Rabu, Juli 27, 2016

Tempat Wisata Hutan Monyet Pusuk, Lombok

Selain Pantai Sire yang menawarkan berbagai keindahan serta paket liburan dan rekreasi yang komplit, masih banyak lagi tempat wisata yang terdapat di wilayah Lombok. Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Lombok adalah Hutan Monyek Pusuk. Hutan ini merupakan kawasan wisata terdapat flora dan fauna yang terletak di atas pegunungan dan membentang di bagian barat kaki Gunung Rinjani. Karena itulah, para masyarakat menyebut tempat wisata ini sebagai Pusuk Pass. Dalam bahasa sasak, pusuk artinya puncak. Oleh karena hutan ini berada di puncak, maka dinamakanlah Hutan Pusuk.

Untuk mencapai Hutan Pusuk ini, Anda harus melalui badan jalan yang panjang, menanjak, dan berliku-liku karena kondisi geografis pegunungan yang sangat tinggi dan berliku. Hal seperti ini merupakan kesenangan tersendiri karena banyaknya tanjakan dan jalan yang berliku tajam dapat memacu adrenalin Anda.

Jika Anda berniat untuk mengunjungi objek wisata ini, Anda bisa berangkat dari Kota Mataram dan melewati dua jalur, yaitu jalur Gunung Sari atau jalur Pantai Senggigih. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk bisa sampai ke Hutan Pusuk Monyet ini.

Hutan Monyet Pusuk

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa kawasan wisata ini dinamakan Hutan Pusuk Monyet? Ya, jika Anda memasuki kawasan wisata ini Anda akan menemui berbagai macam flora dan fauna yang dilindungi. Salah satu fauna yang banyak ditemui adalah para monyet berekor panjang yang menghuni Hutan Pusuk. Ratusan monyet liar tersebut dapat Anda temui di pinggir jalan sepanjang perjalanan menuju puncak Hutan Pusuk. Tapi jangan khawatir, kawanan monyet tersebut sudah jinak dan tidak berbahaya. Mereka sudah terbiasa dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan, ketika Anda melalui jalan tersebut, mereka akan berjejer dan meminta makanan dari para wisatawan yang ingin bercengkerama dengan mereka. Anda perlu berhati-hati melewati jalan karena banyaknya kawanan monyet yang berkeliaran dan jalanan yang berliku.

Pemandangan seperti ini sangat jarang Anda temui di tempat wisata lain, dimana para monyet sengaja keluar dari hutan dan berjejer di pinggir jalan untuk menyambut kedatangan Anda. Mereka layakanya binatang peliharaan Anda di rumah yang sangat jinak dan bersahabat. Anda bahkan bisa bercengkerama dengan para kawanan monyet sambil menikmati berbagai jajanan lokal yang banyak dijual di pinggir jalan seperti nasi kaput, makanan ringan, dan lain-lain. Anda juga bisa menikmati minuman berupa tuak manis yang sangat segar karena baru diambil dari atas pohon yang berada di Hutan Pusuk.

Selain keunikan faunanya, Hutan Pusuk ini juga menyajikan berbagai keindahan flora yang sayang untuk Anda lewatkan. Bagi Anda yang mengendarai motor dan melintasi jalan pusuk, Anda bisa mampir sejenak untuk menikmati suasana alam yang indah, hijau, dan sangat sejuk. Anda bisa menemui berbagai jenis tumbuhan tropis yang tumbuh dengan lebat seperti pohon sonokeling, pohon garu, pohon mahoni, pohon kumbi, pohon pilong, pohon terap, dan lain sebagainya. Pohon-pohon tersebut dihuni oleh sekawanan monyet dan buah dari pohon-pohon tersebut sangat disenangi oleh mereka.

Tumbuh-tumbuhan yang masih alami dan asri ini menjadikan udara di tempat wisata Hutan Pusuk ini menjadi sangat sejuk dan bebas polusi, sehingga sangat cocok untuk kesehatan tubuh. Oksigen yang segar yang masuk ke dalam tubuh sangat baik untuk membersihkan udara kotor yang ada di paru-paru. Oleh sebab itu, jika Anda berkunjung ke Lombok, sempatkanlah untuk mengunjungi objek wisata Hutan Pusuk Monyet ini. Dijamin Anda tidak akan menyesal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.