Minggu, Mei 10, 2015

Tempat Wisata Penangkaran Rusa Ranca Upas Bandung

Penangkaran Rusa Ranca Upas merupakan salah satu tempat rekreasi pilihan di Bandung. Seperti halnya kebanyakan tempat rekreasi lain di Bandung, Ranca Upas juga menonjolkan keindahan alam sebagai daya tarik utamanya. Ranca Upas menawarkan keindahan dan pesona alam nan eksotis, hijaunya pepohonan hutan tropis dengan keteduhan dan semilir angin berhembus pelan di sela-sela pepohonan, seakan membelai lembut sekujur tubuh, terasa begitu menyegarkan. Pemandangan hijau hutan tropis memang mendominasi seluruh kawasan, sungguh menyejukkan mata setiap pengunjungnya.

Tempat wisata ini berada tidak jauh dari perkebunan teh Rancabali, di kaki Gunung Patuha, Ciwidey, Jawa Barat. Dari pusat kota Bandung berjarak kurang lebih 170 kilometer, dapat ditempuh menggunakan kendaraan dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Berada di kawasan pegunungan, sehingga kawasan Ranca Upas memiliki udara nan sejuk, dengan lingkungan asri, sangat jauh berbeda dengan suasana di perkotaan.

Sekilas Tentang Penangkaran Rusa Ranca Upas

Penangkaran rusa Ranca Upas dibangun di area seluas 5 hektare, di Desa Patenggang, Ciwidey, Bandung Selatan. Tempat penangkaran rusa tersebut berada satu kawasan dengan bumi perkemahan Ranca Upas. Pada awalnya, sekitar tahun 1980-an, area ini hanya diisi dengan tujuh ekor rusa dari Kebun Binatang Ragunan, Jakarta. Pada tahun yang sama, Ranca Upas juga dijadikan sebagai bumi perkemahan sekaligus tempat rekreasi. Kemudian area tersebut dijadikan sebagai tempat penangkaran rusa, sehingga rusa-rusa dari Ragunan terus berkembang biak. Sebagian rusa-rusa hasil penangkaran di Ranca Upas pada tahun 1987 dikirim ke Ciamis, dan pada tahun 1993 dikirim ke Ciriu Bogor.

Penangkaran Rusa Ranca Upas Bandung

Penangkaran Rusa Ranca Upas merupakan upaya konservasi satwa, melalui pemeliharaan dan pebanyakan anakan, sekaligus sebagai tempat wisata. Para pengunjung bisa melihat secara langsung rusa-rusa di Ranca Upas dari jarak dekat, terutama ketika pawang rusa sedang memberikan pakan. Saat memberikan pakan, sang pawang akan memanggil rusa-rusa tersebut dengan siulan. Dalam sekejap saja rusa-rusa sudah berkumpul untuk mendapatkan makanan. Selain rumput sebagai pakan utama, rusa juga menggemari umbi-umbian, seperti wortel, kentang, ubi, dan singkong. Pengunjung juga bisa memberikan pakan berupa umbi-umbian tersebut secara langsung.




Sungguh merupakan pengalaman menarik bisa berekreasi sekaligus memberi pakan kepada rusa-rusa tersebut. Untuk mendapatkan wortel atau umbi-umbian lain, pengunjung tinggal membeli di sekitar area penangkaran. Rusa-rusa di area penangkaran biasanya akan keluar dari persembunyiannya saat jam makan siang, yaitu sekitar jam dua siang. Sehingga waktu kunjungan terbaik sebelum jam dua siang, agar bisa menyaksikan secara langsung rusa-rusa di Ranca Upas dari dekat. Jika bukan waktu makan, rusa-rusa tersebut hanya bersembunyi di dalam semak.

Perlu Anda ketahui, bahwa rusa panjang bertanduk panjang, sedangkan rusa betina tidak bertanduk. Rusa jantan lebih sering keluar dari semak-semak, sedangkan rusa betina lebih sering berada di persembunyian bersama anak-anaknya. Jangan lupa, lihat informasi lainnya tentang Tempat Wisata Di Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.