Rabu, April 08, 2015

Museum Angkut Kota Batu

Kota Batu adalah salah satu kota wisata di Provinsi Jawa Timur, dan merupakan destinasi favorit yang memiliki beragam potensi wisata. Salah satu potensi wisata yang dimiliki Kota Batu adalah Museum Angkut. Hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Malang, sehingga banyak wisatawan yang memadukan dua kota tersebut, Batu-Malang, dalam destinasi liburan mereka. Museum Angkut atau populer juga dengan sebutan Museum Otomotif, berada di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Jawa Timur.

Tempat wisata ini menawarkan konsep yang unik, memadukan sejarah perkembangan dunia otomotif dan legenda bintang film terkemuka di jamannya. Tentu merupakan sebuah pengalaman menarik, penuh dengan informasi dan pengetahuan, ketika Anda berkunjung ke Museum Angkut Kota Batu. Oleh karena itu, tempat wisata ini menjadi pilihan yang tepat sebagai wahana wisata edukasi, baik untuk pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum.



Museum Angkut merupakan salah satu bagian dari Jatim Park Group, yang didirikan untuk memberikan pengetahuan mengenai sejarah alat angkut di dunia. Dengan memperkenalkan pengetahuan sejarah alat angkut, diharapkan masyarakat mampu memberikan rasa simpati dan menghargai serta menghormati para penemu dan pengembang alat angkut yang telah berjasa dalam sejarah. Saat ini, Museum Angkut Kota Batu merupakan yang terbesar di Asia, yang didirikan di atas area seluas 3,8 hektare.

Tujuan pendirian museum ini untuk memberikan pengetahuan dan informasi tentang sejarah alat angkut, baik alat angkut tradisional hingga modern, baik bermesin maupun tidak bermesin. Museum Angkut didirikan pada tanggal 9 Maret 2014, dengan konsep unik, memadukan antara koleksi benda-benda yang berhubungan dengan alat angkut dengan Movie Star Studio.



Selain memamerkan alat angkut dari seluruh penjuru dunia, juga menyajikan gambaran dan latar belakang kota-kota asal alat angkut yang bersangkutan, sehingga melahirkan sebuah mahakarya luar biasa. Saat ini, Museum Angkut Kota Batu menjadi tempat wisata baru yang cukup populer, dan selalu dipadati pengunjung, terutama pada hari-hari libur nasional. Tak Hanya itu, museum ini juga menjadi kebanggaan Indonesi di kancah Internasional.

