Senin, September 05, 2016

Desa Wisata Kedung Miri Yogyakarta

Ada banyak sekali desa wisata yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satunya adalah Desa Kedung Miri. Desa ini merupakan sebuah desa yang dijadikan kawasan wisata dengan berbagai keunikannya, seperti jembatan gantung dari kayu serta susur sungai dan Goa.

Desa Kedung Miri terletak di daerah Imogiri selatan Kota Yogyakarta, tepatnya terletak di Dusun Kedungmiri Wunut, Desa Sriharjo, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini berbentuk perbukitan yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Lokasi desa ini juga berdekatan dengan makam Raja-Raja Keraton Yogyakarta. Untuk sampai ke Desa Kedung Miri ini, hanya dibutuhkan waktu sekitar 21 menit dari wilayah Malioboro.

Jika dari arah kota Yogyakarta, sebaiknya lewat arah ring road selatan. Jika sudah berada di ring road selatan, maka akan ada plang penunjuk jalan menuju Imogiri. Ikuti penunjuk jalan itu, dan Anda akan sampai ke Desa Siluk atau Panggang. Saat berada di sekitar SMPN 2 Imogiri, ikuti jalan aspal ke kiri menuju Desa Kedung Miri.

Desa Wisata Kedung Miri

Di sekitar desa wisata ini, akan ada banyak tempat wisata belanja yang dikunjungi oleh para pelancong, seperti Pasar Seni Gabusan. Di Pasar ini tersedia cinderamata berupa souvenir dan berbagai makanan khas Kota Yogyakarta. Lalu apa saja sih hal yang menarik di desa wisata ini sehingga menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan?

Desa Kedung Miri sangat populer dengan jembatan gantung dari kayu yang memanjang di atas sungai Oyo yang menghubungkan Desa Sriharjo dan Desa Selopamioro. Ada juga wisata arum jeram atau susur sungai di air tenang di bawah jembatan gantung. Spot jembatan gantung ini bisa menjadi spot favorit Anda untuk mengambil foto untuk diabadikan.

Selain itu, di kawasan Desa Kedung Miri ini juga terdapat beberapa Goa yang tersusun dari tumpukan batu. Masyarakat sekitar menyebut nama Goa atau kolong batu yang ada di kawasan Desa Kedung Miri tersebut dengan sebutan Song. Song (Goa) itu banyak dihuni oleh binatang liar seperti harimau, ular, landak, dan monyet ekor panjang.

Beberapa Song atau Goa yang menjadi tempat satwa liar tersebut adalah Song (Goa) Watu Lawang yang dihuni oleh Harimau, Song (Goa) Gogor digunakan oleh harimau untuk berkembang biak. Song (Goa) sangupati, terletak di jurang terjal. Song (goa) ini dihuni oleh ratusan kera ekor panjang. Song (Goa) Compleng, menjadi tempat penyimpanan makanan harimau, seperti kambing. Song (Goa) landak, tempat menetap binantang pengerat landak. Bukan hanya itu yang menjadi pesona wisata di Desa Kedung Miri ini, ada juga curug atau air terjun Kedung Miri yang terletak di Selopamioro. Air terjun ini tak kalah indahnya dengan air terjun lain yang ada di Indonesia.

Warga di Desa Kedung Miri menyediakan penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap. Penginapan tersebut berbentuk home stay yang merupakan rumah penduduk yang bisa disewa kapan saja. Tidak perlu risau soal harga penginapan karena sudah pasti Anda akan mendapatkan harga yang murah dan terjangkau. Akan tetapi, di desa ini system pengelolaan penginapan masih menggunakan system tradisional sehingga belum bisa dipesan secara online. Oleh sebab itu, jika ingin lebih praktis, Anda bisa menginap di hotel yang tersedia di daerah Imogiri, lalu besoknya baru berangkat ke Desa Kedung Miri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan materi artikel, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dengan tidak menuliskan kata-kata singkatan tidak baku. Komentar yang hanya berisi satu atau dua kalimat saja akan dianggap sebagai komentar spam.

Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng

Menjelajah Negeri Di Atas Awan, penawaran spesial Paket Wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Reservasi Penginapan Dieng, lebih murah dan hemat, tetap berkualitas. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah di Dieng dengan berbagai pilihan menarik. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Sewa Tenda Dieng

Sewa Tenda Dieng

Jasa Penyewaan Tenda Camping di Dieng dan Gunung Prau 2.565. Calya Wisata : 0852-0009-6334.
Open Trip Gunung Prau

Open Trip Gunung Prau

Program spesial untuk Anda, Open Trip Pendakian Gunung Prau Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Rental Mobil Dieng

Jasa Rental Mobil Dieng

JASA RENTAL MURAH MOBIL DIENG, melayani berbagai rute & tujuan. Calya Wisata : 0852-0009-6334.