Selasa, Mei 19, 2015

Tempat Wisata Situ Cileunca, Bandung

Situ Cileunca berada di daerah Pengalengan, Bandung, merupakan tempat wisata berbasis keindahan alam sebagai daya tarik utamanya. Kata situ dalam bahasa Sunda berarti danau, Situ Cileunca adalah danau buatan dengan luas permukaan perairan mencapai 1.400 hektare. Sebagai salah satu tempat rekreasi, Situ Cileunca memiliki panorama alam sangat indah, berada di daerah dataran tinggi, sehingga memiliki suhu udara menyegarkan.

Pada awalnya, kawasan Situ Cileunca adalah hutan belantara, dan semenjak tahun 1918, kawasan tersebut dibuat sebagai danau untuk memenuhi kebutuhan air warga di sekitarnya. Kedalaman air di Situ Cileunca sangat bervariasi, di beberapa lokasi mencapai kedalaman 17 meter. Kondisi perairannya tampak bersih, bening, dan berwarna kehijauan akibat pantulan pepohonan di sekitarnya, sehingga menyuguhkan sebuah pemandangan sangat menawan. Terlebih lagi dengan latar belakang perbukitan dengan rimbunnya pepohonan tropis yang tampak menghijau, tentu saja merupakan perpaduan panorama alam yang luar biasa.

Selain berfungsi sebagai tempat wisata dan pasokan air bagi warga sekitar, Situ Cileunca juga dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air. Air danau dialirkan melalui Sungai Palayangan, salah satu sungai di Bandung yang sering dijadikan sebagai tempat untuk aktivitas arung jeram, karena memang sungai tersebut memiliki beberapa spot yang cukup menantang.

Sebagai destinasi wisata, Situ Cilenunca juga dilengkapi dengan campground atau bumi perkemahan, sehingga tak mengherankan jika banyak para penggemar wisata alam yang sering berkemah di sekitar danau. Tempat rekreasi lain di sekitar danau adalah agrowisata kebun strawbery dan kebun arbei.

Meskipun namanya tidak sepopuler tempat wisata lain di Bandung, seperti Kawah Putih Ciwidey, Kampung Daun, Dusun Bambu, dll, namun Situ Cileunca tetap menjadi destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tak ada ruginya untuk mencari pengalaman baru saat Anda berlibur ke Bandung. Sebagai tambahan informasi, silahkan baca Daftar Tempat Wisata Di Bandung.

Tempat Wisata Situ Cileunca, Bandung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.