Senin, April 13, 2015

Pantai Sipelot Malang

Pantai Sipelot adalah salah satu tempat wisata alternatif di pesisir selatan Pulau Jawa, berbatasan langsung dengan luasnya hamparan Samudera Hindia. Secara administratif Pantai Sipelot masuk dalam wilayah Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini memang memiliki panorama alam yang sangat indah, begitu memukau, sehingga tak mengherankan jika pada jaman Belanda kawasan ini kerap dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Bahkan menurut cerita warga setempat, nama Pantai Sipelot berasal dari Bahasa Belanda, Spelot, yang berarti tempat persinggahan. Meskipun tidak begitu dikenal oleh wisatawan, terutama dari luar daerah, tetapi Pantai Sipelot tetap menyajikan panorama alam yang benar-benar eksotis.

Untuk menuju lokasi wisata ini tidaklah sulit, jika berangkat dari Kota Malang, wisatawan bisa menuju ke arah Kecamatan Dampit, lalu ambil jalah menuju Kecamatan Tirtoyudo. Tidak jauh setelah traveler memasuki wilayah Tirtoyudo, terdapat petunjuk arah menuju Pantai Sipelot. Ikuti petunjuk arah tersebut dan lurus ke arah tenggara hingga tiba di Desa Pujiharjo. Akses jalan menuju tempat wisata ini sudah sangat baik, namun pengunjung tetap harus hati-hati, karena kondisi jalan yang berkelok dan sempit. Sebelum memasuki area pantai, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang tak membosankan, hamparan perkebunan pisang, kopi, hingga tambak udang yang luas.

Pantai Sipelot Malang

Tebing Batu di Pantai Sipelot Malang


Sajian panorama alam begitu menawan bisa Anda nikmati begitu tiba di area pantai. Hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai berbentuk melingkar seperti sebuah danau yang tiada henti dihempas oleh gelombang ombak Samudera Hindia benar-benar merupakan sajian pemandangan eksotis dan suasana yang benar-benar menyegarkan. Warna air laut yang tampak kebiru-biruan tampak membentang seolah tak berujung di depan mata. Belum lagi keberadaan pepohonan tropis di sepanjang bibir pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh, seakan menimbulkan rasa nyaman untuk berlama-lama menikmati buih-buih ombak yang menghempas pasir. Meskipun berada di wilayah pesisir selatan, namun ombak di Pantai Sipelot tidak begitu besar. Hal ini disebabkan lokasi pantai yang berada di sebuah teluk, sehingga terdapat cerukan daratan yang menahan laju ombak.




Kawasan pantai ini terbagi dalam tiga tiga area, di area tengah biasa digunakan sebagai tempat bersandar perahu nelayan, sedangkan area sebelah kiri dan kanan biasanya menjadi area yang dituju wisatawan untuk menikmati keindahan Pantai Sipelot. Mungkin membutuhkan penataan ulang oleh pemerintah setempat, untuk mengoptimalkan potensi wisata di Pantai Sipelot. Di area sebelah kiri dan kanan terdapat muara kecil dan air payau. Di sekitar pantai juga terdapat perbukitan hijau, dimana dari atas bukit tersebut kita bisa menyaksikan keindahan air laut Samudera Hindia yang tampak berkilau memantulkan cahaya matahari. Diujung timur pantai, di dekat muara kecil, terdapat tebing batu yang cukup tinggi. Pengunjung bisa melihat pemandangan indah di sekitar pantai dari atas tebing tersebut.

Meskipun tidak begitu populer sebagai tempat wisata, namun pantai ini telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung yang cukup memadai, seperti area parkir, warung makan, mushala dan toilet. Pembangunan fasilitas tersebut memang ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Penasaran dengan Pantai Sipelot? Segera agendakan perjalanan liburan Anda ke Kota Malang.

Baca artikel lain tentang Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.