Kamis, Mei 07, 2015

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur dibangun pada tahun 1970-an dengan membendung Sungai Bengawan Solo, berada di wilayah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Dari pusat kota Wonogiri berjarak kurang lebih 3 kilometer di sebelah selatan. Luas permukaan perairan waduk kurang lebih 8.800 hektare, masuk dalam tujuh wilayah kecamatan. Salah satu pemanfaatan air Waduk Gajah Mungkur adalah sebagai sarana irigasi yang mampu mengairi lahan sawah hingga 23.600 hektare di daerah Kabupaten Sukoharjo, Klaten, Karanganyar, dan Sragen. Selain itu, juga dimanfaatkan sebagai pasokan air minum untuk wilayah Kabupaten Wonogiri, Pembangkit Listrik Tenaga Air yang mampu menghasilkan daya sebesar 12,4 Megawatt, dan pemanfaatan di bidang pariwisata.

Pariwisata Di Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Memiliki pemandangan sangat indah, cocok untuk berekreasi bersama keluarga. Wisatwan juga bisa mengelilingi waduk menggunakan perahu motor yang disewakan atau bermain olah raga layang gantung (gantole). Waduk Gajah Mungkur juga menjadi tempat favorite bagi para penggemar kegiatan memancing, baik oleh warga lokal maupun dari berbagai kota. Selain itu, untuk meningkatkan minat wisatawan, Waduk Gajah Mungkur juga telah dilengkapi dengan taman rekreasi, bernama Taman Rekreasi Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur.

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur

Taman rekreasi di Waduk Gajah Mungkur bernama Taman Rekreasi Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, berada di wilayah Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Taman rekreasi ini dibangun beberapa waktu setelah pembangunan Waduk Gajah Mungkur selesai, dan menjadi kebanggaan warga Wonogiri, mengingat Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur menjadi menjadi satu-satunya taman rekreasi bagi warga setempat. Di kawasan tempat wisata ini, juga dikembangkan agrowisata perikanan dengan kegiatan budidaya berbagai jenis ikan air tawar.




Setiap Hari Raya Idul Fitri, selalu diadakan kegiatan Gebyar Waduk Gajah Mungkur selama tujuh hari. Puncak kegiatan tesebut biasanya digelar acara sedekah bumi yang dilaksanakan oleh Bupati Wonogiri. Selain pada Hari Raya Idul Fitri, setiap Bulan Sura juga diselenggarakan acara Gelar Wisata Budaya, yang menampilkan berbagai atraksi-atraksi adat.

Wahana Di Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur

Beberapa wahana atraksi di tempat wisata ini antara lain:
- Taman Satwa
- Kolam Renang
- Mainan anak-anak
- Jet sky
- Perahu
- Sepeda air
- Sarana olah raga gantole
- Rumah makan terapung (karamba)
- Kereta Kelinci
- Naik Gajah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.