Selasa, Agustus 23, 2016

Tempat Wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogja

Berlibur di sekitar kawasan air terjun memang sangat cocok untuk menenangkan pikiran, apalagi ketika pikiran dipenuhi dengan berbagai masalah dan persoalan yang menyita waktu. Suara air terjun bisa menjadi terapi yang bisa membuat pikiran lebih segar dan juga tenang.

Ada banyak tempat wisata air terjun yang berada di Provinsi DIY, salah satu air terjun yang terkenal dan banyak dikunjungi adalah air terjun Sri Gethuk. Air terjun ini juga dikenal dengan nama air terjun Slempret karena lokasinya terletak di Slempret. Tepatnya air terjun ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Sri Gethuk

Pengunjung bisa sampai ke lokasi air terjun Sri Gethuk atau air terjun Slempret melalui dua rute, yaitu:
  • Pertama, rute utama jalan Wonosari – Pathuk – pertigaan Gading – Playen – Bleberan.
  • Rute kedua yaitu rute alternatif melalui jalan Imogiri barat – jalan Panggang – Panggang – Paliyan – Playen – Bleberan.
Memasuki Desa Bleberan, pengunjung bisa menyusuri jalan setapak yang terbuat dari batu gamping dan langsung menuju ke arah Gua Rancang Kencono. Karena jalan yang dilewati terjal dan agak licin, maka pengunjung tidak disarankan untuk membawa mobil dengan kap mobil rendah.

Kawasan menuju air terjun Sri Gethuk atau air terjun Slempret memang tidak mudah karena kawasan tersebut merupakan wilayah peerbukitan yang banyak ditumbuhi pohon kelapa. Kawasan ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati area persawahan dengan jarak sekitar 450 meter. Setelah itu, pengunjung harus menuruni anak tangga dan menyusuri tebing Slempret. Di kawasan Slempret inilah terletak air terjun Sri Gethuk.

Untuk memasuki kawasan air terjun Sri Gethuk, setiap pengunjung diharuskan untuk membayar biaya retribusi sebesar 3.000 rupiah saja per orang. Disediakan juga perahu dan ban yang bisa disewakan. Harga sewa perahu itu sendiri sebesar 5.000 rupiah per orang dan harga sewa ban sebesar 2.000 rupiah per ban. Cukup murah dan sangat terjangkau kan?

Air terjun ini memang tergolong baru, namun langsung terkenal setelah beberapa wisatawan berkunjung dan menikmati keindahannya. Air terjun ini diapit oleh tebing yang tingginya mencapai 50 meter. Tingginya tebing yang berada di kedua sisi air terjun semakin menambah eksotisme dan keindahan air terjun.

Bukan hanya air terjun Sri Gethuk yang bisa dinikmati keindahannya di kawasan wisata alam ini. Ada beberapa tempat wisata lain yang berdekatan dengan lokasi air terjun, seperti area memancing yang berada di Dusun Menggoran, bumi perkemahan, Gua Rancang Kencono, dan juga situs purbakala sekitar gua.

Hadirnya Gua Rancang Kencono dan situs purbakala yang terdapat di sekitar gua bisa menjadi tempat wisata sejarah bagi para pengunjung, apalagi pengunjung berasal dari kalangan pelajar.

Bagi Anda yang berkunjung di kawasan wisata ini jangan heran jika belum banyak fasilitas yang bisa didapatkan. Hal ini disebabkan karena kawasan Slempret masih terpencil dan air terjun Sri Gethuk masih tergolong baru. Fasilitas yang disediakan hanyalah beberapa perahu tradisional atau yang dikenal dengan istilah gethek. Perahu ini bisa disewa dan digunakan untuk menyusuri area persawahan agar dapat sampai ke lokasi air terjun. Oleh sebab itu, bagi Anda yang tidak mau lelah berjalan kaki untuk sampai ke lokasi air terjun, Anda bisa menyewa perahu sambil menysuri arus sungai Oya untuk sampai di kaki air terjun.

1 komentar:

  1. salah satu tempat wisata di jogja ini memang sudah mulai populer gan, udah banyak wisatawan yang berdatangan kesini, dari luar kota juga banyak, emang keren jogja ini smoga aja indonesia nanti bisa jadi pusat dinasti wisata dunia ya hehe

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.