Minggu, April 26, 2015

Istana Maimun Medan

Istana Maimun adalah Istana Kesultanan Deli, dibangun oleh Sultan Mahmud Al Rasyid, merupakan peninggalan sejarah yang sangat berharga, dan menjadi salah satu tempat wisata di Medan, Sumatera Utara. Kini, Istana Maimun juga menjadi salah satu ikon Kota Medan, berada di kawasan strategis, Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Di depan istana terdapat sebuah masjid yang juga menjadi ikon Kota Medan, dikenal dengan nama Masjid Raya Medan.






Ada beberapa versi mengenai siapa arsitek dibalik kemegahan Istana Maimun. Salah satu versi menyebutkan bahwa bangunan istana dirancang oleh seorang arsitek asal Italia, namun ada versi lain yang menyebutkan bahwa Istana Maimun dirancang oleh arsitek asal Belanda, bernama Van Erp, yang juga sempat menjadi perancang bangunan Masjid Raya Medan. Luas bangunan sekitar 2.772 meter persegi, terbagi dalam tiga bagian, yakni satu bangunan utama dan dua bangunan sayap di sebelah kiri dan kanan bangunan utama. Gedung tersebut terdiri dari dua lantai dan memiliki 30 ruangan. Proses pembangunan istana memakan waktu kurang lebih tiga tahun, dimulai pada tanggal 26 Agustus 1888 hingga 18 Mei 1891. Desain dan arsitektur Istana Maimun memang sangat mengagumkan, bernilai seni tinggi, sehingga istana ini menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi. Gaya desainnya sangat unik, memadukan berbagai unsur, baik Islam, India, Spanyol, dan Italia.

Istana Maimun Medan

Daya tarik lain tempat wisata ini adalah pertunjukan seni tradisional Melayu, yang biasanya digelar pada hari-hari tertentu, seperti pesta pernikahan atau acara-acara pesta lain. Setiap dua kali dalam setahun, biasanya diadakan acara silaturahmi antar keluarga besar istana. Di istana tersebut, pengunjung bisa melihat berbagai koleksi benda-benda kuno milik istana, seperti perabotan jaman Belanda, berbagai jenis senjata, termasuk meriam puntung, hingga foto-foto keluarga Sulta. Meriam puntung memiliki legenda tersendiri, ada kaitannya dengan kisah Putri Hijau, legenda masyarakat setempat.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.