adanya bukit karang yang menghalangi laju gelombang ombak Samudera Hindia. Secara administratif Pantai Kondang Merak masuk dalam wilayah Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, dan menjadi tempat wisata Andalan Kabupaten Malang. Pemandangan laut dengan bukit karang ini menyuguhkan sebuah panorama sangat memukau. Terlebih lagi perairan di tempat wisata ini tergolong cukup jernih, tampak hijau mempesona. Selain berenang dan menghabiskan waktu di sepanjang garis pantai untuk menanti Sang Surya kembali ke peraduannya, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas bahari, terutama snorkeling dan diving. Temukan informasi lebih pada artikel Pantai Kondang Merak Malang.

Air Terjun Coban Rondo Malang

Air Terjun Coban Rondo merupakan tempat wisata alam, berada di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Objek wisata ini bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi alternatif saat Anda berlibur ke Malang. Berada di kawasan KPH Perum Perhutani Malang, di daerah berketinggian kurang lebih 1135 mdpl, dengan suasana sejuk dan menyegarkan. Dengan tinggi air terjun 84 meter, Coban Rondo menghadirkan sebuah panorama alam sangat fantastis, terlebih lagi dengan debit air cukup besar, yakni 150 liter per detik pada musim hujan, sehingga membuat suasana di sekitar air terjun menjadi lebih dingin. Objek wisata ini telah dilengkapi dengan beberapa sarana pendukung, mulai dari tempat parkir, kios-kios makanan, bumi perkemahan, hingga fasilitas panggung terbuka untuk menyelenggarakan berbagai macam petunjukan. Hijaunya pepohonan tropis di sekitar tempat wisata tentu saja semakin melengkapi keindahan alam yang memang sudah sangat menakjubkan. Ingin membaca lebih lengkap ulasan tentang tempat wisata alam ini, kunjungi Air Terjun Coban Rondo Malang.

Agrowisata Pujon Malang

Agrowisata Pujon merupakan tempat wisata di kawasan Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berada di daerah dataran tinggi, sehingga kawasan wisata ini memiliki udara sejuk dan menyegarkan. Sebagian besar masyarakat di Kecamatan Pujon bermatapencaharian sebagai petani dan peternak, sehingga dareah tersebut memiliki potensi cukup besar dikembangkan sebagai kawasan wisata agro, terutama di wilayah Pujon Kidul. Beberapa kegiatan agrowisata di Kecamatan Pujon Kidul antara lain petik sayur dan bunga, pengenalan terhadap usaha peternakan sapi perah serta teknik pengolahan susu, hingga pembelajaran pembuatan energi alternatif. Oleh karena itu, selain sebagai tempat rekreasi, Pujon juga sangat ideal untuk wisata edukasi, terutama berkaitan dengan teknologi budidaya hortikultura dan usaha peternakan sapi perah. Untuk memberikan alternatif kegiatan, sehingga pengunjung tidak jenuh, di kawasan agrowisata Pujon juga tersedia layanan outbound dengan berbagai kegiatan, mulai dari fun game hingga aktivitas lebih menantang. Simak ulasan selengkapnya di Agrowisata Pujon Malang.

Museum Brawijaya Malang

Museum Brawijaya Malang merupakan tempat wisata sejarah dan edukasi untuk memahami lebih jauh mengenai perjuangan bangsa Indonesia. Museum ini memiliki benda-benda kuno, terutama berkaitan dengan keprajuritan, mulai dari jaman Majapahit hingga masa revolusi. Museum sejarah ini dibangun pada tahun 1967 dan diresmikan pada tahun 1968. Selain berfungsi sebagai tempat wisata, Museum Brawijaya Malang juga sering dijadikan sebagai tempat penelitian ilmiah, terutama berkaitan dengan sejarah dan keprajuritan. Beralamat di Jalan Ijen, No. 25 A Malang, Jawa Timur, museum ini bisa menjadi destinasi alternatif liburan Anda, pilihan tepat bagi pelajar dan mahasiswa, untuk lebih mengenal tentang sejarah perjuangan bangsa. Museum Brawijaya Malang terbagi dalam enam ruang koleksi, yaitu halaman depan, ruang lobi, halaman tengah, ruang koleksi I, ruang koleksi II, dan perpustakaan. Silahkan baca ulasan lengkapnya pada artikel Museum Brawijaya Malang.

Tempat Wisata Lain Di Malang Dan Batu

Selain tempat wisata tersebut di atas, berikut ini beberapa alternatif tempat wisata lain di wilayah Malang dan Batu:
  1. Museum Malang Tempo Doeloe
  2. Museum Angkut Kota Batu
  3. Outbound Dan Petik Buah Di Kusuma Agrowisata Batu
  4. Museum D'Topeng Kingdom Kota Batu
  5. Museum Kesehatan Jiwa Malang
  6. Museum Resto Inggil Malang
  7. Pantai Sipelot Malang
  8. Alun-Alun Kota Batu
  9. Alun-Alun Merdeka Kota Malang
  10. Petik Madu Di Agro Tawon Rimba Raya Malang
  11. Agrowisata Kebun Teh Wonosari Malang
  12. Wisata Alam Di Sumber Krabyakan Malang

Baca artikel lain tentang Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu.

4 komentar:

  1. Tujuan favorit di BNS, lampion gardennya keren...

    BalasHapus
  2. BNS (Batu Night Spectacular) memang luar biasa. Merupakan tempat rekreasi yang ideal bagi keluarga. BNS menjadi pilihan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

    BalasHapus
  3. terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini EXPLORE INDONESIA

    BalasHapus
  4. Saya senang sekali menemukan postingan anda dan bisa ikut memberi komentar menurut saya sangat berharga sekali bisa membaca tulisan anda, dan pada kesempatan ini akan saya manfaatkan untuk sumber referensi saya
    Terima kasih banyak telah berbagi, saya berharap anda terus semangat menulis topik selanjutnya
    Paket Outbound Surabaya
    Paket Outbound Banyuwangi

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.