Rabu, April 01, 2015

Tempat Wisata Pura Goa Lawah Bali

Pura Goa Lawah merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang menarik untuk dikunjungi. Pura tersebut termasuk dalam pura penting di Bali bersama lima pura lainya, yaitu Lempuyang, Uluwatu, Andakasa, Batukaru, dan Seleyukti. Seperti namanya, pura ini merupakan sebuah goa dimana di dalam goa tersebut banyak kelelawar atau lawah. Secara administratif, tempat wisata ini masuk dalam wilayah Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.

Oleh karena itu, wisatawan juga bisa mengunjungi Kerta Gosa Klungkung yang berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Pura Goa Lawah. Objek wisata lain yang masih berada di satu jalur dengan Goa Lawah adalah Candidasa, berjarak kurang lebih 15 kilometer. Dari ibukota Bali, Denpasar, berjarak kurang lebih 50 kilometer, sedangkan dari Bandara Internasional Ngurah Rai membutuhkan waktu sekitar 90 menit melalui Jalan By Pass Ida Bagus Mantra.






Tentang Pura Goa Lawah Bali

Menurut analisa peneliti dan ahli sejarah, Pura Goa Lawah dibangun atas ide dan gagasan Mpu Kuturan pada abad ke-11, sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa Laut. Namun, secara pasti sejarah pura ini belum diketahui, kapan dan siapa yang mendirikannya. Namun, minimnya informasi tentang pura tersebut tidak membuat wisatawan yang berkunjung surut.

Pura Goa Lawah memiliki daya tarik tersendiri, terutama dengan pemandangan alam begitu mempesona, sebuah goa yang berada di bawah pepohonan rindang. Di depan dan di mulut goa terdapat beberapa tempat pemujaan yang biasa digunakan sebagai tempat peribadatan dalam ritual agama Hindu. Upacara besar di Goa Lawah diselenggarakan pada hari Anggarkasih Medangsia dalam sistem penanggalan Bali, biasanya jatuh enam bulan sekali.






Karena lokasinya yang berada di dekat pantai, membuat Pura Goa Lawah banyak dikunjungi wisatawan. Memasuki wilayah Desa Pesinggahan, wisatawan akan menjumpai banyak warung makan dengan menu spesial ikan laut. Di sepanjang jalan menuju lokasi Goa Lawah banyak terdapat warung makan yang menawarkan ikan pepes, bakar, sate ikan, sup ikan, dll. Warung makan ikan laut juga banyak terdapat di sekitar lokasi pura.

Pura Goa Lawah Bali

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan sendiri, tidak usah bingung untuk mencari lokasi parkir, karena area parkir yang tersedia cukup luas, bisa memilik parkir di sekitar pura atau di pantai.






Sebagai salah satu objek wisata unggulan, Pura Goa Lawah tidak pernah sepi pengunjung, terutama pada musim liburan. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang mengagendakan Goa Lawah dalam daftar destinasi liburan di Bali. Memang, pura ini merupakan tempat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Liihat juga artikel Daftar Tempat Wisata Di Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.