Rabu, April 29, 2015

Taman Budaya Jawa Barat (Dago Tea House), Bandung

Taman Budaya Jawa Barat atau dikenal juga dengan nama Dago Tea House merupakan salah satu tempat wisata yang sangat nyaman di daerah Dago, Bandung. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati pemandangan sangat indah, apalagi pada malam hari, kita dapat bersantai sembari menikmati kelap-kelip lampu kota Bandung dari ketinggian. Untuk menarik pengunjung, sering diadakan pagelaran berbagai kesenian khas Jawa Barat. Tempat ini sudah sangat populer sebagai tempat rekreasi semenjak jaman kolonial Belanda, dahulu dikenal dengan nama Dago Thee Huis, berarti rumah teh Dago. Tempat wisata ini memang sejak awal dibangun sebagai resto, tempat untuk menikmati kuliner dan acara minum teh sekaligus menikmati pesona keindahan alamnya.






Dago memang merupakan kawasan yang paling digemari oleh wisatawan karena memang memiliki daya tarik tersendiri, terdapat banyak tempat wisata dan menjadi pusat wisata kuliner di Bandung. Sejumlah tempat wisata di daerah Dago antara lain air terjun Curug Dago, kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, Goa Belanda, Goa Jepang, dan kawasan resto Dago Pakar. Tak hanya itu, pemandangan alam di wilayah Dago juga sangat indah, dengan latar belakang perbukitan, dan pepohonan tropis yang tampak hijau membentang di depan mata. Pada malam hari, dari dataran tinggi ini kita bisa menikmati gemerlapnya Kota Bandung. Tak mengherankan jika kawasan wisata ini sering diburu oleh wisatawan, baik lokal maupun dari berbagai kota.






Dago Tea House yang kini lebih populer dengan nama Taman Budaya Jawa Barat, berada di kawasan Dago, daerah dataran tinggi, kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut. Udara sejuk dan panorama alam yang sangat asri menjadikan tempat ini sangat cocok untuk menikmati aneka makanan dan minuman, sembari bersantai untuk melepas lelah. Untuk menuju ke Taman Budaya Jawa Barat, wisatawan bisa melalui Jalan Ir. H. Juanda. Meski pada awal dibangunnya Dago Tea House sebagai sebagai tempat untuk menikmati acara minum teh, namun belakangan diubah menjadi taman budaya, dimana sering diselenggarakan pagelaran kesenian khas Sunda. Saat ini Taman Budaya Jawa Barat berada dibawah pengelolaan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Taman Budaya Jawa Barat

Fasilitas Di Taman Budaya Jawa Barat

Di Taman Budaya Jawa Barat terdapat tempat pertunjukan terbuka dan galeri seni. Selain itu, juga dilengkapi dengan ruang workshop untuk mengakomodasi berbagai kegiatan seni dan budaya. Setiap minggu biasanya digelar acara pertunjukan seni dan budaya, dan pada akhir tahun digelar acara pertunjukan Bajidoran. Luas area Taman Budaya Jawa Barat kurang lebih 4 hektare, termasuk tempat parkir yang cukup luas.






Berikut beberapa fasilitas di Taman Budaya Jawa Barat:
  1. Arena Panggung Terbuka
    Merupakan gedung utama, dahulu tempat ini dijadikan sebagai restoran Dago Tea House. Panggung terbuka ini cukup luas, berkapasitas hingga 1.200 penonton. Tempat duduk penonton terbagi menjadi tribun atas dan tribun bawah. Daya tarik tempat pertunjukan ini adalah panggung terbuka, sehingga penonton selain menikmati acara pertunjukan juga bisa menikmati keindahan pemandangan dan kesejukan udara di pegunungan. Beberapa pertunjukan seni yang biasa digelar di panggung terbuka ini antara lain tari jaipong, angklung, karawitan, tembang Sunda, wayang golek, kuda lumping, pantun bubun, sandiwara, dll.
  2. Sanggar Seni Tari
    Bagi Anda yang ingin belajar tari tradisional Sunda, dapat berlatih di tempat ini, Sanggar Seni Tari Taman Budaya Jawa Barat. Sanggar Seni Tari memang secara khusu disediakan sebagai tempat latihan tarian tradisional Sunda.
  3. Galeri Pameran
    Galeri Pameran, dahulu dikenal dengan nama Roemah Teh, sebagai tempat untuk menikmati acara minum teh. Saat ini digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara pameran seni rupa, lomba, diskusi, serta berbagai acara pameran lain yang berhubungan dengan seni dan budaya.
  4. Teater Taman
    Selain area panggung terbuka, juga terdapat tempat pertunjukan lain yang berukuran lebih kecil. Teater Taman, merupakan tempat untuk menggelar aneka pertunjukan seni dan budaya dengan kapasitas tidak terlalu besar. Di sini penonton juga bisa menikmati keindahan taman sembari menonton pertunjukan yang digelar.
  5. Perpustakaan
    Selain sebagai tempat hiburan dan rekreasi, Taman Budaya Jawa Barat juga menjadi tempat wisata edukasi. Hal ini dapat dilihat dengan adanya fasilitas perpustakaan di gedung utama. Kebanyakan koleksi buku-buku di perpustakaan tersebut berhubungan dengan seni dan budaya.
  6. Cindera Mata
    Untuk wisatawan dari luar kota, dapat membelikan oleh-oleh dari Taman Budaya Jawa Barat. Tersedia tempat penjualan cindera mata khas Jawa Barat, mulai dari kerajinan tangan, lukisan, hingga wayang golek.
Baca ulasan lain tentang Tempat Wisata Di Bandung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.