Selasa, Desember 08, 2015

Pulau Tidung

Kawasan Wisata Pulau Tidung merupakan destinasi wisata favorit bagi warga Ibukota, termasuk salah satu pulau di gugusan pulau-pulau kecil Kepulauan Seribu. Bagi warga Jakarta, berlibur ke Pulau Tidung menjadi hal yang sangat menyenangkan, mengingat kawasan wisata tersebut menyajikan keindahan alam bahari yang luar biasa, disamping suasana tenang, jauh dari hiruk-pikuk dan kebisingan kawasan Ibukota.

Secara administratif Pulau Tidung merupakan salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu, yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Kelurahan Pulau Tidung terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Keindahan alam bahari di Pulau Tidung memungkinkan pengembangan wilayah ini menjadi kawasan wisata bahari yang sangat diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah. Berbagai kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan seperti menyelem, snorkeling, bersepeda berkeliling kawasan, dan nongkrong di Jembatan Cinta, yakni jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Bahkan tidak jarang zona bahari di Pulau Tidung sering dipilih sebagai lokasi penelitian terumbu karang.

Nama Pulau Tidung belum lama mencuat dalam dunia pariwisata, yakni sekitar tahun 2009. Namun, karena keindahan alam baharinya yang luar biasa, dengan gugusan terumbu karang yang sangat eksotis, membuat kawasan ini banyak diburu oleh wisatawan. Berlibur ke Pulau Tidung memang merupakan pengalaman tak terlupakan, terlebih lagi bagi para penggemar kegiatan wisata bahari.

Pulau Tidung

Pesona Pulau Tidung


Akses Ke Pulau Tidung

Untuk menuju ke Pulau Tidung dapat ditempuh dari beberapa pelabuhan. Jika Anda ingin berangkat menggunakan kapal penumpang umum bertarif murah, bisa melalui Pelabuhan Muara Angke atau Kali Adem. Tetapi jika ingin berangkat menggunakan kapal cepat, dari Pelabuhan Marina Ancol, Jakarta Utara. Perjalanan laut yang harus ditempuh dari Jakarta ke Pulau Tidung kurang lebih 50 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam menggunakan kapal penumpang biasa.

Fasilitas Di Pulau Tidung

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, Pulau Tidung sudah dibangun berbagai fasilitas dan sarana yang memadai, diantaranya adalah :
  • Penginapan
  • Cafe dan Warung Makan
  • Persewaan Sepeda
  • Kantor Polisi
  • Sarana telekomunikasi (operator Indosat dan Telkomsel)
  • Jalan setapak dalam kondisi yang baik

Pulau Tidung

Snorkeling di Pulau Tidung


Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jembatan penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil ini merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi wisatawan. Di awal jembatan, terdapat tembatan melengkung yang cukup tinggi untuk menyeberangi cekungan laut yang agak dalam. Dari jembatan inilah banyak ditemui anak-anak kecil yang memperagakan atraksi lompat indah sebagai aktivitas bermain mereka.

Jembatan Cinta di Pulau Tidung ini memiliki mitos yang diyakini oleh warga setempat. Konon, pasangan yang sudah melalui jembatan tersebut akan lebih langgeng. Di penghujung Jembatan Cinta, di wilayah Pulau Tidung Kecil, merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove yang menyuguhkan pemandangan sangat indah. Di sinilah pengunjung biasanya berkeliling menggunakan sepeda melalui jalan setapak kecil yang dipenuhi ilalang. Selain itu, kondisi pantai yang masih perawan, dengan pasir putih dan lembut, sungguh menyajikan pesona nan eksotis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.