Selasa, Agustus 30, 2016

Kebun Buah Mangunan Jogja

Satu lagi objek wisata yang perlu Anda kunjungi jika Anda berlibur di Kota Yogyakarta yaitu kebun buah Mangunan. Kebun buah Mangunan teretak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi kawasan wisata ini berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Yogyakarta dan sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul. Kebun buah Mangunan terletak pada ketinggian sekitar 150 sampai 200 meter di atas permukaan laut, oleh karena itu kawasan objek wisata ini sangatlah sejuk. Selain itu, kebun buah Mangunan ini menawarkan pemandangan pegunungan seribu, maksudnya dari kawasan ini Anda bisa menyaksikan banyaknya pegunungan yang mengelilingi kebun buah ini.

Untuk sampai di kawasan kebun buah Mangunan, Anda bisa melewati rute jalan Imogiri Timur jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta. Anda berangkat dari terminal Giwangan lalu terus ke selatan dan melewati Jalan Imogiri Timur. Dari Jalan Imogiri Timur ini, akan ada pertigaan. Setelah itu, Anda belok ke kiri tepatnya belok ke arah timur sampai Anda menemukan pertigaan yang ada papan petunjuknya. Anda harus belok kanan atau ke selatan untuk ke kebun Buah Mangunan.

Kebun Buah Mangunan

Jika Anda sudah sampai di kebun buah Mangunan, Anda akan dikenakan biaya retribusi 5000 rupiah agar busa masuk ke dalam kawasan tersebut. Namun, jangan khawatir, Anda tidak akan dikenai biaya parkir. Kawasan wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 18.00 petang. Namun, jika Anda ingin menikmati matahari tenggelam melalui puncak kebun buah ini, sebaiknya Anda ke sana sekitar pukul 17.00 sore.

Dari kebun buah Mangunan ini, Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, mulai dari menyaksikan keindahan Pantai Parangtritis pada bagian selataan sampai pemandangan Kota Bantul yang berada di bagian barat. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan indahnya alira sungai Oya yang sangat curam. Di kebun buah Mangunan ini juga terdapat populasi monyet yang berkeliaran. Ada banyak tanaman dan ternak yang dibudidayakan di kebun buah Mangunan ini, yaitu 950 pohon mangga, 220 pohon jeruk, 300 pohon jambu air, 1500 pohon durian, 200 aneka tanaman buah-buahan lainnya, serta 40 ekor sapi.

Kebun buah Mangunan bukan hanya sekedar kebun buah karena objek wisata ini juga menawarkan pemandangan pegunungan yang sangat indah. Namun, kebanyakan wisatawan mengunjungi kebun buah ini untuk mempelajari tumbuh-tumbuhan secara langsung. Para wisatawan bisa mengamati berbagai macam buah-buahan yang ditata dengan sangat baik sesuai dengan kondisi kemiringan Bukit Mangunan.

Buah-buahan yang banyak dibudidayakan di kebun buah ini adalah buah mangga, durian, jambu air, rambutan, manggis, dulu, jeruk, dan sawo. Ada juga buah matoa, kelengkeng, cempedak, jambu biji, dan belimbing yang terdapat di kebun buah Mangunan ini, hanya saja jumlahnya relatif sedikit. Selain buah-buahan, di kebun buah ini juga terdapat pohon pinus, magium, tanaman jati, king grass, dan pohon salak sebagai pagar hidup. Pemandangan yang sangat indah dan menawan bukan?

Selain bisa menyaksikan berbagai tanaman dan buah-buahan, kawasan wisata ini juga menawarkan fasilitas untuk melihat proses pembibitan sapi. Tujuan dari adanya pembibitan sapi ini yaitu untuk menambah populasi ternak sapi dan untuk menjaga siklus yang berkesinambungan antara ternak sapi yang menghasilkan pupuk kandang untuk pemeliharaan tanaman buah-buahan di Kebun Buah Mangunan. Jika Anda berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti penginapan atau home stay, gedung pertemuan dan kolam renang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.