Jumat, November 20, 2015

Pagoda Vihara Buddhagaya Watugong Semarang

Kota Semarang juga memiliki potensi wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi, yakni Vihara Buddhagaya Watugong, pagoda yang dirancang dengan desain dan arsitektur sangat menarik. Diresmikan pada tahun 2006, dan langsung menyabet rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Selain sebagai tempat ibadah, pagoda ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang banyak diminati oleh traveler dari berbagai daerah. Dari Kota Semarang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit.

Arsitektur vihara ini memang cukup unik, mengusung arsitektur khas Tiongkok dengan dominasi warna merah dan kuning. Salah satu ikon Vihara Buddhagaya yang sangat terkenal adalah Pagoda Avalokitesvara atau biasa disebut Pagoda Metakaruna yang berarti Pagoda Cinta. Memang pemberian nama pagoda ini sesuai dengan tujuan pembangunannya, untuk menghormati Dewi Kwan Sie Im Po Sat, yang oleh umat Buddha dipercaya sebagai dewi kasih sayang.

Pagoda Avalokitesvara beriri kokoh setinggi 45 meter memiliki tujuh tingkat, berbentuk segi delapan yang semakin ke atas semakin menyempit, dan terdapat stupa kecil di bagian atasnya. Secara filosofis mengandung makna kesucian yang akan dicapai oleh seorang pertama setelah mencapai tingkat ke tujuh.

Pagoda Vihara Buddhagaya Watugong

Pada bagian depan, terdapat patung Dewi Kwan In dan Sang Buddha yang sedang duduk di bawah pohon Bodi. Sementara di dalam pagoda tersebut terdapat patung Dewi Kwan Im yang berukuran 5,1 meter. Berdampingan dengan patung Dewi Kwan Im, terdapat patung Panglima We Do. Di masing-masing ruangan tingkat ke dua hingga ke enam terdapat patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru mata angin, dengan harapan pancaran welas asih dan kasih sayang Dewi Kwan In bisa menyebar ke segala penjuru.

Di bagian puncak pagoda, terdapat patung guru besar para dewa, yakni patung Amitabha. Pada bagian puncaknya, terdapat pula stupa untuk menyimpan benda relik berupa mutiara Buddha. Namun para pengunjung tidak dapat mencapai puncak pagoda, karena memang tidak disediakan tangga. Jumlah keseluruhan patung yang terdapat dalam Pagoda Avalokitesvara adalah 30 buah.

Vihara Buddhagaya Watugong juga menyediakan fasilitas cottage untuk mengakomodir kebutuhan akomodasi para tamu. Di bagian depan cottage terdapat bangunan Dhammasala yang terdiri dari dua lantai. Lantai dasar merupakan aula dan ruang serba guna, serta panggung di bagian depannya, sedangkan lantai atas merupakan ruang Dhammasala.

Bangunan Dhammasala tersebut dikelilingi oleh pagar tembok yang terdapat relief-relief yang menceritakan tentang paticasamupada. Pembuatan relief tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung dalam memahami konsep paticasamupada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.