Sabtu, April 11, 2015

Museum D'Topeng Kingdom Kota Batu

Museum D'Topeng Kingdom beralamat di Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Kota Batu, Jawa Timur 65311, Indonesia, berada dalam satu kompleks dengan Museum Angkut, tepatnya di sekitar area Pasar Apung Museum Angkut. Museum ini merupakan tempat menyimpan berbagai koleksi warisan seni dari seluruh Indonesia.

D'Topeng Kingdom didirikan pada tahun 2010 untuk menjaga dan melestarikan benda-benda warisan budaya, mengingat UNESCO telah menetapkan topeng sebagai salah satu budaya tertua di dunia. Namun, museum tersebut baru dibuka untuk umum pada tanggal 23 Mei 2014, dan menyuguhkan koleksi benda-benda dari jaman pra-sejarah hingga masa kejayaan Majapahit.






Ribuan koleksi benda seni dan budaya dari seluruh nusantara bisa dinikmati di museum yang juga dikenal sebagai Indonesian Heritage Art Museum, termasuk topeng dan pusaka khas dari Jawa Timur, NTB, Sulawesi, hingga Kalimantan. Tercatat lebih dari 2000 koleksi benda-benda dari seluruh kepulauan di Indonesia ada di museum ini.

Di Museum D'Topeng Kingdom tidak hanya tersimpan topeng-topeng dari berbagai masa dan daerah, tetapi juga benda-benda kuno lain, seperti keris, patung, pewayangan, bahkan Alquran berusia 400-an tahun. Salah satu koleksi yang cukup langka dan fenomenal adalah kursi Kerajaan Singaraja, Bali.






Selain itu, ada juga koleksi yang sangat menakjubkan adalah patung batu Yene, yang konon berasal dari jaman sebelum Masehi (zaman Donsong). Diantara sekian banyak koleksi di D'Topeng Kingdom, Topeng Kematian yang terbuat dari kayu maupun logam, berasal dari daerah Sulawesi merupakan benda koleksi yang dianggap paling sakral. Konon, raja-raja di Sulawesi yang meninggal wajahnya akan dituupi dengan topeng kematian ini.

Museum D'Topeng Kingdom

Sumber Gambar : www.dtopengkingdommuseum.com


Salah seorang penggagas pendirian Museum D'Topeng Kingdom bernama Reno Halsamer, dari Surabaya, pernah menyampaikan bahwa untuk mengumpulkan benda-benda koleksi tersebut membutuhkan waktu hingga 20 tahun. Bahkan hingga kini yayasan D'Topeng Kingdom terus berburu benda-benda kuno melengkapi koleksinya. Menurutnya, diantara topeng-topeng yang menjadi koleksinya, terdapat salah satu topeng yang memiliki ciri khas tersendiri, yakni topeng yang ditemukan di sekitar Candi Borobudur yang menggambarkan figur Budha dan Pendeta Tionghoa.






Koleksi lain yang bisa Anda temukan di D'Topeng Kingdom adalah keramik-keramik bercorak kaligrafi yang berasal dari abad ke 13 hingga 19, termasuk keramik peninggalan dari Dinasti Ming. Tak hanya itu, D'Topeng Kingdom juga menyimpan koleksi-koleksi berupa perhiasan kuno dari jaman Majapahit dan kerajaan-kerajaan sebelumnya. Perhiasan tersebut terbuat dari emas, berupa gelang, cincin, giwang, dll.

Baca artikel lain tentang Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.