Rabu, April 15, 2015

Petik Madu Di Agro Tawon Rimba Raya Malang

Kali ini kami akan mengulas secara singkat salah satu tempat wisata yang cukup unik di Kabupaten Malang, Jawa Timur, yaitu Petik Madu Di Agro Tawon Rimba Raya. Barangkali untuk kegiatan agrowisata sudah sering kita dengar, namun tempat wisata agro yang satu ini benar-benar memberikan pengalaman berbeda. Agro Tawon Rimba Raya, merupakan peternakan lebah terbesar di wilayah Malang dang sekitarnya, berlokasi di Puri Kencana, Jalan Dr. Wahidin 8 Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Lokasi tempat wisata ini relatif mudah dijangkau oleh wisatawan, hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer ke arah selatan dari Pasar Lawang, di jalur utama Malang-Surabaya.






Sebagai tempat untuk memelihara dan mengembangkan tawon atau lebah madu, Agro Tawon Rimba Raya menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik. Wisatawan tidak dipungut biaya untuk memasuki area peternakan tawon madu ini, namun jika ingin mengambil madu langsung dari sarangnya, baru dikenakan biaya. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengunjung, mulai dari mengambil madu dan hasil produksi lebah madu lainnya, mengikuti presentasi tentang peternakan lebah, hingga wisata outbound. Ya, benar sekali, selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, Agro Tawon Rimba Raya juga menyediakan sarana wisata edukasi bagi para pengunjungnya. Selain itu, juga tersedia berbagai fasilitas outbound untuk untuk memberikan alternatif kegiatan yang lebih bervariasi, sehingga pengunjung tidak akan jenuh berada di lokasi wisata. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Agro Tawon Rimba Raya, silahkan hubungi langsung pengelola tempat wisata ini di 0341-9161888.






Agro Tawon Rimba Raya berada di sebuah lembah yang sangat eksotis. Di kanan kiri jalan masuk terdapat beberapa kota pemeliharaan lebah, dimana suara desing ribuan tawon akan mengiringi langkah pengunjung. Di bagian tengah lembah terdapat area mendatar, dimana pada area tersebut terdapat ratusan kotak berisi lebah. Di lokasi inilah biasanya pemandu memberikan penjelasan dan informasi mengenai lebah, baik pola hidup, teknis peternakan, hingga proses pemanenan hasil. Area Agro Tawon Rimba Raya juga memiliki kebun seluas kurang lebih tiga hektare, berisi beberapa jenis tanaman, seperti anggrek, randu, sengon, kelengkeng, jojoba, dan kayu putih. Tanaman tersebut pada saat berbunga akan menjadi konsumsi utama lebah madu di sekitar peternakan.

Agro Tawon Rimba Raya

Selain panen madu langsung dari sarangnya, wisatawan juga bisa membeli langsung madu yang sudah siap, atau menjajal nikmatnya sarang lebah yang bisa dimakan langsung. Harga sarang lebah juga cukup terjangkau, sekitar Rp 10.000 untuk ukuran 4x4 cm. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati aneka minuman berbahan dasar madu, seperti es madu, jus jambu madu, atau membeli produk-produk lain yang dihasilkan lebah. Bagi yang ingin mencoba sensasi apitherapy atau pengobatan menggunakan sengat lebah, di Agro Tawon Rimba Raya juga tersedia layanan tersebut. Lebih seru lagi, tempat wisata ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung bagi wisatawan, mulai dari area parkir luas, tempat bermain, hingga cafetaria. Bagi pengunjung yang menyukai permainan outbound, Agro Tawon Rimba Raya menyediakan fasilitas untuk kegiatan outbound. Jadi liburan Anda ke tempat wisata ini terasa lebih puas dan benar-benar menyegarkan pikiran.






Agro Tawon Rimba Raya setidaknya membudidayakan tiga jenis lebah Apis Melilfira dari Australia, lebah lokal Acerana, dan lebah kecil Trigond. Dari ketiga jenis lebah tersebut Apis Melilfira merupakan lebah paling produktif, menghasilkan madu paling banyak, karena tubuhnya lebih besar dibanding kedua jenis lebah lain. Meskipun peternakan ini memiliki tiga jenis lebah berbeda, namun kualitas madu yang dihasilkan tidak jauh berbeda, tergantung pada jenis tanaman yang menjadi pakan utama dan kandungan enzimnya. Melihat peternakan lebah madu di Agro Tawon Rimba Raya, ternyata lebah tidak hanya memproduksi madu saja, tetapi juga tiga produk lain yang harganya cukup mahal, yaitu royal jelly, bee pollen, dan propolis.

Baca artikel lain tentang Daftar Tempat Wisata Di Malang dan Batu.

1 komentar:

  1. Waw kerren indonesia, oh ya bs pesan madunya kemana ya

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.