Kamis, Juli 28, 2016

Tempat Wisata Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Selain terkenal dengan Gunung Rinjani-nya, Lombok memang terkenal dengan berbagai kekayaan wisata yang lain dari objek wisata lainnya di Indonesia. Wilayahnya yang masih jarang terjamah oleh tangan manusia membuat pulau Lombok ini menyajikan berbagai objek wisata yang masih asri. Satu lagi keindahan alam yang bisa Anda nikmati jika Anda berkunjung di pulau yang dijuluki pulau seribu masjid ini yaitu air terjun Sendang Gile di Lombok.

Air terjun ini berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu sekitar 60 km dari ibu kota Mataram. Jika Anda berangkat dari pusat kota Mataram, Anda akan memerlukan waktu sekitar 2 sampai 3 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat agar bisa sampai di lokasi air terjun ini. Untuk sampai di lokasi tersebut, Anda bisa melalui dua rute, yaitu melalui rute Pusuk dan rute Pantai Senggigi. Sayangnya, Anda tidak akan menemukan kendaraan umum yang memiliki akses ke lokasi air terjun ini sehingga Anda perlu menyewa kendaraan mobil atau motor di Kota Mataram atau Cakranegara.

Air Terjun Sendang Gile

Ketika Anda memasuki desa Senaru, Anda harus berjalan kaki menuruni 315 anak tangga melalui sebuah lembah yang terjal agar bisa sampai ke air terjun. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk melalui lembah tersebut. Namun, menyelusuri pinggiran lembah yang agak curam dan terjal serta menyeberangi saluran irigasi menjadi hal paling menyenangkan selama perjalanan.

Untuk masuk ke dalam kawasan air terjun, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah per orang. Rasa lelah selama perjalanan menempuh jarak yang lumayan jauh ini serasa terbayar ketika Anda menyaksikan keindahan air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter ini. Air terjun Sendang Gile terdiri dari dua tingkatan, yaitu tingkatan pertama yang muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam dibawahnya. Selanjutnya ait yang mengalir tersebut membentuk tingkat kedua lalu membentuk sungai di bawahnya. Oleh karena dasar sungai yang lumayan datar, maka banya orang yang memilih untuk mandi di bawah air terjun. Konon katanya, kepercayaan penduduk setempat mengatakan bahwa jika seseorang mencuci muka atau mandi di bawah air terjun ini, maka seseorang akan menjadi lebih muda setahun dari usianya.

Anda penasaran dengan asal usul nama air terjun ini? Menurut cerita penduduk setempat, nama Sendang Gila berasal para penduduk yang secara tidak sengaja menemukan air terjun saat memburu singa gila yang mengacau di kampung dan lari masuk hutan. Air terjun inilah yang disebut dengan air terjun Sendang Gile. Selain air terjun tersebut, Anda juga bisa dimanjakan oleh air terjun lain yang masih berada di kawasan ini yaitu Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Batara Lejang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan objek ini tidaklah terlalu banyak. Anda hanya akan mendapatkan fasilitas berupa satu toilet, tempat ganti pakaian, dan rumah panggung kecil untuk berteduh. Selain itu, Anda juga tidak akan menemukan warung-warung yang menjual makanan sehingga lebih baik Anda membawa makanan sendiri atau membeli makanan di warung dekat pintu masuk.

Jika Anda berencana untuk menginap, ada tempat terdekat yang menyediakan home stay di Desa Senaru. Harga per kamar lumayan murah yaitu sekitar Rp 150.000 sampai 200.000 per malam. Selain itu, disediakan juga fasilitas camping ground untuk mendirikan tenda di sekitar lokasi air terjun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.