Museum Angkut Kota Batu

Pembagian Zona Di Museum Angkut

Untuk memudahkan pengunjung dalam mencari informasi, koleksi benda-benda di Museum Angkut dibagi dalam beberapa zona, yaitu zona hall utama, zona ekukasi, zona Sunda Kelapa & Batavia, zona Gangster Town & Broadway Street, zona Eropa, zona Istana Buckingham, zona Las Vegas, zona Hollywood, zona Pasar Apung, dan zona D’topeng Kingdom.
  • Zona Hall Utama
    Zona Hall Utama berada di ruangan paling depan, tepat setelah melewati pintu masuk. Di zona ini terdapat koleksi berbagai macam alat angkut dari berbagai negera, dan dari masa ke masa. Zona ini dirancang dengan hiasan lampu yang sangat elegan.
  • Zona Edukasi
    Merupakan representasi dari visi dan misi Jatim Park Group sebagai pengelola wisata edukasi. Di area seluas 900 meter persegi ini pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang sejarah perkembangan alat angkut dari seluruh dunia. Merupakan wahana yang sangat ideal untuk belajar banyak hal tentang alat angkut, belajar dengan menyenangkan dan atraktif di Zona Edukasi Museum Angkut.
  • Zona Sunda Kelapa & Batavia
    Zona ini akan membawa pengunjung Batavia jaman dulu ketika kota ini menjadi pelabuhan terbesar pada masa kolonial Belanda. Sebuah area yang kental dengan nuansa Batavia, lengkap dengan berbagai jenis alat angkut tempo dulu.
  • Zona Gangster Town & Broadway Street
    Menampilkan berbagai model alat angkut pada masa keemasan Al Capone, gengster tersohor di dunia pada tahun 1970-an. Di ruangan ini juga menampilkan Broadway Street, sebuah tempat impian para movie star terkemuka di dunia, lengkap dengan alat angkut dari berbagai model dan masa.
  • Zona Eropa
    Merupakan sebuah area yang bernuansa kota-kota besar di Eropa, seperti London, Jerman, Italy, dan Perancis. Nuansa kota-kota tersebut tersaji dalam suasana malam hari, lengkap dengan berbagai alat angkut yang ada.
  • Zona Istana Buckingham
    Merupakan gambaran kota London dalam suasana malam hari dan kemegahan Istana Buckingham. Wisatawan dapat melihat berbagai jenis alat angkut berkelas yang ada di kota tersbut, seperti Rolls Royce, LandRover, Royal Enfield, Blackburn, Francis Barnett, Austin, Raligh, Mini Cooper, Fillir, dan masih banyak lagi yang lain.
  • Zona Las Vegas
    Nikmati suana malam hari di Las Vegas yang dapat Anda rasakan di Zona Las Vegas Museum Angkut. Berbagai kendaraan yang ada di salah satu kota di Amerika ini juga bisa Anda temukan di Zona Las Vegas.
  • Zona Hollywood
    Siapa yang tak kenal dengan nama Hollywood, salah satu kota yang dikenal dengan produk-produk filmnya. Temukan berbagai model alat angkut yang pernah dipakai dalam pembuatan film Hollywood dari berbagai masa.
  • Zona Pasar Apung
    Temukan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Berbagai souvenir dan merchandise khas Museum Angkut dapat Anda jumpai di Zona Pasar Apung. Mulai dari kerajinan, lukisan, batik, hingga makanan tradisional ada di Zona Pasar Apung yang dikemas dengan suasana pasar tempo dulu. Bawalah hasil karya seni dari seniman-seniman lokal sebagai cinderamata khas Museum Angkut untuk keluarga tercinta.
  • Zona D’topeng Kingdom
    Satu lagi zona menarik yang ada di Museum Angkut, D’topeng Kingdom, merupakan museum warisan budaya sebagai kebanggaan dan kekayaan bangsa Indonesia.

Koleksi Di Museum Angkut

  • Sarana transportasi lokal asli Indonesia, baik bermesin maupun tidak (becak, pedati, dokar, sepeda onthel, perahu).
  • Sarana transportasi import, (incl. Pesawat Terbang, Kapal dsb).
  • Sarana transportasi original, idem.
  • Sarana transportasi replika ataupun modifikasi.
  • Sarana transportasi mini (buatan yang dikecilkan dengan skala tertentu).
  • Photo-photo lama maupun baru.
  • Sparepart kendaraan lama.
  • Dan lain lain

Apa Yang Dapat Dilakukan Pengunjung Di Museum Angkut?

Pengunjung bisa mengadakan berbagai macam acara, baik untuk perusahaan maupun organisasi. Tersedia berbagai pilihan hiburan untuk memeriahkan acara Gathering Anda. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan kunjungan edukasi, termasuk pilihan kegiatan untuk mempelajari alat angkut dan berkreasi dengan karya seni tradisional Indonesia. Tak hanya sekedar berekreasi, pengunjung juga diperkenankan menggunakan semua spot yang dianggap menarik untuk berbagai kegiatan photosession, seperti preweding, presweet, hingga foto seni. Untuk keperluan video shooting, seperti pembuatan video klip, film, acara musik, pertunjukan mode, pesta dansa, hingga acara otomotif, dapat bekerjasama dengan pihak pengelola. Hubungi marketing representatif Museum Angkut Kota Batu.

Fasilitas Pendukung Untuk Para Pengunjung

Untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan serta kepuasan kepada para pengunjung, museum ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti:
  • Tempat Istirahat dan Area Merokok
  • Ruang Ibu dan Anak
  • Toilet Umum
  • Toilet untuk penyandang cacat
  • Kursi Roda
  • Mobil Pengantaran Gratis

Baca artikel lain tentang Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu.

Referensi :

www.museumangkut.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.