Rabu, September 07, 2016

Basecamp Dwarawati Jalur Pendakian Gunung Prau

Mau mendaki Gunung Prau? Belum banyak orang yang tahu jalur pendakian ini. Kebanyakan pendaki hanya mengenal jalur Patak Banteng, karena memang jalur pendakian ini merupakan jalur pertama dari arah Wonosobo.

Basecamp Dwarawati merupakan jalur paling nyaman untuk mendaki Gunung Prau. Kendati rute perjalanan sedikit lebih jauh, namun tanjakannya tidak begitu curam. Waktu tempuh dari basecamp Dwarawati juga tidak beda jauh dari basecamp Patak Banteng, tidak lebih dari dua jam bagi orang yang sudah terbiasa dengan kegiatan trekking.

Basecamp Dwarawati berada di desa Dieng Kulon, di ujung Jalan Dwarawati. Untuk menemukan basecamp ini sangat mudah, tepat di seberang Pos Polisi Dieng ada jalan masuk ke Candi Dwarawati, yang diberinama Jalan Dwarawati. Masuk melalui jalan tersebut, hingga di ujung jalan, di sekitar kompleks Candi Dwarawati, terdapat papan nama Basecamp Pendakian Gunung Prau.

Dengan jalur yang lebih landai dan lebar, membuat rute pendakian ini sangat cocok bagi pemula. Terlebih lagi saat mendaki pada musim hujan, jalur Dwarawati menjadi pilihan yang paling tepat. Tak hanya lebih landai, jalur pendakian ini juga mudah dilalui.

Tak heran jika banyak biro perjalanan yang menempuh jalur pendakian dari basecamp Dwarawati pada program open trip maupun paket pendakian Gunung Prau. Oleh karena itulah, bagi wisatawan atau pendaki pemula yang ingin menikmati Golden Sunrise di Gunung Prau, tidak ada salahnya untuk memilih jalur pendakian Dwarawati.

Jalur Pendakian Gunung Prau

Rute Pendakian Gunung Prau


Dari arah basecamp, pendaki akan diberi petunjuka arah menuju ke Tandon. Dari tandon terus mengikuti jalan hingga tiba di Pos 1.

Dari pos 1 terus ikut jalan melalui Cemoro Dongkar, dan Anda akan tiba di Pos 2 yang berada di Semendung. Pos 2 ini merupakan titik pertemuan antara jalur dari basecamp Dwarawati dan basecamp Dieng, juga merupakan perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dan Batang.

Lanjutkan perjalanan ke arah puncak. Kurang lebih 15 menit, akan menemukan pertigaan, yang ke kiri menuju ke menara repeater dan lurus ke Pos 3. Ambil arah lurus menuju ke Pos 3, meskipun jika Anda mengambil ke arah menara repeater, pada akhirnya juga akan tiba di Pos 3, namun jalur yang dilalui lebih jauh dan menanjak.

Jalur Pendakian Gunung Prau

Tiba di Pos 3, ambil arak ke kanan (atau lurus jika Anda datang dari arah menara repeater) menuju ke zona camping. Hanya beberapa menit saja Anda akan melihat bukit teletubbies. Di area inilah para pendaki biasanya mendirikan tenda camping. Pagi harinya berburu sunrise, cari spot terbaik untuk melihat fenomena Golden Sunrise yang memukau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.