Selasa, September 22, 2015

AGROWISATA PERKEBUNAN TEH TAMBI WONOSOBO

Agrowisata Perkebunan Teh Tambi merupakan salah satu tempat rekreasi berbasis wisata agro milik PT. Perkebunan Tambi, berlokasi di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Perkebunan teh Tambi menempati area kurang lebih 256,43 hektare, dengan kawasan wisata agro seluas 2,05 hektare. Kompleks agrowisata perkebunan teh Tambi dilengkapi fasilitas Pondok Penginapan, Gedung Pertemuan, Restorasi, dan Jasa Penyelenggaraan Outbound. Agrowisata Perkebunan Teh Tambi merupakan tempat wisata eksklusif di Kabupaten Wonosobo, cocok untuk traveler dari berbagai daerah yang membutuhkan tingkat kenyamanan tinggi.

Sejarah Tambi

PT. Perkebunan Tambi merupakan perusahaan warisan Belanda, didirikan sekitar tahun 1865. Perkebunan ini milik Bagelen Thee & Kina Maatschaappij, salah satu perusahaan milik Belanda yang berada di Netherland. Perusahaan perkebunan tersebut dikelola oleh NV. John Peet, berkantor di Jakarta.

Pada saat revolusi kemerdekaan, perusahaan milik Belanda ini diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia, dan menjadi Perusahaan Perkebunan Negara (PPN), dan para pekerjanya diangkat menjadi Pegawai Perusahaan Perkebunan Negara. Namun kepemilikan Pemerintah Republik Indonesia tidak berjalan lama, pada tahun 1950, saat terjadi Konferensi Meja Bundar, Tambi diserahkan kembali kepada pemilik semula, yaitu Bagelen Thee & Kina Maatschappij.

Tidak lama setelah menerima kembali kepemilikan Tambi, Bagelen Thee & Kina Maatschappij mengalami kondisi sulit, sehingga pengelolaan perkebunan menjadi tidak menentu. Pada tahun 1954, perkebunan dijual kepada NV. Eks PPN Sindoro Sumbing, yaitu perusahaan yang didirikan oleh Eks Pegawai Perusahaan Perkebunan Negara. Tiga tahun kemudian, pada 1957, NV. Eks PPN Sindoro Sumbing bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Wonosobo mendirikan perusahaan baru dengan nama NV. Tambi yang saat ini menjadi PT. Perkebunan Tambi.

Pada tahun 2010, saham PT. Perkebunan Sindoro Sumbing (NV. Eks PPN Sindoro Sumbing) dibeli oleh PT. Indo Global Galang Pamitra (IGP). Hingga saat ini, kepemilikan saham perkebuan tersebut dipegang oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo sebesar 50% dan PT. Global Galang Pamitra sebesar 50%.

Agrowisata Tambi

Agrowisata Tambi

Seiring dengan perkembangan waktu, PT. Perkebunan Tambi memperlebar usahanya, yaitu dibidang pariwisata, dengan mengembangkan wisata agro yang menjual keindahan alam pegunungan dan daya tarik perkebunan teh.

Agrowisata perkebunan teh Tambi berada di 16 km sebelah utara kota Wonosobo, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit menggunakan kendaraan umum. Sebuah perjalanan yang sangat menyenangkan, melalui jalur utama Wonosobo-Dieng, dengan pemandangan mempesona di kanan/kiri jalan.

Agrowisata Tambi merupakan kawasan rekreasi yang berada di ketinggian 1350 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara 16-26 derajat Celcius. Menawarkan pemandangan hamparan perkebunan teh yang sangat memukau dan menyediakan berbagai layanan outbond, cocok untuk penyegaran karyawan atau staf perusahaan.

Agrowisata Tambi

Hal Menarik Di Agrowisata Tambi

  • Pemandangan cantik hamparan perkebunan teh
  • Outbond Game
  • Pondok Penginapan
  • Pemrosesan teh hitam
  • Menikmati minuman teh spesial dan makanan lokal

Tempat Menarik Di Sekitar Agrowisata Tambi


Penginapan Agrowisata Tambi

Kawasan agroowisata tambi juga menyediakan fasilitas penginapan yang cantik, menawarkan suasana alam pegunungan nan asri, sehingga menjadi pilihan tempat menginap yang sangat unik. Tak mengherankan jika penginapan agrowisata Tambi banyak diburu oleh wisatawan dari berbagai daerah. Ya, menyuguhkan nuansa sangat berbeda, jauh dari hiruk-pikuknya kota-kota besar yang sangat sibuk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.